https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/issue/feed Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 2024-02-29T23:33:21+00:00 I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd jayantika@mahadewa.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Journal title :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Initials :</strong> Emasains<br /><strong>Frequency</strong> <strong>: </strong>2 Issues every year (March &amp; September) <br /><strong>DOI : </strong>10.59672<br /><strong>ISSN (online) : </strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534556700">e-ISSN 26228688</a><br /><strong>Editor in Chief : </strong>I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd<strong><br />Publisher :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Indexing :</strong> Google Scholar, Sinta 5<br /><br /></p> <p><strong>Emasains :</strong> Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the Mathematics Education and Biology Education Department, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia with e - ISSN : 26228688. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of statistics, , science, mathematics and environmental education issues.</p> https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3607 Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda pada Kualitas Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah Kabupaten Gianyar 2024-02-29T23:33:21+00:00 Ni Putu Ayu Mirah Mariati ayumirahmariati@unmas.ac.id Ni Putu Lion Budanti lionbudanti09@gmail.com <h1><strong>Analisis statistika yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, kompetensi, integritas dan lingkungan pengendalian terhadap kualitas audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Gianyar. Populasi penelitian ini adalah seluruh APIP yang ditugaskan pada melaksanakan pengawasan pengambilan, pemeriksaan dan pemantauan di Inspektorat Kabupaten Gianyar. Teknik sampel yang digunakan adalah <em>non-probability sampling</em> yaitu pengambilan sampel jenuh atau sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan lingkungan pengendalian tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, kompetensi dan integritas berpengaruh terhadap kualitas audit.</strong></h1> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3606 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA 2024-02-29T09:51:32+00:00 Ni Puspitasari nkmpuspitasari@gmail.com I Gusti Ngurah Agung Trisna Jayantika jayantika@mahadewa.ac.id Ni Made Ari Septiani cenglong17@gmail.com <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA1 di SMAN 3 Denpasar pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes dan analisis hasil dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Peningkatan yang pertama terjadi pada Siklus I yakni persentasi siswa yang tuntas sebanyak 38,89% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,78%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada Siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan klasikal yang mencapai target yang ditetapkan. Penerapan Model STAD membuktikan efektivitasnya dalam merangsang kolaborasi antar siswa, memperdalam pemahaman konsep matematika, dan menciptakan atmosfer belajar yang aktif dan positif. Implikasi penelitan ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut mengenai potensi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3603 OPTIMALISASI KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR BIOGUSUAN TERHADAP RESPON PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.) 2024-02-24T10:56:18+00:00 I Made Subrata madesubrata@mahadewa.ac.id <p><em>Liquid organic fertilizer is a complete fertilizer because it contains macro and micro elements. The purpose of this study was to determine whether there was an influence or concentration of Bio GuSuan liquid organic fertilizer on the vegetative growth response of mustard greens (Brassica juncea L.). This research is an experimental research. The independent variables is the concentration of liquid organic fertilizer, namely the concentration of 1%; 2%;3%;4%; 5%, and control (0%). Data analysis used statistical analysis with one way analysis of variance (ANOVA)&nbsp; test with a significance level of 5%. Based on the results of data analysis, it can be concluded: (1) There is an effect of Bio GuSuan liquid organic fertilizer&nbsp; on the vegetative growth of mustard greens (Brassica juncea L), (2) Bio GuSuan liquid organic fertilizer with a concentration of 5% in treatment (T5) is the most optimal concentration for the vegetative growth of mustard greens (Brassica juncea L). Leaf area is 5.2 and the number of leaves is 3,800. Based on the F table value with a significance level of 5%, (the sum of inter =3 and the sum of inner =20), the H<sub>0</sub> rejection limit is 3.10.</em></p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3602 PENGUJIAN MUTU FISIK FORMULASI SEDIAAN SABUN PADAT BERBAHAN SUSU KEDELAI 2024-02-22T03:46:34+00:00 Ni Made Sukma Sanjiwani Sanjiwani sukmasanjiwani93@gmail.com <p>Soap is a product formed through the reaction between fatty acids and strong bases, which has a function as a dirt cleaner. Soap containing Sodium Lauryl Sulfate (SLS) can cause irritation for users with sensitive skin types. The use of natural ingredients is highly considered to minimize the side effects of using synthetics. Soy milk is one of the natural ingredients that can be utilized because it contains antioxidant compounds that are beneficial to ward off free radicals on the skin. Soy milk also contains saponin compounds, a natural ingredient used as a soap foaming agent that is more environmentally friendly than chemicals. This study aims to evaluate the physical quality of soy milk solid soap dosage formulations. In this study, four soap formulas were made with variations in soy milk concentrations of 11, 15 and 19%. The physical quality test parameters included organoleptic test, homogeneity test, pH test, and foam height test. The research data was analyzed with SPSS version 25 with the Kruskal-Wallis test with a confidence level of 95%. Based on the results of the study, soy milk solid soap was obtained with good physical quality including organoleptic, homogeneity and foam height.&nbsp; However, the pH value of soy milk solid soap does not comply with the provisions imposed for soap products.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3595 Peningkatan Kemampuan Membuat Perangkat Pembelajaran Inovatif Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III, Dengan Penguatan Mata Kuliah Pendalaman Materi, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IKIP Saraswati Tahun Akademik 2023/2024 2024-02-09T15:12:34+00:00 Ni Wayan Dian Permana Dewi dianpermanadewi.0802039001@ikip-saraswati.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran inovatif dengan penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplorasi. