PERAN LAYANAN BK AUD DALAM MENANGANI ANAK TANTRUM

DOI:

https://doi.org/10.59672/jbk.v1i1.2789

Keywords:

Layanan Bimbingan dan Konseling, Anak Usia Dini, Tantrum

Abstract

Masa usia dini merupakan masa yang paling brilian yang dilalui oleh manusia. Hal tersebut dikarenakan pada masa ini manusia dapat belajar segalanya dalam waktu yang relatif singkat. Tantrum sering terjadi pada anak usia 1-3 tahun dan biasanya disebabkan karena anak masih berada pada tahap awal perkembangan sosial, emosional, dan bahasa.  Karena anak belum bisa mengomunikasikan kebutuhan dan perasaannya, akibatnya mereka jadi frustrasi. Tantrum adalah salah satu cara anak kecil mengekspresikan dan mengelola perasaan, dan mencoba memahami atau mengubah apa yang terjadi di sekitar mereka. Anak yang lebih besar juga bisa mengalami tantrum. Ini bisa jadi karena mereka belum belajar cara yang aman untuk mengekspresikan atau mengelola perasaan. Mengekspresikan emosi dengan tindakan-tindakan yang berbahaya merupakan salah satu bentuk tantrum agar anak mendapatkan yang mereka inginkan atau butuhkan. Semakin besar anak maka semakin banyak pula tenaga yang ia lakukan untuk meluapkan emosinya. Maka dari itu sulit bagi orang dewasa untuk mengendalikan dan mencegah tingkahlakunya yang tidak terkendali. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui peran  layanan BK AUD dalam menangani anak tantrum di TK Plus Harapan Bunda tepatnya pada anak kelompok A. Peneliti meggunakan metode kualitatif dalam penelitiannya. Layanan BK AUD di TK Plus Harapan Bunda dilakukan melalui berbagai tahap-tahap layanan tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herawati, Nenden Ineu. 2012. "Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Cakrawala Dini Volume 3 No. 2.

Heyes, Elieen. 2003. Tantrum. Jakarta: Erlangga.

Jannah, Miftahul. 2015. "Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak- Kanak ." Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 1, No. 2 89-91.

Joko Tri Suharsono, Aris Fitriyani dan Arif Setyo Upoyo. 2009. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara." Jurnal Keperawatan Soedirman 4 No. 3 112-118.

Kamaluddin, H. 2011. "Bimbingan dan Konseling Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17, No. 4 447. Khoiroh, Indana. 2014.

Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Pendekatan Behaviour Dalam Menangani Tantrum Seorang Anak di TPQ Al-Istiqomah Wedoro Waru Sidoarjo. Surabaya: Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Listiawan, Nurul Khasanah dan Tomi. 2017. "Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Lingkaran." Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas STKIP PGRI Pacitan. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan. 291-299.

Rahmatullah, Rafid. 2017. Peranan Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Anak di Desa Cikatomas Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebah Provinsi Banten. Bandung: Universitas Pasundan.

Suryana, Dadang. 2018. "Teori dan Praktek Pembelajaran." International Journal of Physiology 6 No. 1.

Published

2022-03-31

How to Cite

PERAN LAYANAN BK AUD DALAM MENANGANI ANAK TANTRUM. (2022). Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 1(1), 62 - 68. https://doi.org/10.59672/jbk.v1i1.2789