IMPLEMENTASI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PERCAYA DIRI SISWA SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
konseling behavioral, penguatan positif, perilaku percaya diriAbstract
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ( PTBK). bertujuan untuk meningkatkan perilaku percaya diri siswa kelas XI RPL 3 SMK TI Bali Global Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui Implementasi Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif. Berdasarkan hasil wawancara, observasi, peyebaran kuesioner, hasil yang didapatkan jika seorang murid laki – laki berinisial GH yang memiliki permasalahan terhadap perilaku percaya diri. Setelah ditelah lebih lanjut penyebab utama dari perilaku kurang percaya diri siswa tersebut dikarenakan malu akan suara yang bisa terbilang cempreng untuk ukuran anak laki – laki. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan pelaksanaan tiap siklus terdiri dari 4 pokok kegiatan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Dari hasil sebelum diberikan tindakan didapatkan persentase percaya diri sebesar 50,6% terkategori rendah, Adapun setelah dilakukan siklus I persentase meningkat sebesar 56% terkategori cukup tinggi namun dikarenakan tingkah laku siswa masih belum menunjukan perilaku yang signifikan maka kembali dilakukan tindakan pada siklus II dan memeproleh hasil 65,33% yang terkategori cukup tinggi, walapun kategori ynag didapatkan sama kategori di siklus 1 dan siklus II sama yaitu cukup tinggi namun jika dilihat dari rentangan presentase cukup menujukan hasil yang signifikan, dan observasi langsung juga sudah memperlihatkan bahwa siswa tersebut menujukan peningkatan perilaku percaya diri
Downloads
References
-Article Text-4606-1-10-20210826. (n.d.).
Artikel, I., KEPERCAYAAN DIRI SISWA Zulfriadi Tanjung, M., & Huri Amelia, S. (2017). Electronic) JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia. 2(2), 1–4. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti
Asri, N. L., Suarni, N. K., Arum, D., Jurusan, W., & Konseling, B. (2014). EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. In Ejournal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling (Vol. 2, Issue 1).
Asrul, O. :, Alang, H., Bimbingan, J., Islam, P., Dakwah, F., Uin, K., & Makassar, A. (n.d.). TEKNIK PELAKSANAAN TERAPI PERILAKU (BEHAVIOUR). https://www.google.com/amp/s/sindyarsita.wordpres.com/2013/04/29/behavior-therapy/amp/ayom( m ali). (n.d.).
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Kepercayaan Diri 2. (n.d.).
Dewa, O. :, & Sudyana, K. (n.d.). KONSELING BEHAVIORAL DAN PENGUATAN POSITIF DALAM MENINGKATKAN PRILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK.
Hulu, J. J., & Laoli, J. K. (2023). Pengaruh Teknik Reinforcement Terhadap Perilaku Off-Task Behavior Siswa SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 743–753. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.270
Putri, D., Bimbingan, S., Konseling, D., Nursalim, M., & Dan, B. (n.d.). KONSELING INDIVIDU TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 2 GRESIK