PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ SMK DWIJENDRA DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2551Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Sasaran perbaikan adalah siswa kelas XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2021/2022 yang memiliki motivasi belajar yang rendah yang berjumlah 6 orang siswa dengan kategori laki-laki sebanyak 4 orang dan 2 perempuan, selanjutnya keenam siswa ini diberikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Berdasarkan hasil data yang diperloh setelah pemberian bimbingn kelompok dengan teknik diskusi Persentase peningkatan motivasi belajar pada siklu I yaitu dari data awal dengan rentang skor 47 sampai dengan 58 dengan presentae rata – rata secara kelompok sebesar 52.5 berada pada kategori rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan 7,14% dengan skor peningkatan secara individu berkisar antara 59 sampai 64 dengan persentase sebesar 61.33% berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan terlihat siswa tidak begitu antusias dalam mengikuti diskusi serta arahan dari ketua kelompok, selain itu masih ada siswa yang tidak memperhatikan dengan serius perintah yang diberikan dikarenakan siswa atau anggota kelompok lain tidak mendengar dengan jelas apa yang sampaikan.
Pada siklu II skor peningkatan secara individu berkisar antara 75 sampai 82 dengan persentase peningkatan sebesar 27,75% dengan rata – rata pencapaian secara kelompok sebesar 78.33% berada pada kategori tinggi. Sehingga melihat hasil pada siklus II yang telah dilakukan dapat disimpulkan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2021/2022.
Downloads
References
Adhiputra,A.A. Ngurah.(2009). .Dasar-Dasar Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar dan Bimbingan di TK. Denpasar.Pelawa Sari
Arikunto Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Asrori Mohammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Dimyati, Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
https://www.neliti.com/id/publications/247944/penerapan-bimbingan-kelompok-dengan-teknik-diskusi-kelompok-untuk-meningkatkan-m diakses 1 Agustus 2022.
Nurkancana, Wayan. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Nasution. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.
Prayitno, (1995). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Badung: Remaja Rosda Karya.
Romlah Tatiek, (2006), Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok, Malang
Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali pers.
Sudiasa. (1997). Laporan Penilaian Peningkatan motivasi belaja. Singaraja: STKIP Singaraja.
Sukardi. (2008). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: Tarsita.
Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Intergrasi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Wardhani, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Terbuka
Widana Ngurah, I gst. (2008). Penggunaan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minati Belajar.(tugas akhir setudi). Tidak diterbitkan.
Zaenal Aqib. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Irama Widya