Pengembangan Video Animasi Gesture sebagai Media Pelatihan Perwasitan Karate
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4925739Keywords:
karate, perwasitan, video animasi gestureAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan pada pelatihan perwasitan karate di kota Palembang belum adanya media yang digunakan untuk perwasitan karate. Hal ini disebabkan, karena buku mengenai perwasitan biasanya dikeluarkan oleh masing-masing induk dari cabang olahraga itu sendiri. Wasit dan juri mengungkapkan belum ada media berupa video animasi gesture yang membantu para wasit dalam mempelajari materi perwasitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan videoanimasi gesture sebagai media pelatihan perwasitan karate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah wasit juri karate new comer di Sumatra Selatan dengan jumlah 30 orang. Teknik dalam pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil dari pengembangan video animasi gesturedikategorikan sangat layak. Hal ini berdasarkan hasil dari ahli materi yang mencapai tingkat kelayakan 99% dan ahli IT 100%. Adapun hasil dari uji normalitas menunjukkan nilai pada uji coba skala kecil 0,936 dan uji coba skala besar 0,899. Secara keseluruhan video animasi gesture ini telah dinyatakan layak digunakan sebagai media dalam belajar gesture perwasitan karate yang sangat membantu dalam mempelajari perwasitan atau mengingat kembali materi perwasitan.
Downloads
References
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Retrieved from http://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=31722
Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasisfikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Dewa, R. T. (2015). Penyususnan Norma Kebugaran Aerobik Untuk Wasit Taekwondo Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Ginanjar, A. (2019). Implementasi Praktis Sport Education Model. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, STKIP Nahdatul Ulama Indramayu.
Hadi, A. P., & Habibi, A. I. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Bulutangkis Teknik Dasar Langkah Kaki. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 171. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12280
Harsamurty, A. K. (2016). Pengembangan Pocket Book Gesture Sebagai Media Pelatihan Perwasitan Karate. Universitas Negeri Yogyakarta.
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494
Kos, A., Wei, Y., Tomažič, S., & Umek, A. (2018). The role of science and technology in sport. Procedia Computer Science, 129, 489–495. Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.03.029
Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.17977/UM031V3I22017P110
Magdalena, I., Safitri, A., Fauziah, A., Aqmarani, A., Lestari, B. M., Aciakatura, C., … Ushaybiah, Z. M. (2021). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Sukabumi: Jejak Publisher.
Ormrod, J. E. (2020). Human Learning (8th ed.). Upper Sadle River: Pearson.
Panje, M., Sihkabuden, S., & Toenlioe, A. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1473–1478. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6617
Rahmat, E., Rusdiana, A., & Ruhayati, Y. (2017). Pengembangan teknologi tes chin up berbasis arduino uno dan sensor infrared dengan LCD display. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(1), 14. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i1.4961
Simbolon, B. (2014). Latihan dan Melatih Karateka. Jakarta: Griyak Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wided, M. Ben. (2016). Karate, and the perception of the sport. Ido Movement for Culture, 16(3), 47–56. https://doi.org/10.14589/ido.16.3.6
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only