Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal

Authors

  • Tommi Fajero Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Rifqi Festiawan Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dewi Anggraeni Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ngadiman Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Didik Rilastiyo Budi Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4914831

Keywords:

e-learning, TPACK, Kepuasan Peserta Didik, pandemi covid-19

Abstract

Pembelajaran daring adalah metode pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK sebagai penunjang proses pembelajaran. TPACK merupakan pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Kepuasan peserta didik dalam penggunaan metode pembelajaran adalah sebagai perspektif pengalaman peserta didik setelah menggunakan atau merasakan suatu metode yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri se-Kota Tegal. Menggunakan sampel 375 peserta didik dengan teknik proportionate starfied random sampling, Analisis data dengan cara mendeskripsikan berdasarkan data yang telah terkumpul. Keseluruhan komponen TPACK dalam implementasi metode pembelajaran daring di SMA Negeri se-Kota Tegal dirasa puas oleh peserta didik. Komponen Technological Knowledge memperoleh nilai indeks 68,42%, Pedagogical Knowledge memperoleh nilai indeks 66,66%, content Knowledge memperoleh nilai indeks 66,86%, Technological Content Knowledge memperoleh nilai indeks 72,88%, Pedagogical Content Knowledge memperoleh nilai indeks 67,69%, Technological Pedagogical Knowledge memperoleh nilai indeks 71,63%. (1) Implementasi metode pembelajaran daring di SMA Negeri se-Kota Tegal menunjukkan kategori puas pada setiap komponen, (2) Nilai persentase terendah pada komponen Pedagogical Knowledge dengan nilai indeks 66,66%, (3) Nilai persentase teretinggi pada komponen Technological Content Knowledge dengan nilai indeks 72,88%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada SMA Negeri Se-Kota Tegal berdasarkan kerangka kerja TPACK sudah terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamson, K. A., & Prion, S. (2013). Reliability : Measuring Internal Consistency Using Cronbach ’ S A. Clinical Simulation In Nursing, 9(5), E179–E180. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ecns.2012.12.001

Astikasari, I. B., Rachman, H. A., Festiawan, R., Budi, D. R., & Asnaldi, A. (2021). The Game Model To Develop Motor Skills For Kindergarten Students. Ann Trop Med & Public Health, 24(3), 1–6. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36295/ASRO.2021.24315

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C. C. (2013). A Review Of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology And Society, 16(2), 31–51.

Festiawan, R. (2015). Pedagogi Olahraga (Sport Pedagogy). Universitas Jenderal Soedirman, 1–23.

Festiawan, R. (2020). Application Of Traditional Games: How Does It Affect The Children’s Fundamental Motor Skills? Menssana, 5(2), 157–164.

Ghufron, M. N. (2020). Kepuasan Pembelajaran Secara Online: Apakah Gaya Belajar Mempunyai Pengaruh? Quality, 8, 130–148. Http://Journal.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/Quality/Article/View/7508

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring / E-Learning. Journal Of Ganesha University.

Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi, Yulias Prihatmoko, Nunung Nindigraha, Yerry Soepriyanto, Henny Indreswari, H. I. O. (N.D.). Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. CV. Seribu Bintang.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Mansur, H., Mastur, & Utama, A. H. (2020). International Journal Of Innovation Management. International Journal Of Innovation Management, 13(1), 1–10.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V7i1.32771

Nurcahyo, P. J., Festiawan, R., Yoda, I. K., Wijayanto, A., & Gustiputungurahadi, I. (2021). Study In Banyumas District : Is The Learning Materials Of Football In School Already Oriented To High Order Thinking Skill ? Ann Trop Med & Public Health, 24(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36295/ASRO.2021.24366

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. Https://Doi.Org/10.34128/Jsi.V5i2.185

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): Integrasi ICT Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, October 2017, 1–14.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71.

Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Journal Of Research On Technology In Education Context And Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): A Systematic Review. August. Https://Doi.Org/10.1080/15391523.2015.1052663

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 11–12.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values And Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. Https://Doi.Org/10.23887/Janapati.V8i1.17204

Sopiatin Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia.

Subhi, I. (2020). Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid 19. Edification Journal, 3(1), 35–56. Https://Doi.Org/10.37092/Ej.V3i1.213

Sudrajat, J. (2020). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 54–69.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In CV Alfabeta. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666

Suharta, T. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117–125. Https://Doi.Org/10.21009/Jep.082.07

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V9i1.41381

Suyanto, & Jihad Asep. (2013). Menjadi Guru Profesional. Erlangga.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. Https://Doi.Org/10.21107/Metalingua.V5i1.7072

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., & Widanita, N. (2020). Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola Evaluation Of Application Of Scientific Approach In Physical Education Learning Basic Technical Material For Football Passing. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jpji.V16i1.29774

Yustifar, A., Rachman, H. A., Festiawan, R., Yoda, I. K., & Suwiwa, I. G. (2021). THE APPLICATION OF PROBLEM-BASED LEARNING IN PHYSICAL EDUCATIONS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES A GAME OF VOLLEYBALL CLASS X SMA N 1 SLEMAN. Ann Trop Med & Public Health, 24(3). Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.36295/ASRO.2021.24320

Published

2021-06-27

How to Cite

Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., Ngadiman, & Budi, D. R. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 342-353. https://doi.org/10.5281/zenodo.4914831

Issue

Section

Articles