Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains <p><strong>Journal title :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Initials :</strong> Emasains<br /><strong>Frequency</strong> <strong>: </strong>2 Issues every year (March and September) <br /><strong>DOI : </strong>10.59672<br /><strong>ISSN (online) : </strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534556700">e-ISSN 26228688</a><br /><strong>Editor in Chief : </strong>I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd<strong><br />Publisher :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Indexing :</strong> Google Scholar, Sinta 4<br /><br /></p> <p><strong>Emasains :</strong> Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the Mathematics Education and Biology Education Department, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia with e - ISSN : 26228688. This journal is published three times a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of statistics, , science, mathematics and environmental education issues.</p> en-US <p><em>Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, <strong>akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.</strong></em></p> jayantika@mahadewa.ac.id (I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd) rinipurwati@mahadewa.ac.id (Ni Kadek Rini Purwati) Tue, 30 Sep 2025 02:19:18 +0000 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA di SMP https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5353 <p><strong>Pengaruh Model Pembelajaran <em>Problem Based Learning</em>&nbsp; (PBL) </strong></p> <p><strong>Terhadap Kemampuan&nbsp; Pemahaman Konsep IPA di SMP </strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta mengetahui efektivitas model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 6 Lahewa. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain <em>One Group Pretest-Posttest</em>. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VII-A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 14 dengan uji normalitas, uji N-Gain, dan uji-t <em>(paired sample t-test).</em> Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain sebesar 72%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif, serta nilai signifikansi <em>(Sig. 2-tailed)</em> sebesar 0,000 &lt; 0,05. Temuan ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan model PBL. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> berpengaruh secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri 6 Lahewa.</p> Ibefati Zai, Novelina Andriani Zega, Hardikupatu Gulo, Agnes Renostini Harefa Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5353 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Penerapan Problem-Based Learning Berbasis Kontekstual dalam Upaya Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5339 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK melalui penerapan model <em>Problem-Based Learning (PBL)</em> berbasis kontekstual. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika, yang disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang menarik dan tidak relevan dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Denpasar dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis kontekstual berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 36,11% siswa yang memiliki motivasi tinggi. Setelah siklus I, persentase meningkat menjadi 58,33%, dan pada siklus II mencapai 83,33%. Rata-rata skor motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 55,94% pada pra-siklus menjadi 71,25% di siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang kontekstual dan berbasis pemecahan masalah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran matematika.</p> arya wulandari i gusti ayu putu arya, Nyoman Redy Kusuma Arta Trisna Jayantika Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5339 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas Viii D Smp Dwijendra Tahun 2024/2025 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5338 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita statistika berdasarkan gaya belajar mereka di kelas VIII D SMP Dwijendra tahun ajaran 2024/2025. Masalah yang mendasari penelitian ini dimana rendahnya kemampuan literasi matematika siswa serta kurangnya diagnostik terkait gaya belajar di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket gaya belajar, tes literasi matematika berbasis soal cerita statistika, serta wawancara. Instrumen penelitian meliputi lembar angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan literasi matematika pada kategori cukup, ditunjukkan dengan keberhasilan dalam dua fase literasi matematika, yaitu menggunakan matematika dan menafsirkan hasil. Siswa dengan gaya belajar auditori berada pada kategori kurang karena hanya mampu menggunakan matematika tanpa dapat menafsirkan hasilnya dengan baik. Sementara itu, siswa dengan gaya belajar kinestetik masuk dalam kategori cukup, dengan kemampuan dalam merumuskan masalah dan menggunakan konsep matematika. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru menerapan pembelajaran berdiferensiasi sesuai gaya belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka.