PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 5 DENPASAR TAHUN 2025

Authors

  • Theresia Erlina Wulandari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Anak Agung Ngurah Adhiputra Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Agus Semara Putra Giri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Bimbingan kelompok, Problem base learning, Pemahaman karir

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan problem base learning dalam meningkatkan pemahaman karir siswa kelas X di SMK Negeri 5 Denpasar pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua tahapan siklus. Sebanyak 22 siswi terlibat sebagai partisipan, dengan lima di antaranya dijadikan subjek utama karena menunjukkan tingkat pemahaman karier yang masih rendah. Pada siklus pertama, rata-rata pemahaman karier meningkat dari 54,8% menjadi 68,2%, menunjukkan perkembangan sebesar 24,658%. Karena belum mencapai target optimal, intervensi dilanjutkan ke siklus kedua yang menghasilkan kenaikan sebesar 28,896%, dengan rata-rata akhir sebesar 87,6%, tergolong dalam kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan bimbingan kelompok berbasis problem base learning efektif dalam memperkuat pemahaman karier siswa pada jenjang tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsana, I.G.L.R & Adhiputra,A.A.N. & Sapta,K. & Kusuma,T.N. (2021). Implementasi Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Keputusan Karir: Jurnal Bimbingan Konseling: kajian dan aplikasi,12 (2),33-40

Andriani, M. W. (2019). Pengaruh layanan informasi menggunakan papan bimbingan terhadap pemahaman karir siswa sekolah dasar. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68-77.

Adityawarman, L. P. (2020). Peran bimbingan kelompok dalam perencanaan karir siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165-177.

Deliman,S.(2024) Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas

Diana, L. M., Wulandari, A. Y. R., & Melliana, W. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Informatika. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 1011-1021

Hasanah, B. U., Hambali, I. M., & Setiyowati, A. J. (2024). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Self-Awareness Siswa di Sekolah Inklusi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 686-700.

Latifa, A. Z., Tariska, D. P., Sabrina, I., Hidayah, R. N., Mayada, T. L., Apriliana, Z., & Trimurtini, T. (2024). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika SD Gisikdrono 02 Semarang. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(8), 1345-1354.

Mintasah,A.T.A. & Syaiban I & Devi,A.I.N.) ( 2024) .Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Melalui Teknik Diskusi kelompok di Kelas IX E SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2024/2025: Jurnal In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Erlina Wulandari, T., Ngurah Adhiputra, A. A., & Agus Semara Putra Giri, P. (2025). PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 5 DENPASAR TAHUN 2025. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 4(1), 26–32. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/5283