Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan

Authors

  • Ni Luh Putu Indrawathi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Citra Permana Dewi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Gde Widiantari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Kadek Dian Vanagosi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4460837

Keywords:

hasil belajar, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajarĀ  Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Faktor yang diteliti yakni faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor internal), faktor yang datang dari luar (faktor eksternal) dan faktor dari pendekatan belajar dari siswa itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Data diperoleh denganĀ  teknik survei menggunakan instrumen berupa angket, dokumentasi berupa data nilai raport dan wawancara. Subjek penelitian dipilih secara acak yang berjumlah 52 siswa. Data hasil survei dianalisis menggunakan deskriptif statistik. Hasil analisis data terdapat perbadingan rerata antara faktor internal yaitu fisikologis dan psikologis yang sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,6, faktor eksternal yaitu lingkungan sosial dan lingkungan non sosial yang juga sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,6 dan faktor pendekatan belajar (approach to learning) dengan rerata 3,5 yang kadang mempengaruhi hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal sering mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan faktor pendekatan belajar kadang mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumu Aksara

Dimiyanti, M. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Menteri Pendidikan Nasional. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Reoublik Indonesia Nomor 045/U/2020 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Jakarta : Mendiknas

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : CV. Rajawali

Slameto. (2010). Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Perseda

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Persada

Suryabrata. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Tajudin. (2010). Analisis Pembinaan Atlit . Bengkulu : Universitas Bengkulu

Published

2021-01-26

How to Cite

Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., Widiantari, N. L. G., & Vanagosi, K. D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.4460837