</p> arya wulandari i gusti ayu putu arya, Putu Ayu Krisnayani, Putu Ledyari Noviyanti Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5338 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Handout Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Alasa Talumuzoi https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5333 <p>Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sering dianggap sulit dan menimbulkan kecemasan bagi peserta didik, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dalam memahami konsep-konsep sains. Kondisi ini diperkuat oleh dominasi metode pembelajaran yang berpusat pada guru serta keterbatasan ketersediaan bahan ajar inovatif yang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pengembangan dan pemanfaatan handout sebagai bahan ajar kontekstual yang mendukung penguatan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk membuktikan penggunaan <em>handout</em> berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunanan <em>handout</em> dengan siswa yang tidak menggunakan <em>handout</em> dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain <em>nonequivalent posttest-only control group design</em>. Seluruh siswa kelas VIII dijadikan sampel penelitian melalui teknik <em>total sampling</em>. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan handout, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran tanpa handout. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai <em>post-test</em> kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan selisih 26,05 poin. Hasil uji <em>Independent Sample t-Test</em> menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p &lt; 0,05) dan t hitung sebesar 11,712, lebih besar dari t tabel 2,02269. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan handout memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.</p> Yuraman Hulu, Toroziduhu Waruwu, Agnes Renostini Harefa, Hardikupatu Gulo Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5333 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5299 <p><strong>Pengaruh Model <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Hasil Belajar </strong></p> <p><strong>Peserta Didik SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido </strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model <em>Problem Based Learning </em>(PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pre-Experimental Design, tepatnya dengan desain <em>One-Group Pretest-Posttest</em>. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Data diperoleh melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik <em>paired sample t-test</em> dengan bantuan aplikasi <em>SPSS versi 25</em>. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 <em>(Sig. 2-tailed &lt; 0,05</em>), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, Ha diterima Ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa model <em>Problem Based Learning</em> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif pendekatan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA.</p> Seprianus Halawa, Toroziduhu Waruwu, Hardikupatu Gulo, Yaredi Waruwu Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5299 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda pada Analisis Financial Distress https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5278 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, <em>leverage</em>, dan ukuran perusahaan terhadap <em>financial distress</em> pada perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017–2020. <em>Financial distress</em> diukur menggunakan metode Altman Z-Score yang telah dimodifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiasi kausal. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode <em>purposive sampling</em>, menghasilkan 29 perusahaan jasa dengan total observasi sebanyak 116 data laporan keuangan. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi likuiditas, yang diukur menggunakan CR; profitabilitas, diukur menggunakan ROA; <em>leverage</em>, diukur dengan DER; serta ukuran perusahaan yang diproksikan menggunakan logaritma natural total aset. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian asumsi klasik dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap <em>financial distress</em>, yang mengindikasikan bahwa peningkatan aset lancar tidak selalu mampu mencegah kesulitan keuangan, terutama jika aset tersebut tidak likuid. Profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan, menunjukkan bahwa perusahaan dengan tingkat laba yang lebih tinggi cenderung memiliki risiko <em>financial distress</em> yang lebih rendah. Ukuran perusahaan juga memiliki pengaruh negatif signifikan, mengindikasikan bahwa perusahaan yang lebih besar cenderung lebih stabil secara finansial dan mampu menghindari <em>financial distress</em>. Sementara itu, <em>leverage</em> memiliki pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap <em>financial distress</em>. Secara simultan, likuiditas, profitabilitas, <em>leverage</em>, dan ukuran perusahaan terbukti memengaruhi <em>financial distress</em> secara signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi manajemen perusahaan dalam mengelola aspek keuangan untuk mencegah <em>financial distress</em>. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi dasar bagi investor dan kreditur dalam menilai risiko perusahaan sebelum mengambil keputusan investasi atau pembiayaan.