Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains <p><strong>Journal title :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Initials :</strong> Emasains<br /><strong>Frequency</strong> <strong>: </strong>2 Issues every year (March and September) <br /><strong>DOI : </strong>10.59672<br /><strong>ISSN (online) : </strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534556700">e-ISSN 26228688</a><br /><strong>Editor in Chief : </strong>I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd<strong><br />Publisher :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Indexing :</strong> Google Scholar, Sinta 4<br /><br /></p> <p><strong>Emasains :</strong> Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the Mathematics Education and Biology Education Department, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia with e - ISSN : 26228688. This journal is published three times a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of statistics, , science, mathematics and environmental education issues.</p> en-US <p><em>Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, <strong>akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.</strong></em></p> jayantika@mahadewa.ac.id (I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd) rinipurwati@mahadewa.ac.id (Ni Kadek Rini Purwati) Mon, 24 Mar 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Rantai Markov Waktu Diskrit Dalam Memprediksi Produksi Karet di Pulau Sumatera https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5106 <p>Produksi karet di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera, mengalami tren penurunan dalam beberapa tahun terakhir, yang dapat berdampak pada perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi produksi karet di Pulau Sumatera menggunakan metode Rantai Markov Waktu Diskrit. Data yang digunakan merupakan data sekunder produksi karet dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk periode 2014-2023. Metode Rantai Markov diterapkan dengan membangun matriks probabilitas transisi berdasarkan data historis produksi karet di setiap provinsi di Pulau Sumatera. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ini dapat memberikan estimasi produksi karet dalam beberapa tahun ke depan hingga mencapai kondisi steady state. Prediksi yang dihasilkan dapat menjadi dasar bagi pemerintah dan industri untuk merancang kebijakan yang mendukung stabilitas produksi karet serta mengantisipasi dampak fluktuasi produksi terhadap sektor ekonomi.</p> DANIEL ARDA HAMONANGAN SIANTURI, ELMANANI SIMAMORA Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5106 Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Saham Sektor Perbankan dengan Metode TOPSIS https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5105 <p>Investasi di pasar modal menawarkan peluang keuntungan yang besar . Investasi di pasar modal khususnya pada sektor perbankan, memerlukan analisis mendalam untuk menentukan saham yang paling menguntungkan. Namun investasi juga memiliki risiko tinggi, terutama bagi investor yang kurang memahami analisis keuangan.Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang dapat mendukung pengambilan keputusan secara objektif dan sistematis.Sistem penunjang keputusan dikembangkan untuk pemilihan saham perbankan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil menunjukkan bahwa saham dengan peringkat tertinggi berdasarkan metode TOPSIS adalah saham ARTO (Bank Jago) dengan nilai preferensi 0,562, diikuti oleh BRIS (Bank Syariah Indonesia) dan BBCA (Bank Central Asia). Hasil analisis mengindikasikan bahwa metode TOPSIS dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan investasi saham dengan mempertimbangkan berbagai kriteria finansial. Dengan adanya sistem ini, diharapkan investor dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan strategis dalam berinvestasi di pasar modal.</p> JULIUS MANURUNG, NERLI KHAIRANI Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5105 Model Spatial Autoregressive (SAR) untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kasus Pneumonia pada Balita di Sumatera Utara https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5104 <p>Pneumonia pada balita adalah peradangan pada paru-paru anak usia 0-5 tahun, di mana cairan mengisi alveoli paru-paru, menyebabkan hipoksia, dan dapat berujung pada kematian balita. Menurut laporan World Health Organization, sekitar 14% dari total kematian anak di seluruh dunia pada tahun 2019 disebabkan oleh pneumonia, dengan jumlah mencapai 740.180 anak. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kasus pneumonia, baik dari segi internal maupun eksternal. Untuk mengurangi tejadinya kasus pneumonia di Sumatera Utara, dapat dilakukan upaya dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi jumlah kasus pneumonia menggunakan <em>Spatial Autoregessive</em> Model. <em>Spatial Autoregressive</em> Model adalah model yang mengadopsi proses autoregressive, yang mengindikasikan adanya hubungan ketergantungan di antara sekelompok observasi atau lokasi. Penelitian ini menggunakan variabel kasus pneumonia sebagai variabel terikat (dependen), dan 6 variabel bebas (independen), yakni Kebiasaan Merokok Keluarga, pemberian ASI, gizi buruk, jumlah tenaga kesehatan, kepadatan hunian rumah dan kepadatan penduduk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model <em>Spatial Autoregressive</em> (SAR) dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran kasus pneumonia pada balita di Provinsi Sumatera Utara tahun 2020. Berdasarkan analisis penelitian didapat bentuk model yaitu , dengan faktor yang mempengaruhi seperti pemberian ASI eksklusif, gizi buruk dan jumlah tenaga kesehatan terhadap kasus pneumonia di Sumatera Utara. Kemudian didapat koefisien determinasi sebesar .