Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Flavianus Jumadi Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Anak Agung Ngurah Putra Laksana Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gst Ngr Agung Cahya Prananta Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642

Keywords:

efektivitas, pembelajaran daring, covid-19

Abstract

Corona Virus Disease (Covid–19) di Indonesia sendiri telah memberi dampak yang besar bagi Pendidikan di Indonesia. Ditengah pandemic covid – 19 ini dibutuhkan sebuah alternative gebrekan baru yang harus dilakukan dengan system Pendidikan yang ada pada sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK pada teknik dasar pasing bawah permainan Bolavoli melalui media daring pada siswa kelas VIII SMP Widya Sakti Denpasar selama masa pendemi covid -19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan secara online dengan penyebaran angket menggunakan google form kemudian setelah data telah terkumpul akan dianalisis dan dipersentase untuk kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tempat pembelajaran daring 100% bertempat dirumah dengan menggunakan handphone melalui koneksi  internet paket kuota dalam keadaan sinyal yang baik. Pembelajaran dengan daring 57,70% siswa mudah dimengerti dan dipahami, sementara google classroom dan whatsapp menjadi aplikasi yang sering digunakan dan 42,30% siswa mengatakan susah dalam mengoperasikan media pembelajaran daring. Sedangkan pemberian tugas dan ujian secara daring 19,7% siswa kurang paham dan 82,3% siswa mampu mengerjakannya dengan baik. Namun pada proses pelajaran daring 54% membuat siswa kurang semangat, maka dari itu siswa mengharapkan pembelajaran dengan tatap muka dan secara daring. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa pembelajaran daring secara keseluruhan kurang efektif dilakukan mata pembelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Widya Sakti Denpasar pada masa pandemic covid-19. Maka dari itu siswa mengharapkan agar system pembelajaran selama masa pandemic covid-19 agar bisa dilakukan dengan daring dan juga tatap muka dengan tetap mematuhi protocol kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. 2009 : 2. Penelitian Deskriptif. Politeknik Kesehatan Surakarta : Surakarta

Ahmadi, N. 2007. Panduan Olahraga Bolavoli. Solo : Era Pustaka Utama

Effendy, O. U. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gibson. 2013. Penilaian Kinerja. Penerbit Erlangga. Jakarta

Gunawan, I. P. A., Dewi, I. K. A., & Santika, N. A. (2016). Pelatihan Meloncati Rintangan Setinggi 50cm Ke Kiri Ke Kanan 10 Repetisi 3 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Neger 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 52-60. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/194

Harbani, P. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung

Nurcahyo, P. J., Festiawan, R., Kusnandar, Yoda, I. K., Wijayanto, A., & Santika, I. G. P. N. A. (2021). Study In Banyumas District: Is The Learning Materials Of Football In School Already Oriented To High Order Thinking Skill?. Annals of Tropical Medicine & Public Health, 24(3). http://doi.org/10.36295/ASRO.2021.24366

Paturusi, A. 2012. Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Rineka Cipta : Jakarta

Pratama, I., Dei, A., Perdana, A., Santika, I., Adnyana, I., & Citrawan, I. (2019). Pelatihan Drill Smash 12 Repitisi 3 Set Terhadap Peningkatan Ketepatan Smash Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Putra SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 128-135. https://doi.org/10.5281/zenodo.3344563

Rukmana, A. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dasar : Sumedang

Subroto & Yudiana. 2010. Permainan Bolavoli. FPOK Pendidikan Universitas Indonesia : Bandung

Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru : Bandung

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta, CV

Sunhaji. 2012. Strategi Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar, (Purwokerto : STAIN Purwokerto Press, 2012)

Soewarno, H. 2006. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta: Gunung Agung

Syamsudin, A. M. 2013. Metode Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno, M. E. 2018. Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Yogyakarta)

Published

2021-06-27

How to Cite

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423-440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642

Issue

Section

Articles