Penerapan Model Pembelajaran Aktive Learning dengan Card Sort Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Melayang pada Pembelajaran PJOK
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4454194Keywords:
pembelajaran aktive learning, card sortAbstract
Penelitian ini dilakukan berawal dari aktifitas belajar dan hasil belajar lompat jauh gaya melayang berada dibawah batas minimal nilai KKM (Nilai 70). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan menggunakan tes unjuk kerja serta Angket peserta didik. Teknik analisis data dianalisis dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil data yang diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak 21 Orang (95,45%) menyatakan sangat setuju dan setuju bahwa penerapan model pembelajaran aktive learning dengan card sort sebagai model pembelajaran lompat jauh gaya melayang sangat mudah, menarik/lebih baik, menyenangkan dan sangat setuju untuk dilanjutkan penggunaanya. Sedangkan sebanyak 1 orang (4,55%) menyatakan tidak tahu, dan 0 % menyatakan tidak sutuju penggunaanya dilanjutkan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktive learning dengan card sort sebagai model pembelajaran lompat jauh gaya melayang mendapat respon yang sangat positif dari siswa kelas X-IPS 3 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Agung. I. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru, Pedoman dan Acuan Guru dalam Pembelajaran pada Peserta Didik, Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni
Irwansyah. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas XI, Sekolah Menengah Atas. Penerbit Grafindo Media Pratama
Kanca, I. N. (2006). Metodologi Penelitian Keolahragaan, Singaraja : Jurusan Ilmu Keolahragaan FOK Undiksha
Kemmis, S., & Taggart. R. (1998). The action research Planeer. Viktoria The Deakin University
Kunandar. (2011). Guru professional Implentasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta, Penerbit PT Raja Grafindo Persada
MeL, S. (2009). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, diterbitkan atas kerjasama Pustaka Insan Madani dengan Yappendis
Mohamad, A. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Wacana Prima
Rosdinai, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Penerbit Alfabeta Bandung
Nana, S. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukardi. (2007), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara
Suyanto & Asep. J. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Penerbit Erlangga
ZainaL, A. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Armai, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif menyenangkan. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga
Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : PUSTAKA INSANI Madani
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta : Prestasi Pustaka
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only