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III IKIP &nbsp;Saraswati Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 9 orang. Data penelitian berupa kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran diperoleh dengan instrumen penilaian yang berupa lembar observasi. Tehnik analisis data dengan analisa kualitatif. Dari pembelajaran penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh hasil terjadi peningkatan nilai rata-rata untuk kemampuan penyusunan Perangkat Pembelajaran 75, 42 menjadi 85.64 sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,22 atau sebesar 13,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran inovatif</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3592 Studi Pemanfaatan Bambu Berdasarkan Filososofi Tri Hita Karana Pada Era Millenial 2024-02-05T10:04:58+00:00 kadek yuniari suryatini yuniari_suryatini@yahoo.com <p>Tujuan penelitian, untuk mengetahui kecendrungan perilaku masyarakat Bali pada era millennial tentang pemahaman dan perilakunya dalam memanfaatkan bambu untuk kehidupan berdasarkan filosofi Tri Hita Karana. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, perolehan data dengan teknik survei, terhadap sampel purposive di seluruh Bali. Data penelitian dianalisis dengan statistic deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bidang <em>palemahan</em> tradisi pemanfaatan material bambu masih sangat kuat yaitu sebanyak 24.17% sangat sering; sering sebanyak 48,9%, dan jarang sebanyak 21,1%. Jadi sebanyak 94,1% masyarakat masih menggunakan bambu. Bidang pawongan, khususnya untuk pengobatan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa material bambu dapat digunakan sebagai obat dari jawaban responden sebanyak 37,41% menyatakan tidak tahu, atau jarang digunakan. Sedangkan pada bidang <em>parahyangan</em> penggunaan bambu masih sangat banyak yaitu sebesar 100%, artinya tradisi penggunaan bambu masih sangat kuat di kalangan masyarakat Bali.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3449 Strategi Peningkatan Minat Belajar Matematika Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Bahan Ajar Bangun Ruang Berbasis Permainan Edukatif 2024-01-03T13:59:14+00:00 Yola Adela Sindy yolaoppo04@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan permainan edukatif berbasis bangun ruang terhadap minat belajar matematika pada anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Al-Fattah, sebuah lembaga pendidikan di Jln. Citarum V dusun II, Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan fokus pada pemahaman dan partisipasi anak-anak dalam kegiatan mencocokkan bangun ruang, serta dampaknya terhadap minat belajar matematika. Subjek penelitian melibatkan seluruh populasi murid di RA Al-Fattah, dengan partisipasi aktif Kepala Sekolah, Rosmawati S.Pdi, dan dua orang guru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan fokus pada tingkat pemahaman konsep matematika dan minat belajar anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif berbasis bangun ruang efektif meningkatkan minat belajar matematika pada anak usia dini di RA Al-Fattah. Proses pembelajaran yang interaktif menciptakan lingkungan positif yang merangsang partisipasi dan antusiasme anak-anak terhadap materi matematika. Meskipun beberapa anak mengalami kesulitan pada awalnya, bimbingan dan dukungan guru membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3439 PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA 2023-12-29T07:21:08+00:00 Ayu Sentia Devi Ni Made sentiadevi.bali@gmail.com <p>This study aims to improve the mathematics learning outcomes of tenth-grade students at SMA Negeri 6 Denpasar through the implementation of the Team Assisted Individualization (TAI) model in trigonometry. The research methodology utilized is classroom action research, involving collaboration between teachers and students. The steps of Team Assisted Individualization (TAI) are integrated into the teaching process, where students work in small teams to assist each other in understanding trigonometric concepts. Classroom action research is conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Student learning outcomes data are obtained through formative tests and observations during the learning process. The research results are expected to provide insights into the effectiveness of the Team Assisted Individualization (TAI) model in enhancing the understanding and academic achievement of tenth-grade students at SMA Negeri 6 Denpasar in trigonometry. The implications of this research are anticipated to contribute positively to the development of innovative and student-oriented mathematics teaching methods.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3437 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 14 Denpasar 2023-12-29T02:40:08+00:00 Ni Made Novi Ayu Asrini Asrini noviayuasrini99@gmail.com I Dewa Putu Juwana juwanagtk21@gmail.com I Made Sudiarta sudiartamade9@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi teorema Pythagoras melalui penerapan model pembelajaran <em>Make A Match</em>. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah 42 orang siswa kelas VIII-F SMPN 14 Denpasar, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui klasifikasi aktivitas belajar pada tiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah diperolehnya persentase hasil analisis data aktivitas belajar siswa dalam kategori minimal baik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I yaitu 58,8% yang berada pada kategori cukup baik menjadi 76,2% pada siklus II yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>Make A Match</em> dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-F SMPN 14 Denpasar.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3432 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar 2023-12-28T11:27:26+00:00 Muhammad Rafli Aditya Rahman Rafli rafliaditya280@gmail.com I Dewa Putu Juwana juwanagtk21@gmail.com I Made Sudiarta sudiartamade9@gmail.com <p>Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar. Melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT <em>(Teams Games Tournament)</em> pada Pembelajaran Matematika. Tempat pelaksanaan penelitian di SMPN 14 Denpasar dengan melibatkan subyek penelitian siswa kelas VIII E sebanyak 42 orang. Metode&nbsp; penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian tindakan kelas didapatkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT <em>(Teams Games Tournament)</em> pada Pembelajaran Matematika kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar dapat meningkatkan&nbsp; hasil&nbsp; belajar&nbsp; peserta didik. Hal ini&nbsp; terbukti dari adanya peningkatan hasil data penelitian dimana peningkatan yang pertama terjadi pada Siklus I yakni persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 62% dari yang sebelumnya ketika prasiklus hanya sebesar 21%. Kemudian ketuntasan siswa meningkat kembali pada siklus II menjadi 86%.</p> Copyright (c)