IMPELEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X MM SMK WIRA BHAKTI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Lusia Onesima Peria Watoutan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Roro Dwi Umi Badriah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, kecerdasan emosional

Abstract

Dalam mengatasi masalah perlu diupayakan suatu tindakan tertentu. Dalam  penelitian ini digunakan sosiodrama sebagai tindakan pemecahan masalah. Studi bertujuan mengoptimalkan kecerdasan emosional murid yang rendah dengan mengadakan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama pada kelas X mm SMK Wira Bhakti Denpasar. Sasaran perbaikan ini berarti bahwa penerapan bimbingan secara kelompok melalui metode sosiodrama dapat mengoptimalkan kecerdasan emosional siswa kelas X MM SMK Wira Bhakti Denpasar. Sasaran perbaikan ini berarti bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelas X MM SMK Wira Bhakti Denpasar tahun pelajaran 2023/2024. Adapun siswa yang akan diteliti adalah kelas X MM SMK Wira Bhakti Denpasar sebagai sasaran peneliti berjumlah 17 siswa, 3 diantaranya memiliki kecerdasan emosional yang redah. Studi ini dilakukan sebanyak dua siklus tiap siklus tersusun atas empat kegiatan yakni rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil studi menjelaskan bahwasanya rata-rata kecerdasan emosional pada siswa kelas X MM mengalami peningkatan, nilai mean sesudah mendapatkan perlakuan untuk siklus I yaitu 60 dan untuk siklus II yaitu 75. Persentase peningkatan kecerdasan emosional pada siswa kela X MM yang dicapai melalui penerapan teknik sosiodrama pada siklus I rata-ratanya 20,37% dan siklus II rata-ratanya 26,15%. Berdasarkan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwasanya implementasi bimbingan kelompok melalui metode sosiodrama dapat mengoptimalkan kecerdasan emosional siswa kelas X MM SMK Wira Bhakti Denpasar tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiputra, 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling Disekolah. Denpasar. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Adhiputra, 2015. Konseling kelompok perspektif teori dan aplikasi. Media Akademi. Yogyakarta.

Baktio, hari 2013. Kecerdasan emosional. Pusdikmin.

Dachlan,2019. Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Remaja. Penerbit Universitas Gajah Mada.

Fitriani, 2015. Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak. Penerbit Universitas Padang Indonesia.

Goleman, 2009. Emotional Intelligence. Jakarta.

Hasibuan,2006. Bimbingan kelompok. Jakarta

Juntikan, 2006. Bimbingan dan Konseling. Bandung

Ma’arif & Zulia, 2021. Pendidikan anak usia dini. Penerbit Undiksa.

Nurkencana,1990. Penelitian tindakan kelas. Jakarta.

Surwasih Madya, 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Alfabeta Bandung.

Suriadi, 2007. Bimbingan Kelompok. Bandung.

Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan madrasah. Penerbit PT. Raja Grafido Persada, Jakarta.

Tatiek Romlah, 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Penerbit Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Tohirin,2007. Pedoman Pembelajaran Sosiodrama. Universitas Bandung.

Utami, 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan. Penerbit Universitas Bosowa.

Wardhani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Universitas Terbuka Jakarta

Published

2024-03-29

How to Cite

Peria Watoutan, L. O. ., & Umi Badriah, R. D. . (2024). IMPELEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X MM SMK WIRA BHAKTI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 3(1), 50-55. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/3935