Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid-19 : pada Matakuliah Praktikum

Authors

  • Edi Irwanto Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Galih Farhanto Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4896117

Keywords:

kecemasan, pembelajaran daring, perkuliahan praktikum

Abstract

Sesuai edaran surat kemendikbud No 4 tahun 2020 menyatakan belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh atau daring, akan tetapi pembelajaran daring pada perkuliahan praktikum memiliki dampak negative bagi mahasiswa salah satunya ialah anxiety. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anxiety mahasiswa pada saat mengikuti matakuliah praktikum dengan metode pembelajaran daring di Era Covid-19, Pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FOK, Universitas PGRI Banyuwangi. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 angkatan tahun 2020/2021, Jumlah sampel sebesar 50 mahasiswa yang ditentukan secara random sampling. Hasil penelitian secara garis besar menunjukan bahwa tingkat kecemasan mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan praktikum dengan system pembelajaran daring dalam kategori sedang. Sehingga proses pembelajaran daring dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada matakuliah praktikum, akan tetapi perlu memperhatikan ketersediaan fasilitas-fasilitas pendukung pembelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angélica Neumann da Rosa. (2016). Pengaruh Senam Irama Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Siwi Desa Krasak Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. (Vol. 23, Issue 45). Universitas Negeri Semarang

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99

Ayun. (2019). Kecemasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Senam Artistik Kelas X SMK 3 YPKK Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta

Daima Ulfa, Z., & Mikdar, Z. (2020). JOSSAE (Journal of Sport Science and Education) Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal of Sport Science and Education) |, 5(2), 124–138

Febryanti, & Dkk. (2020). Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Lompat harimau. Altius, 9(2), 92–99

Fitria, H., & Suminah. (2020). Role of Teachers in Digital Instructional Era. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 70–77

Hakiman. (2020). Pembelajaran Daring. Institut Agama Islam Surakarta. https://iain-surakarta.ac.id/pembelajaran-daring

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306

Husdarta, H. J. S. (2016). Sejarah dan Filsafat olahraga. Alfabeta

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199

Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 300 (2020)

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sudjana. (2009). Metode Statistika. Tarsito

Sugiono. (2011). metode penelitian pendidikan (pendekatan kuwantitatif,kuwalitatif,R&D). In Alfabbeta Pres. Alfa beta

Suratmi, Abdullah, R., & Taufik, M. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 1,11,15

Tangkudung, J., & Mylsidayu, A. (2017). Mental Training Aspek- Aspek Psikologi dalam Olahraga. cakrawala cendekia

Tejamukti, A. G. (2016). Permainan Dalam Ranah Afektif (Kerjasama dan Tanggung Jawab) Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana Um, 203–212

Toby, M. P. (2018). Hubungan antara Kecemasan Akademik dengan Penggunaan Defense Mechanism pada Mahasiswa [Universitas Sananta Dharma]. In Universitas Sanata Dharma. https://repositorio.ufsc.br/bitstream/handle/123456789/186602/PPAU0156-D.pdf?sequence=-1&isAllowed=y%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://www.scielo.br/pdf/rae/v45n1/v45n1a08%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j

Yusuf, S. (2009). Mental Hygine: Terapi Psikopiritual untuk Hidup Sehat Berkualitas. In Bandung: Maestro. maestro

Published

2021-06-27

How to Cite

Irwanto, E., & Farhanto, G. (2021). Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid-19 : pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 264-269. https://doi.org/10.5281/zenodo.4896117

Issue

Section

Articles