Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa

Authors

  • Maria Karista Yuvensiana Hadiah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Made Weri Dartiningsih Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Suastini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

konseling kelompok, teknik modeling, perilaku etis

Abstract

Fenomena rendahnya etika perilaku sopan santun siswa terhadap guru masih menjadi permasalahan yang sering dijumpai di lingkungan sekolah, hal ini bertolak belakang dengan tujuan pendidikan nasional. Perilaku siswa yang tidak menghormati dan menghargai guru dapat berdampak negatif terhadap proses pembelajaran dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa terhadap guru melalui layanan konseling kelompok dengan teknik modeling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan pendekatan campuran (mixed methods), yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar tahun ajaran 2025/2026 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku sopan santun siswa terhadap guru. Rata-rata skor pada siklus I mencapa 36 dan peningkatan skor pada siklus II menjadi 83, dengan pencapaian persentase sebesar 44,93%, dan meningkat pada siklus II menjadi 37,72%. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa terhadap guru. Berdasarkan hasil tersebut, layanan ini disarankan untuk diterapkan secara tepat guna membentuk karakter siswa yang beretika dan berakhlak mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiputra. (2015). Konseling dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Dewi. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Modern. Jakarta: Bumi Aksara.

Badriyah & Aditya. (2022). Panduan Praktis PTBK. Bandung: Alfabeta.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.

Corey, G. (2010). Theory and Practice of Group Counseling. Belmont: Brooks/Cole.

Folasti, E. & Itsar, M. (2016). Dinamika Kelompok dalam Konseling. Jakarta: Prenada Media.

Gunarsa, S.D. (2007). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hurlock, E.B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, Dkk. (2010). Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurnanto, T. (2014). Dasar-dasar Konseling. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Nadia Mutiara, dkk. (2023). Model-model Bimbingan Konseling. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Prayitno. (2017). Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.

Rahmawati. (2023). Remaja dan Tantangan Moral. Malang: Literasi Nusantara.

Saputra, A. (2020). Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Siti Shalehah. (2023). Pendekatan Behavioral dalam Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Taufik. (2009). Konseling Perilaku dan Aplikasinya. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Winkel, W.S. & Hastuti, Y. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Yuvensiana Hadiah, M. K., Dartiningsih, M. W., & Suastini, N. W. (2025). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 4(1), 97–104. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/5290