EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN SOSIABILITAS SISWA DI SMA N 9 CIREBON

Authors

  • Lisa Lestari SMA Negeri 9 Cirebon
  • Putu Agus Semara Putra Giri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Made Sriani
  • Nur Kelana Lestari

DOI:

https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2416

Keywords:

Permainan Sosial, Sosiabilitas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode permainan sosial dalam meningkatkan sosiabilitas siswa SMA N 9 Cirebon. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan sosiabilitas siswa dengan menggunakan bimbingan klasikal metode permainan sosial. Metode yang digunakan melibatkan interaksi peserta didik dengan teman sebaya melakukan kegiatan permainan sosial yang melibatkan motorik. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian disimpulkan sosiabilitas siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 9 Cirebon dalam kategori kurang memiliki kemampuan sosiabilitas. Hal ini terbukti dari hasil penyebaran angket adalah sebesar 64,61%. Metode permainan sosial dapat membantu guru BK melihat perilaku sosial siswa dalam berbagai kondisi. Hal ini terbukti dari hasil rata – rata profil sosiabilitas setelah eksperimen sebesar 77.45 %, ini menunjukan bahwa profil sosiabilitas siswa setelah diberikan treatment berupa permainan berada dalam kategori tinggi. Hasil perhitungan menunjukan bahwa terdapat perubahan kemampuan sosiabilitas sebelum dan sesudah treatment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charles E. dan Reid, Steven E. (2001). Game Play : Therapeutic use of children game. Amerika : John Wiley & Sons. Inc.

Dockett, Susan. (2000). Play and Pedagogy in early Childhood: Beginning the Rules. Australia : Harcourt Australia Pty Limited.

F.J. Mönks, dan A.M.P. Knoers. (2004). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Huzinga, J. (1990). Homo Luden : Fungsi dan Hakikat Bermain dalam Budaya. Jakarta : LP3ES.

Ismail, Andang (2006). Education Games “Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif”. Yogyakarta : Pilar Media.

Maykes, S.T. (1997). Terapi Bermain (Sejarah dan Berbagai Pendekatan). Makalah.

Suherman. (2004). Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung : Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sya’ban, J. dan Taufik H. (2008). 100 Game Kreatif untuk Membangun dan Membentuk Tim yang Solid. Yogyakarta. Gradien Mediatama.

Yusuf, Syamsu. (2003). Psikologi Perkembangan anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Yuda, Kurniawan, SP. (2008). Smart Games for Kids. Jakarta : PT. Wahyu Media

.

Published

2022-11-02

How to Cite

Lestari, L., Semara Putra Giri, P. A., Sriani, N. M., & Lestari, N. K. (2022). EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN SOSIABILITAS SISWA DI SMA N 9 CIREBON. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 1(2), 62 - 71. https://doi.org/10.59672/jbk.v1i2.2416