</p> ANGGUN ELNI NOVIA, SUSIANA Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5104 Penentuan Menu Makanan untuk Penderita Penyakit Kolesterol Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (Moora). Studi Kasus : RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5103 <p>Penderita kolesterol tinggi memerlukan penentuan makanan yang tepat guna mengendalikan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah komplikasi kesehatan yang lebih lanjut. Dalam proses penentuan makanan yang sesuai, diperlukan pendekatan sistematis yang mempertimbangkan berbagai kriteria nutrisi secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode MOORA (Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis) dalam menentukan makanan yang optimal bagi penderita kolesterol. Metode MOORA digunakan karena kemampuannya dalam menangani berbagai kriteria penilaian secara objektif dan sistematis. Data yang dianalisis adalah menu makanan di RSUD Dr. Pirngadi selama sebelas hari, yang meliputi kelas I, II, III, dan VIP. Penilaian dilakukan berdasarkan lima kriteria gizi: lemak jenuh dan kolesterol (sebagai cost), serta lemak tak jenuh, serat, dan protein (sebagai benefit). Proses perhitungan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak MATLAB. Hasil penelitian diperoleh beberapa makanan yang optimal berdasarkan standar gizi penderita kolesterol yaitu jenis makanan untuk makan pagi kelas I dan VIP yaitu bubur kacang hijau, Jus jambu merah, agar-agar jagung, kue donat. Jenis makanan untuk makan pagi kelas II dan III yaitu bubur kacang hijau, agar-agar jagung, roti isi kacang. Kemudian jenis makanan untuk makan siang kelas I dan VIP yaitu sayur asem, pecal, tempe goreng, soto ayam tauge sohun, ikan nila rebus. Jenis makanan untuk makan siang kelas II dan III yaitu sayur asem, pecal, tempe goreng, gado-gado, gulai tahu. Jenis makanan untuk makan malam semua kelas yaitu&nbsp; tumis kacang panjang, tumis tempe dan steik tempe. Sementara itu, beberapa makanan yang sering disajikan seperti ayam goreng telur rebus dan opor ayam memiliki nilai preferensi rendah atau kurang optimal karena kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi rumah sakit dan masyarakat dalam menyusun makanan yang lebih sesuai bagi penderita kolesterol tinggi.</p> DESI PRIYANTI SITUMORANG, HANNA DEWI M. HUTABARAT Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5103 A Desain Instruksional https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5102 <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain instruksional pada materi trigonometri berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah tiga tahap awal model ADDIE, yaitu Analysis, Design, dan Development. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas X-2 SMAIT Thariq Bin Ziyad Bekasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran trigonometri masih bersifat prosedural dan belum optimal dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tahap desain menghasilkan Modul Ajar dengan sintaks PBL, LKPD kontekstual, serta instrumen penilaian berpikir kritis. Pada tahap pengembangan, produk divalidasi oleh ahli dengan hasil validitas sangat tinggi untuk semua komponen. Modul ajar (0,96), LKPD (0,90), soal kemampuan berpikir kritis (0,96), serta kepraktisan produk (0,815). Implementasi terbatas menunjukkan bahwa desain instruksional ini praktis dan potensial untuk diterapkan dalam pembelajaran. Setiap tahapan sintaks PBL dirancang untuk merangsang keterampilan berpikir kritis, mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi proses penyelesaian masalah. Hasil ini menunjukkan bahwa desain instruksional berbasis PBL efektif digunakan dalam pembelajaran trigonometri untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.</p> Heni Nurhasanah Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5102 Hubungan Kewirausahaan Dan Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5097 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tingginya angka pengangguran di Indonesia menunjukkan pentingnya pendidikan yang menumbuhkan karakter kewirausahaan sejak dini. Matematika sebagai mata pelajaran penting memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dengan nilai-nilai kewirausahaan melalui pendekatan kontekstual dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kewirausahaan dan pembelajaran matematika. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan menganalisis 15 artikel yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2024, yang diperoleh dari berbagai basis data seperti </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ, Scopus,</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dan </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Web of Science</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Artikel-artikel yang dipilih dianalisis secara kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kewirausahaan diintegrasikan ke dalam pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan dapat ditanamkan melalui topik-topik kontekstual seperti aritmatika sosial dan geometri, serta melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Selain itu, strategi pembelajaran berbasis tantangan mendukung pengembangan disposisi matematika dan karakter kewirausahaan siswa. Namun, implementasinya masih menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, dan kesiapan instruksional yang tidak merata. Oleh karena itu, dukungan sistematis diperlukan untuk mengoptimalkan integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran matematika.