</p> Ni Putu Ayu Mirah Mariati, Luh Anggie Deasy Praptayani Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5278 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5141 <p>Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pembelajaran intrakurikuler yang memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk mendalami konsep secara lebih optimal dan memperkuat kompetensi esensial. Minat belajar merupakan faktor utama yang berperan besar dalam pencapaian hasil belajar dan pengembangan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 57 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angke. Hasil analisis pada uji hipotesis pada analisis regresi linear sederhana pada koefisien regresi X (b) sebesar 0,795 menunjukkan bahwa variabel kurikulum merdeka mempunyai pengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Diketahui pada uji hipotesi (uji t) diketahui bahwa nilai thitung pada variabel kurikulum merdeka sebesar 6.312 sedangkan ttabel sebesar 2.004 atau (6.312 &gt; 2.004) dengan signifikasinya 0.000 dengan batas sig. (0.000 &lt; 0.05). Didukung juga pada (uji F) dengan perhitungan statistik ditemukan bahwa nilai Fhitung = taraf F probability 0.05 maka nilai pada Ftabel adalah 4.01, dari hasil yang didapatkan nilai Fhitung &gt; Ftabel (Fhitung 39.846 &gt; Ftabel 4.01) dengan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0.05. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan kurikulum Merdeka dengan minat belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang siginifikan implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai.</p> Siska Tri Sintia Dohona, Novelina Andriani Zega, Desman Telaumbanua, Hardikupatu Gulo Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5141 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5139 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Model inkuiri terbimbing dipilih karena mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui pemberian petunjuk yang sistematis dalam menemukan konsep secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK pada mata pelajaran Biologi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. Video pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem untuk kelas X-APAT 1 SMK Negeri 1 Gido dinyatakan sangat layak. Validasi oleh ahli materi I mencapai 98,2%, ahli materi II 93,9%, ahli bahasa 97%, dan ahli desain 78%. Video pembelajaran menunjukkan kepraktisan sangat tinggi berdasarkan uji coba perorangan (83%), kelompok kecil (87%), dan uji lapangan (86%). Produk terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan oleh rata-rata nilai peserta didik sebesar 88,5 dengan KKM 75, sehingga memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK untuk mendukung proses pembelajaran yang aktif dan bermakna.</p> Margaret Mesra Wati Gulo, Novelina Andriani Zega, Hardikupatu Gulo, Yaredi Waruwu Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5139 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Mengwi https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5137 <p>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Mengwi pada semester 2024/2025. Sekolah tersebut memiliki 11 kelas, dan dua kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik <em>multistage sampling</em> dan <em>simple random sampling</em>. Satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) berbantuan LKPD, sedangkan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional dengan bantuan LKS. Desain penelitian yang digunakan yaitu <em>Non-Equivalen Post Test Only Control Group Design</em>. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua adalah <em>t-test</em> dan analisis untuk hipotesis tiga adalah uji <em>MANOVA</em>. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,48 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 65,23. Pada hasil belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 12,03 dan kelas kontrol dengan nilai 9,48. Dengan adanya perbedaan nilai minat dan hasil belajar antara model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dan model konvensional, dapat disimpulkan jika model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Mengwi.</p> Ni Putu Shevita Prawani, I Made Surat, Ni Wayan Sunita Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5137 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000 Hubungan Kewirausahaan Dan Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5097 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tingginya angka pengangguran di Indonesia menunjukkan pentingnya pendidikan yang menumbuhkan karakter kewirausahaan sejak dini. Matematika sebagai mata pelajaran penting memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dengan nilai-nilai kewirausahaan melalui pendekatan kontekstual dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kewirausahaan dan pembelajaran matematika. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan menganalisis 15 artikel yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2024, yang diperoleh dari berbagai basis data seperti </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ, Scopus,</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dan </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Web of Science</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Artikel-artikel yang dipilih dianalisis secara kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kewirausahaan diintegrasikan ke dalam pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan dapat ditanamkan melalui topik-topik kontekstual seperti aritmatika sosial dan geometri, serta melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Selain itu, strategi pembelajaran berbasis tantangan mendukung pengembangan disposisi matematika dan karakter kewirausahaan siswa. Namun, implementasinya masih menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, dan kesiapan instruksional yang tidak merata. Oleh karena itu, dukungan sistematis diperlukan untuk mengoptimalkan integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran matematika.</span></span></p> santika yani, I Putu Pasek Suryawan Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5097 Mon, 29 Sep 2025 00:00:00 +0000