PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA X PH3 SMK WIRA BHAKTI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024.

Authors

  • Novita jelita Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

konseling behavioral, teknik penguatan positif, disiplin belajar siswa

Abstract

Tujuan dari studi ini yaitu mengetahui Disiplin belajar siswa yang rendah yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah sikap kedisiplinan adalah kunci keberhasilan kegiatan pembelajaran, peserta didik harus mentaati aturan di dalam kelas pada saat siswa mengikuti pelajaran. Kedisiplinan yang dimiliki peserta didik akan mempengaruhi keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari 20 siswa yang diobservasi terdapat 3 siswa yang memiliki disiplin belajarnya rendah. Hasil studi menunjukkan bahwasanya nilai mean Disiplin belajar pada siswa kelas X PH mengalami peningkatan, Nilai mean setelah mendapatkan tindakan dalam siklus I yaitu 75 dan untuk siklus II yaitu 80. Persentase peningkatan disiplin belajar pada siswa kela X PH yang dicapai melalui penerapan teknik penguatan positif pada siklus I rata ratanya 40,6% dan siklus II rata-ratanya 6,3%. Berdasarkan hasil di atas, bisa disimpulkan bahwasanya implementasi konseling behavior melalui metode penguatan positif untuk memaksimalkan Disiplin belajar siswa pada kelas X PH SMK Wira Bhakti Denpasar tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina. 2022. Penggunaan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Di SMA Negeri 1 Montasik. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh

Amaliasari Risqi Dwi. 2019. Hubungan Antara Self Management Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMA. Universitas Muhammadyah Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Bambang Syamsul Arifin. 2019. Psikologi Sosial. Bandung. CV Pustaka Setia.

Davidn Jonathan. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta. Erlangga.

Fattah Hanurawan. 2012. Psikologi Sosial. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Faturochman. 2009. Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Yogyakarta.

Insan Suwanto. 2016. Konseling Behavior Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1 Maret 2016. Page 1-5. Universitas Negeri Semarang.

Ilham Wiji. 2021. Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII MTS Silihul Ulum. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Kartika Puenamining Tyas, Evi Winingsih. Penerapan Konseling Kelompok Self- Management Terhadap Rendahnya Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar. Universitas Negeri Surabaya.

Mahadewi Kadek. 2017. Penerapan Bimbingan kelompok dengan Teknik

Permainan Untuk Menanggulangi perilaku Agresif Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Institut keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali.

Nurkancana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Usaha Nasional. Surabaya

Nur Fadhilah Umar, Abdul Saman. 2020. E-Modul Konseling Behavioral. Makassar.

Ridhahani. 2020. Metodologi Penelitian Dasar. Banjarmasin. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari.

Syamsu Yusuf. 2016. Konseling Individual Konsep Dasar & Pendekatan. Bandung. PT Refika Aditama.

Sri Rochani, Mulyani. 2021. Metodologi Penelitian. Bandung. Widina Bhakti Persada Bandung.

Salmiati, Nur Astuti. 2018. Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Tingkat Perilaku Agresif Siswa.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Wardani IGAK 2007. Modul Materi Pokok PTK. Universitas Terbuka Nasional . Jakarta

Zahwa Juhi, Komaruddin, xhila Jannati. 2023. Konseling Individu Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Santri. Educational Journal (Vol.3).

Published

2024-03-29

How to Cite

jelita , N. . (2024). PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA X PH3 SMK WIRA BHAKTI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 3(1), 45-49. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/3934