Manajemen Pengelolaan Laboratorium Pengukuran Olahraga Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5010382Keywords:
manajemen, laboratorium pengukuran olahragaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberi gambaran secara menyeluruh tentang (1) Manajemen pengelolaan laboratorium pengukuran olahraga dilihat dari konteks perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan ; (2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan laboratorium pengukuran olahraga ; dan (3) alternatif pemecahan masalah yang dilakukan pihak Universitas dalam mengatasi kendala-kendala dalam pengelolaan laboratorium pengukuran olahraga di Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe studi kasus. Pengambilan data diambil melalui observasi dan wawancara dengan Ketua Laboratorium. Data yang diperoleh dianalisa dengan cara deskriptif interpretatif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen pengelolaan pengukuran olahraga sudah memenuhi aturan yang ada dan telah dikelola dengan baik oleh Ketua Laboratorium. Peralatan laboratorium pengukuran olahraga sudah terinventaris dengan baik sehingga pada saat dilakukan pemeriksaan dan supervisi oleh pihak Universitas tidak lagi kewalahan karena setiap barang yang ada telah di label sesuai nama alat, tahun penerimaan dan jumlah unitnya. Proses evaluasi yang dilakukan ketua laboratorium untuk mengetahui kondisi barang dilakukan secara manual yaitu pencatatan melalui buku pemakaian alat tanpa menggunakan kartu pemakaian alat sehingga tidak mudah untuk mendeteksi alat yang rusak.
Downloads
References
Adiatmika, I. P. G & Santika, I. G. P. N. A. (2016). Bahan Ajar Tes dan Pengukuran Olahraga. Denpasar : Udayana University Press
DEPDIKBUD. 1979. Pengelolaan Laboratorium Sekolah dan Manual Alat IPA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
DEPDIKNAS. 2004. Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
DEPDIKNAS. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Kertiyasa. 2006. Laboratorium Sekolah & Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Nugroho. 2003. Good Governance. Bandung. Mandar Maju.
Priyono. 2007. Pengantar Manajemen. Surabaya. Sifatama Publizer.
Santika, I. G. P. N. A. (2020). Pengukuran Tingkat Kadar Lemak Tubuh Melalui Jogging Selama 30 Menit Mahasiswa Putra Semester IV FPOK IKIP PGRI Bali Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(1), 89-98. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/165
Suardi, Rudi 2003. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. CV. Alfabeta.
Sukarso. 2005. Pengertian dan Fungsi Laboratorium. Online http://wanmustafa.wordpress.com/2011/06/12/pengertian-danfungsi-laboratorium/, diakses pada tanggal 03 Maret 2015 pukul 14.24
Widiastuti, Dr. M.Pd. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT. Bumi Timur Jaya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only