IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Ni Kadek Reni Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni wayan Suastini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Agus Semara Putra Giri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

kayanan bimbingan klasikal, teknik diskusi kelompok, disiplin belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Denpasar, dimana peneliti ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2024 dengan jumlah siswa terdiri dari 36 siswa. Masalah yang di tangani dalam penelitian ini adalah adanya sejumlah siswa yang mengalami perilaku kurang disiplin belajar, dimana sangat mengganggu proses pembelajaran secara keseluruhan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling dengan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Dalam penelitian tindakan bimbingan konseling ini, dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu siklus I dan siklus II dengan empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan layanan bimbingan klasikal ini adalah teknik kuantitatif. Teknik Kuantitatif adalah penganalisisan data yang diperoleh dengan membandingkan perkembangan perilaku siswa sebelum dengan sesudah dilakukan tindakan dengan melihat lembaran observasi. Atas penelitian tindakan layanan bimbingan klasikal terdapat 4 orang siswa yang mengalami kurang disiplin belajar. Hasil penelitian yang di lakukan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Denpasar, menunjukan skor bahwa dari observasi terjadi disiplin belajar yang rendah antara 38 sampai 39, pada siklus I terjadi peningkataan antara 44% sampai dengan 46%, sedangkan siklus II peningkatan antara 13% sampai dengan 42%. Ini berarti bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Denpasar sangat efetif. Untuk itu disarankan pada Guru di SMK Negeri 4 Denpasar dalam menangani anak-anak yang disiplin belajarnya rendah harus menerapkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar tersebut sehingga keberhasilan dalam melaksanakan proses belajar dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (SD) negeri cot Kue Eung Kabupaten Aceh Besar (study kasus). Journal of Education Science (JES), 5(2).1-10

Arikunto, S., & Hurlock, E. (2020). Aspek-aspek disiplin dalam konteks pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Dakhi, Agustin Sukses. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa.

Yogyakarta: Deepublish

Dakhi, M. (2020). Disiplin dalam konteks sekolah: kepatuhan pada peraturan untuk keamanan dan keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1- 10.

Daryanto, & Darmintum. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (200). Undang-undang Sistem Pendidikan Nomer 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Fara, L. E. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

Gunawan, L., Lumbantoruan, A., et al. (2021). Disiplin: perilaku menghormati, menghargai, dan patuh terhadap peraturan lingkungan. Jurnal Psikologi Terapan, 5(2), 540-550.

Handayani, E.S., & Subakti, H. 2021. Pengaruh disiplin belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 5(1), 151–164.

Hurlock, B. E. (2016). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Lumbantoruan, L., Widiastuti, W., & Tangkin, W. P., (2021). Penerapan rules and procedures untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2),546-553.

Nabila, S. F., & Darminto, E. (2020). Meningkatkan Minat Memanfaatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Melalui Pengguna Media Bimbingan Dan Konseling Jurnal BK UNESA, 558-564.

Ningsih RP, Kasih F, Suarja S. 2021. Model Rancangan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan

Kemandirian Belajar Peserta Didik (Studi pada kelas X MIPA 2 SMAN 1 Enam Lingkung) : Jurnal Pendidikan Tambusai. 5, (3)

Sugianto, A. (2022). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Malang: Media Nusa Creative. Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Supini, (2020). Jigsaw dan Mind Map Dalam Pembelajaran. Pati:Maghza Pustaka.

Tu'u, A. (dalam Yuliantika, 2017). Fungsi-fungsi disiplin. Dalam Y. Yuliantika (Ed.), Psikologi Pendidikan: Teori, Praktik, dan Aplikasi (hal. 36-37). Penerbit Harmoni.

Published

2024-03-29

How to Cite

Reni , N. K. ., Suastini, N. wayan, & Putra Giri, A. S. . (2024). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 3(1), 37-44. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/3933