</span></span></p> santika yani, I Putu Pasek Suryawan Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5097 Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 2 Model Helvetia Medan https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5021 <h1>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model regresi berganda antara Self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik serta melihat seberapa besar kontribusi secara simultan antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data memakai angket self-efficacy dan angket motivasi belajar serta rekapitulasi nilai ujian matematika semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan model regresi berganda &nbsp; dengan perolehan koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) senilai 0,513 atau 51,3%. Artinya besar pengaruh variabel self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika anak didik secara simultan senilai 51,3%.</h1> <p>&nbsp;</p> WAHYUNI FITRI SUPUTRI, ZUL AMRY Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5021 Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep MAtematika Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan PowerPoint SMP YPAK PTPN III SEI KARANG https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5020 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistic berbantuan <em>powerpoint </em>dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMP YPAK PTPN III Sei Karang pada materi aljabar. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilangsungkan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-C SMP YPAK PTPN III Sei Karang yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini ialah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistic berbantuan powerpoint pada materi aljabar di SMP YPAK PTPN III Sei Karang Tahun ajaran 2024/2025. Berlandaskan hasil analisis data diperoleh rata-rata tes awal sebesar 48,25 dengan jumlah siswa yang menggapai ketuntasan sebanyak 2 (5,71%) siswa dan yang belum menggapai ketuntasan sebanyak 34 (94,29%) siswa. Maka dilangsungkan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic berbantuan <em>powerpoint</em> <em>&nbsp;</em>pada siklus I dan rata-rata nilai tes kemampuan pemahaman konsep meningkat menjadi 68,65 dengan jumlah siswa yang menggapai ketuntasan sebanyak 18 (51,42%) siswa. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata nilai tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 83,65 dengan jumlah siswa yang menggapai ketuntasan sebanyak 31 (88,57%) siswa. Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan pemahaman konsep yang diberikan pada siklus II menggapai kategori baik, oleh karena itu dapat dikatakan pembelajaran telah tergapai. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa yang telah tuntas untuk memecahkan masalah. Sehingga dapat dirangkumkan bahwa dengan memakai pendekatan matematika realistic berbantuan <em>powerpoint</em> dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.</p> ARSYAD TRI SUNUR, EDY SURYA Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5020 Penerapan Metode Bootstrap Aggregating K-Nearest Neighbor dengan Analisis Credit Scoring Berdasarkan Status Pembayaran Kredit Motor https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5019 <h1>Klasifikasi merupakan menggolongkan atau mengelompokan berdasarkan data yang ada serta dapat memprediksi data baru masuk ke dalam kelompok yang mana. Penelitian ini menerapkan gabungan algoritma klasifikasi dengan <em>Bootstrap Aggregating K-Nearest Neighbor</em> pada analisis <em>credit scoring</em>. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui klasifikasi hasil prediksi status pembayaran kredit motor dan agar dapat mengetahui tingkat akurasi terbaiknya. Data diambil dari data debitur PT. Mega Central Finance (MCF) pada Januari 2024 – Juni 2024 dengan klasifikasi status pembayaran kredit lancar dan tidak lancar terhadap 11 variabel bebas, yaitu usia, jumlah tanggungan, lama tinggal, masa kerja, pendapatan, pengeluaran, <em>On The Road</em> (OTR) motor, uang muka, besar pembayaran pinjaman, angsuran per bulan, dan jangka pembayaran. Hasil penelitian ini diperoleh 12 data <em>testing</em> dengan 11 debitur diklasifikasikan dengan benar dan 1 debitur diklasifikasikan dengan tidak benar, sehingga akurasi yang diperoleh dengan proporsi 90:10, K=7, <em>m</em>=80%, dan <em>C</em>=50 adalah sebesar 91,67%. Dengan implementasi metode <em>Bootstrap Aggregating </em>pada model klasifikasi <em>K-Nearest Neighbor</em> dengan hasil <em>Bagging K-NN</em> tidak meningkatkan ketepatan akurasi klasifikasi <em>K-NN</em> yang tetap sehingga tidak stabil.</h1> <p>&nbsp;</p> RATNA ARDITA SARI, Elmanani Simamora Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5019 Pengenalan Media Pembelajaran Video Animaker Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pengenalan Sel https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4958 <h1>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT dalam bentuk video animasi menggunakan platform animaker. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall. Pada penelitian dan pengembangan yang dilakukan mencakup tahap pengumpulan data,tahap perencanaan, tahap pengembangan produk,tahap validasi produk dan tahap revisi hasil produk. Hasil Temuan uji validasi ahli materi mempunyai skor rata-rata 88,68% kriteria kelayakan termasuk kedalam kriteria ”sangat layak”.Temuan ini mendukung pernyataan bahwa materi pembelajaran vidio animaker ”sangat layak” untuk di terapkan.</h1> aliyyarl Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4958