PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MEET SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMMBINGAN KLASIKAL DI SMA N 1 LEMAHABANG
DOI:
https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2417Keywords:
Guru BK, Bimbingan Klasikal, Google MeetAbstract
COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) berpengaruh secara signifikan di dunia pendidikan. Pelaksanaan layanan BK yang awalnya dilakukan dengan tatap muka kini harus dilakukan secara daring. Google classroom sebagai platform utama dalam pembelajaran daring kurang memberikan dampak terhadap minat siswa untuk mengikuti layanan BK. Penelitian ini menggunakan google meet dan bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti layanan BK dan efektivitas dalam proses layanan BK. Prosedur yang ditetapkan dalam penelitian tindakan bimbingan adalah dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian di laksanakan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lemahabang dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Peneliti merencanakan penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Siklus pertama dan kedua dilaksanakan sesuai dengan RPL yang telah disusun menggunakan media Google Meet. Dari hasil observasi telihat peningkatan hasil di siklus II yaitu dari 43% di siklus I menjadi 67 % pada siklus II. Hal ini menunjukkan ada peningkatan minat peserta didik pada tiap siklusnya.
Downloads
References
Daryanto, M. (2014). Administrasi Pendidikan. U 371.2 Dar a hal. 27
Iskandar. T, - (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Melalui Pendekatan Kontekstual : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Sekeloa I Kecamatan Coblong Kota Bandung Tahun Ajaran 2011/ 2012. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Kuntarto, G.P., I.P. Gunawan, F.L. Moechtar, Y. Ahmadin, B.I. Santoso, (2017). Dwipa Ontology Iii: Implementation Of Ontology Method Enrichment On Tourism Domain. International Journal On Smart Sensing And Intelligent Systems Vol. 10, No. 4
Mulyasa, E. (2011) Memahami dan Memaknai Pendidikan Karakter. Nusantara Education Review, 108
Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 1-16