PENERAPAN KONSELING KELOMPOK GENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Yeni Ina Kodi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

konseling kelompok, teknik modeling, motivasi belajar

Abstract

Studi ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan tujuan mengoptimalkan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar tahun 2024. Tindakan ini yang diberikan berupa konseling kelompok melalui metode modeling. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS dengan total 20 peserta didik dengan 8 laki-laki dan 12 perempuan teridentifikasi 6 peserta didik yang motivasi belajar kurang. Data dianalisis secara deskriptif yakni proses analisis data dengan menggambarkan data tersebut sehingga mendapatkan konklusi berdasarkan analisis rata-rata dan. Nilai mean kenaikan motivasi peserta didik sesudah mendapatkan perlakuan Pada siklus I meraih 71,83%. Data itu menunjukkan bahwasanya terdapat kenaikan motivasi belajar sesudah memberikan tindakan siklus II dengan nilai 80,66% dan. Nilai itu mengindikasikan bahwasanya sudah memberikan tindakan dalam siklus II maka terdapat kenaikan motivasi belajar dengan optimal. Bisa ditarik kesimpulan bahwasanya implementasi konseling kelompok melalui metode modeling bisa mengoptimalkan motivasi belajar peserta didik kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa diharapkan bermanfat untuk motvasi belajar dalam menggunakan bahasa yang verbal agar tidak menyinggun perasaan orang lain. Begitu juga kepada guru BK bisa menjadi pedoman untuk menerapkan keilmuannya dan juga mendorong peserta didik untuk memaksimalkan motivasi belajarnya. Bagi sekolah diharapkan dapat menjadi dasar mengoptimalkan dan membangun kerjasama serta sinergitas di antara setiap civitas akademika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman,2012. Peningkatan Mivasi Belajar. Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Adiputra, AA Ngurah. 2014. Konseling Kelompok (Perspektof Teori Dan

Aplikasi). Denpasar: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Bali

Adiputra, AA Ngurah. 2006.Landasan-landasan Konseling Kelompok.

Denpasar IKIP PGRI Bali

Brophy, 2004.Meningkatkan Motivasi Siswa Penerbit Universitas Muhammadiyah Surakarta

Gunarsa, 2007: 222.Manfaat teknik. Penerbit Universitas Kristen Satya Wacana.

Gantina komalasari ddk, 2011: 179.Penerapan Teknik Modeling.Penerbit

Universitas Muhammadiyah Magelang.

Hamalik, 2010.Meningkatkan Motivasi Belajar. Penerbit Universitas

Muhammadiyah Tapanuli Selatan.

Hartinah,2017. Konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar. Penerbit Universitas Negri Malang Komalasari Dkk,2011.Teknik modeling. Penerbit Universitas Negri Malang.

Mappire Andi AT. 2010. Pengantar Konseling Dan Psikoterapi. Jakarta : Rajawali Press

Nurkencana,1990. Penelitian tindakan kelas. Jakarta.

Priyitno 2010. Layanan konseling kelompk. Penerbit Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Romlah ,2006. Teori dan Praktek konseling Kelompok. Penerbit Universitas Negri Malang

Published

2024-03-29

How to Cite

Kodi , Y. I. (2024). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK GENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 3(1), 56-60. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/3936