ALTERNATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAGEMENT STRES SISWA DI SMAN 1 KATAPANG
DOI:
https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2518Keywords:
Layanan bimbingan dan konseling, manajemen stresAbstract
Manajemen stres adalah mengelola atau mengendalikan stres yang bertujuan untuk mengenal penyebab stres dan mengetahui teknik untuk mengatasinya. Banyaknya remaja yang mengalami stres dan belum mengetahui cara mengelolanya menjadikan tantangan guru BK untuk mencari alternatif layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemampuan manajemen stres siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode literatur review pada lama google cendekia dan menemukan artikel empat artikel yang menjadi objek kajian. Terdapat empat layanan yang didapatkan yaitu layanan informasi, layanan penguasaan konten, problem focused coping dan juga bimbingan kelompok. Berdasarkan kajian dapat disimpulkan bawah layanan yang cocok untuk meningkatkan manajemen stres adalah dengan bimbingan kelompok teknik problem focused coping.
Downloads
References
Astutik, C. (2018). Efektifitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Stres Siswa. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1378.
Bakhtiar, M. I., & Asriani, A. (2015). Effectiveness Strategy Of Problem Focused Coping And Emotion Focused Coping In Improving Stres Management Student Of SMA Negeri 1 Barru. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 5(2), 69-82.
Darmayanti, N., & Daulay, N. (2020). Pengaruh Pelatihan Manajemen Stres terhadap Kebahagiaan Santri di Pesantren. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 6(2), 128-139.
Erlangga, E. (2017). Bimbingan kelompok meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149-156.
Idris, I., & Pandang, A. (2018). Efektivitas problem focused coping dalam mengatasi stres belajar siswa pada pelajaran matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 63-68.
Indra, C., Umari, T., & Saam, Z. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Manajemen Stres Siswa Kelas X Mia SMA Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Riau University).
Marisa, C., & Susiati, S. (2021). Manajemen Stres pada Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61-68.
Maribeth, C. dkk (2022). Hubungan Coping stres dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Semester 4 Fakultas Psikologi Universitas X. Jurnal Diseminasi Penelitian Spiritualitas dan kesejahteraan psikologis. 411-422
Nufuus, Z., & Karneli, Y. (2021). Analisis Tingkat Manajemen Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Implimetasi Layanan Bimbingan Konseling. Prophetic Guidance And Counseling Journal, 2(1), 19-25.
Nurihsan, A. J. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Refika Aditama
Putri, F. R., & Aviani, Y. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Tingkat Stres Pada Remaja Dimasa Pandemi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 493-497.
Ramdani, Z., Supriyatin, T., & Susanti, S. (2018). Perumusan dan pengujian instrumen alat ukur kesabaran sebagai bentuk coping strategy. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 97-106.
Saputra, S. D. (2016). Pengaruh religiusitas terhadap manajemen stres pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kasihan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(8).
Syafitri, A. (2018). Sumber Stres dan Perilaku Coping Individu Dewasa Muda dalam Hubungan Pacaran. Jurnal Sains Psikologi, 1(2).
Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan informasi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 126-131).