Penerapan Model Pembelajaran Aktive Learning dengan Card Sort Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Melayang pada Pembelajaran PJOK

Authors

  • I Wayan Merta SMA Negeri 4 Singaraja
  • I Putu Herry Widhi Andika Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4454194

Keywords:

pembelajaran aktive learning, card sort

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari aktifitas belajar dan hasil belajar lompat jauh gaya melayang berada dibawah batas minimal nilai KKM (Nilai 70). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan menggunakan tes unjuk kerja  serta Angket peserta didik. Teknik analisis data dianalisis dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil data yang diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak  21 Orang (95,45%) menyatakan sangat setuju dan setuju bahwa penerapan model pembelajaran aktive learning dengan card sort sebagai model pembelajaran lompat jauh gaya melayang sangat mudah, menarik/lebih baik, menyenangkan dan sangat setuju untuk dilanjutkan penggunaanya. Sedangkan sebanyak 1 orang (4,55%) menyatakan tidak tahu, dan 0 % menyatakan tidak sutuju penggunaanya dilanjutkan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktive learning dengan card sort sebagai model pembelajaran lompat jauh gaya melayang mendapat respon yang  sangat positif dari siswa kelas X-IPS 3 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung. I. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru, Pedoman dan Acuan Guru dalam Pembelajaran pada Peserta Didik, Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni

Irwansyah. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas XI, Sekolah Menengah Atas. Penerbit Grafindo Media Pratama

Kanca, I. N. (2006). Metodologi Penelitian Keolahragaan, Singaraja : Jurusan Ilmu Keolahragaan FOK Undiksha

Kemmis, S., & Taggart. R. (1998). The action research Planeer. Viktoria The Deakin University

Kunandar. (2011). Guru professional Implentasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta, Penerbit PT Raja Grafindo Persada

MeL, S. (2009). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, diterbitkan atas kerjasama Pustaka Insan Madani dengan Yappendis

Mohamad, A. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Wacana Prima

Rosdinai, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Penerbit Alfabeta Bandung

Nana, S. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukardi. (2007), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara

Suyanto & Asep. J. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Penerbit Erlangga

ZainaL, A. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya

Armai, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif menyenangkan. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga

Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : PUSTAKA INSANI Madani

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta : Prestasi Pustaka

Published

2021-01-26

How to Cite

Merta, I. W., & Andika, I. P. H. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Aktive Learning dengan Card Sort Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Melayang pada Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 200-204. https://doi.org/10.5281/zenodo.4454194