Anxiety Pembelajaran Daring di Era Covid-19 : pada Matakuliah Praktikum
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4896117Keywords:
kecemasan, pembelajaran daring, perkuliahan praktikumAbstract
Sesuai edaran surat kemendikbud No 4 tahun 2020 menyatakan belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh atau daring, akan tetapi pembelajaran daring pada perkuliahan praktikum memiliki dampak negative bagi mahasiswa salah satunya ialah anxiety. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anxiety mahasiswa pada saat mengikuti matakuliah praktikum dengan metode pembelajaran daring di Era Covid-19, Pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FOK, Universitas PGRI Banyuwangi. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 angkatan tahun 2020/2021, Jumlah sampel sebesar 50 mahasiswa yang ditentukan secara random sampling. Hasil penelitian secara garis besar menunjukan bahwa tingkat kecemasan mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan praktikum dengan system pembelajaran daring dalam kategori sedang. Sehingga proses pembelajaran daring dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada matakuliah praktikum, akan tetapi perlu memperhatikan ketersediaan fasilitas-fasilitas pendukung pembelajaran tersebut.
Downloads
References
Angélica Neumann da Rosa. (2016). Pengaruh Senam Irama Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Siwi Desa Krasak Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. (Vol. 23, Issue 45). Universitas Negeri Semarang
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99
Ayun. (2019). Kecemasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Senam Artistik Kelas X SMK 3 YPKK Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta
Daima Ulfa, Z., & Mikdar, Z. (2020). JOSSAE (Journal of Sport Science and Education) Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal of Sport Science and Education) |, 5(2), 124–138
Febryanti, & Dkk. (2020). Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Lompat harimau. Altius, 9(2), 92–99
Fitria, H., & Suminah. (2020). Role of Teachers in Digital Instructional Era. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 70–77
Hakiman. (2020). Pembelajaran Daring. Institut Agama Islam Surakarta. https://iain-surakarta.ac.id/pembelajaran-daring
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306
Husdarta, H. J. S. (2016). Sejarah dan Filsafat olahraga. Alfabeta
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199
Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37
Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 300 (2020)
Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sudjana. (2009). Metode Statistika. Tarsito
Sugiono. (2011). metode penelitian pendidikan (pendekatan kuwantitatif,kuwalitatif,R&D). In Alfabbeta Pres. Alfa beta
Suratmi, Abdullah, R., & Taufik, M. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 1,11,15
Tangkudung, J., & Mylsidayu, A. (2017). Mental Training Aspek- Aspek Psikologi dalam Olahraga. cakrawala cendekia
Tejamukti, A. G. (2016). Permainan Dalam Ranah Afektif (Kerjasama dan Tanggung Jawab) Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana Um, 203–212
Toby, M. P. (2018). Hubungan antara Kecemasan Akademik dengan Penggunaan Defense Mechanism pada Mahasiswa [Universitas Sananta Dharma]. In Universitas Sanata Dharma. https://repositorio.ufsc.br/bitstream/handle/123456789/186602/PPAU0156-D.pdf?sequence=-1&isAllowed=y%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://www.scielo.br/pdf/rae/v45n1/v45n1a08%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j
Yusuf, S. (2009). Mental Hygine: Terapi Psikopiritual untuk Hidup Sehat Berkualitas. In Bandung: Maestro. maestro
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only