HUBUNGAN ANTARA TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2023/2024
Keywords:
teman sebaya, kepercayaan diri, bimbingan dan konselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara interaksi teman sebaya dengan tingkat kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini berfokus pada peran signifikan teman sebaya dalam pembentukan identitas dan pengembangan sosial-emosional mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 26 mahasiswa, dan dianalisis menggunakan analisis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri mahasiswa. Dengan taraf signifikansi 5% dan N = 26, angka batas penolakan hipotesis nol adalah 0,388. Hasil penelitian menunjukkan nilai sebesar 1,192, yang berada di atas nilai batas penolakan hipotesis nol, sehingga hipotesis nol ditolak. Kontribusi teman sebaya terhadap kepercayaan diri mahasiswa ditemukan sebesar 1,42%. Dengan demikian, hipotesis alternatif yang menyatakan adanya hubungan antara teman sebaya dan kepercayaan diri diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa interaksi dengan teman sebaya memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tahun akademik 2023/2024.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Astika, I. W., Marhaeni, A. I. N., & Parwata, I. L. A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kwl dan Asesmen Diri terhadap Kemandirian Belajar dan Keterampilan Membaca Wacana Bahasa Bali Pada Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 45-57.
Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.
Dantes, Nyoman. (1992). Pola Asuhan dalam Hubungannya dengan Pendidikan Nilai Di Lingkungan Keluarga: Suatu Analsis Makropedagogik. Orasi Ilmiah. Denpasar: UNUD
Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Intarti, E. R. (2020). Peran strategis teman sebaya dalam pembentukan karakter religius remaja. Jurnal dinamika pendidikan, 13(3), 342-351.
Jannah, M. (2013). Hubungan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah I Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Kasmila, M., & Abidin, S. (2024). Komunikasi nonverbal dalam membangun komunikasi efektif (studi kasus pada frontliner bank central asia batam). Scientia journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2).
Kristiono, W. S. (2018). Peran kelompok teman sebaya dalam menentukan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 604-614.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).
Kushartanti, A. (2009). Perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja : Undiksha
Lutfiyah, A. (2022). Peran Teman Sebaya Dalam Penyesuaian Diri Santri Putri Di Pondok Pesantren Roudlotussolihin Desa Bumirestu Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Madinatu, S. N. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X IPS di SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2022/2023 (Survei Pada Siswa Kelas X di SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. Jurnal psikologi, 2(2), 160-178.
Oktariani, O. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45-54.
Pangestu, R. A., & Sutirna, S. (2021). Analisis kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika. Maju, 8(1), 505035.
Rachmaningtyas, A. T., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan self-regulated learning pada mahasiswa tahun pertama di masa pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 34-45.
Rusdiana, M. M. (2022). Manajemen Sumberdaya Manusia: Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif. Arsad Press.
Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (selfconfidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal biotek, 5(1), 87-102.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono dan Puji Lestari. (2021). “Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).”
Supriadi, Hamdi. 2016. “Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi.” Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 3(2): 92–119.
Soraya, R. (2017). Penerimaan Peer Group Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).
Susilowati, K. (2011). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan kemandirian pada remaja panti asuhan muhammadiyah karanganyar
Utomo, P., & Pahlevi, R. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, 1(1), 1-8
Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 261.