Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Renang untuk Siswa Kelas X SMA Negeri di Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4993588Keywords:
teknik dasar renang, android, media pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran renang dan kelayakan dari media pembelajaran renang berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek ujicoba kepada 126 siswa SMA Negeri di Tulungagung.Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner (angket). Hasil penelitian ini adalah: (1) Produk Aplikasi Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dengan nama “Teknik Dasar Renang”; (2) Media pembelajaran renang berbasis android telah teruji kevalidannya dengan validasi pada ahli materi 67% kategori “Sangat Valid”, uji validasi pada ahli media 77,5% kategori “Sangat Valid” dan uji validasi ahli praktisi 77% kategori “Sangat Valid” dapat digunakan tanpa adanya revisi. Pada uji terbatas kelayakan siswa SMA Negeri 1 Kedungwaru memperoleh nilai 6,4 kategori “Sangat Layak”, SMA Negeri 1 Boyolangu memperoleh nilai 6,3 kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya pada uji coba luas hasil uji kelayakan siswa dari SMA Negeri 1 Kedungwaru memperoleh 6,4 termasuk kategori “Sangat Layak”, SMA Negeri 1 Boyolangu 6,3 kategori “Sangat Layak”, SMA Negeri 1 Karangrejo 4,9 kategori “Layak”, SMA Negeri 1 Kauman memperoleh 6 kategori “Sangat Layak” dan SMA Negeri 1 Tulungagung memperoleh nilai 5,9 kategori “Sangat Layak”. Kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran renang berbasis android sangat layak digunakan.
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979
Ismaniati, C. (2001). Pengembangan Program Pembelajaran Berbantuan Komputer. Yogyakarta: Andi.
Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16.
Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 62–79. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929
Sudjarwo. (1989). Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Mediatama Sarana Pustaka.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Tresnawati, T. (2010). Teknik Dasar Berenang. Horizon.
Wirawan, P. W. (2011). Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web ke dalam M-Learning. Jurnal Masyarakat Informatika.
Yusuf, R., & Khaliq, A. (2017). STUDI KASUS MINAT SISWA MTs HADIL ISHLAH BILEBANTE TERHADAP OLAHRAGA RENANG. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only