PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI IPS 2 SMA DHARMA PRAJA DENPASAR

Authors

  • Wayan Juliawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

penerapan bimbingan kelompok, teknik permainan, interaksi sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial
siswa kelas XI IPS 2 SMA DHARMA PRAJA Denpasar tahun 2024 melalui
penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Berdasarkan
hasil observasi awal ada beberapa siswa yang kurang dalam melakukan interaksi
sosial di SMA DHARMA PRAJA Denpasar seperti masih ada geng-geng diantara
siswa-siswa. Apabila permasalahan tidak ditangani maka akan terjadi kesenjangan
diantara para siswa dengan siswa, para siswa dengan guru, dan siswa para siswa
tidak memiliki rasa kebersamaan, tidak ada rasa saling menghargai dan
menghormati, ada geng. Permasalahan interaksi sosial perlu ditangani maka perlu
diberikan tindakan berupa bimbingan, dalam penelitian ini bimbingan di lakukan
dalam bentuk teknik permainan. Teknik permainan diterapkan karena dengan
permainan maka akan meningkatkan interaksi sosial, dan dengan bermain akan
menimbulkan interaksi. Hasil didapatkan : Pada siklus tindakan pertama secara
individual terjadi peningkatan interaksi sosial siswa berkisar antara 46,6% sampai
dengan 91,4% dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 71,8%
cukup. Pada tindakan siklus kedua secara individu mengalami peningkatan antara
13,6% sampai dengan 32,2% dan secara berkelompok mengalami peningkatan
sebesar 19,4%. Berdasarkan atas hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkan
kemampuan interaksi sosial siswa kelas XI IPS 2 SMA DHARMA PRAJA
Denpasar tahun 2024

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqip,Zaenaln. 2011. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : PT Grahindo

Agus Giri. 2011. Permainan Dalam Bimbingan Kelompok. Denpasar : IKIP PGRI BALI

As’adi Muhamad,(2009) Metode Permainan dalam pembelajaran (http://belajar psikologi.com ) Diakses Senin, 23 Juni 2013 jam 13,00 WIB

Conny R. Semiawan (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar Jakarta : PT Indekx

Depdiknas, 2006 . Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta Dirjen Dikmemum

Gazda,George M. (1998). Group Counseling A Developmental Approach Boston:Allyn and Baron.

Gerungan, W.A, 2010. Psikologi Sosial, Refika Aditama

Hurlock (1978) Perkembangan Anak jilid I Jakarta : Erlangga

Hurlock (1998) Psikologi Perkembangan :Erlangga

Nurkencana, 1996 . Evaluasi Hasil Belajar .Surabaya : Usaha Nasional

Prayitno, 2007, Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, Padang: Jurusan Bimbingan Dan Konseling FIP Universitas Negri Padang

Romlah, Tatik. 2001. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negri 1 Malang.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok si Sekolah. Bandung : Rizqi.

Rinjin Ketut. 1980. Petunjuk Penyusunan Karangan Ilmiah ( Mak

Published

2024-03-29

How to Cite

Juliawan, W. (2024). PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI IPS 2 SMA DHARMA PRAJA DENPASAR. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 3(1), 14-20. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/3930