ANALISIS KENAKALAN SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

DOI:

https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2568

Keywords:

kenakalan siswa, layanan bimbingan, analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Analisis Kenakalan Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling SMA TP 45 Tabanan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data apa adanya dari suatu gejala akan fenomena yang ada ketika penelitian dilakukan. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling dan siswa kelas X berjumlah 58 siswa, melalui teknik survey. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah dan guru bimbingan dan konseling serta observasi dilakukan dengan mengamati keadaan lingkungan sekolah dan keberadaan sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengelompokkan data, menganalisis data dan menginterprestasikan data yang akan disimpulkan menjadi hasil penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Analisis Kenakalan Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Layanan Bimbingan dan Konseling SMA TP 45 Tabanan dalam katagori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Hallen, Bimbingan dan Konseling, Ciputat Press, Jakarta, 2002.

Al-mighwar Muhammad, Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2006.

Arikunto Suharsimi, Manajemen Penelitian, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1998.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekayan Praktik, PT. Renika Cipta, Jakarta, 2006.

Bashori,Khoiruddin Problem Psikologis Kaum Santri (Resiko Insekuritas Kelekatan), FkBA, Yogyakarta, 2003.

Crow And Crow, Pengantar Ilmu Pendidikan, Rake Sarasin, Yogyakarta, 1994, edisi

III

Herboenangin,Boentjo Mengenal dan Memahami Masalah-masalah Remaja,PT Pustaka Antara, Jakarta, 1991.

Hidayati Wiji, Sri Purnami, Psikologi Perkembangan, TERAS, Yogyakarta, 2008.

Kartono Kartini, Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006.

Mu’awanah Elfi, Bimbingan Konseling, PT. Bina Ilmu, Jakarta, 2004.

Muhajir Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rake Sarasin, Yogyakarta, 1996.

Mulyono Y. Bambang, Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya, KANISIUS Yogyakarta, 1984.

Panuju Panut, Ida Umami, Psikologi Remaja, PT. Tiara Wacana Yogya, 1999.

Priyatno & .Ermananti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, PT Rineka Cipta Jakarta:, 1996.

Sarwono Sarlito Wirawan, Psikologi Remaja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002.

Soejanto Agoes, Psikologi perkembangan, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2005.

Soekanto Soerjono, Mengenal dan Memahami Masalah-masalah Remaja, PT Pustaka Antara, Jakarta, 1991.

Sudarsono, Kenakalan Remaja Prevensi, rehabilitasi, dan Resosialisasi,PT. Renika Cipta, Jakarta, 2007

Tanzeh Ahmad, Suyitno, Dasar-Dasar Penelitian, eLKAF, Surabaya, 2006.

Usman Moh. User, Menjadi Guru Profesional, PT. Rosdakarya, Bandung, 2008.

Published

2022-11-02

How to Cite

ANALISIS KENAKALAN SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING. (2022). Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 1(2), 115 - 123. https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2568