https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/issue/feed Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 2025-02-10T07:40:19+00:00 I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd jayantika@mahadewa.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Journal title :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Initials :</strong> Emasains<br /><strong>Frequency</strong> <strong>: </strong>2 Issues every year (March and September) <br /><strong>DOI : </strong>10.59672<br /><strong>ISSN (online) : </strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534556700">e-ISSN 26228688</a><br /><strong>Editor in Chief : </strong>I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd<strong><br />Publisher :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Indexing :</strong> Google Scholar, Sinta 4<br /><br /></p> <p><strong>Emasains :</strong> Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the Mathematics Education and Biology Education Department, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia with e - ISSN : 26228688. This journal is published three times a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of statistics, , science, mathematics and environmental education issues.</p> https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4537 UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FORMULASI SEDIAAN KRIM WAJAH EKSTRAK ETANOL DAUN BAYAM HIJAU (Amaranthus Hybidrus L.) 2025-02-10T07:40:19+00:00 Ni Made Sukma Sanjiwani Sanjiwani sukmasanjiwani93@gmail.com <p>Perubahan iklim mengacu pada perubahan cuaca global yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Perubahan ini meliputi suhu, curah hujan, angin kencang dan awan tebal. Dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia seperti permasalahan pada kulit yang diakibatkan adanya suhu yang cukup tinggi. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai antioksidan yaitu daun bayam hijau.</p> <p>Penelitian ini yang dilakukan berupa penelitian eksperimental laboratorium. Metode pengeringan menggunakan oven selama 1x24 jam pada suhu 50<sup>0</sup>C. Daun bayam hijau yang telah dikeringkan dilakukan ekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Analisis antioksidan pada penelitian ini menggunakan metode DPPH dengan sprektofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 517 nm. Nilai yang digunakan untuk mengetahui aktivitas antioksidan adalah nilai IC<sub>50. </sub>Hasil analisis antioksidan diolah dengan menggunakan <em>microsoft excel. </em></p> <p>Hasil penelitian ini membuktikan formulasi krim ekstrak etanol daun bayam hijau <em>(Amaranthus Hybidrus L.) </em>memiliki aktivitas antioksidan yang tergolong kategori sangat lemah. Hasil aktivitas antioksidan krim ekstrak etanol 96 % daun bayam hijau untuk formula I mendapatkan nilai AAI sebesar 0,007, untuk formula II mendapatkan nilai AAI sebesar 0,003 dan formula III mendapatkan nilai AAI sebesar 0,003.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4522 Terdapat beberapa Perbandingan Metode Uji Normalitas pada Distribusi Data Pengangguran Menurut Golongan Umur di Indonesia 2025-02-02T13:40:40+00:00 Muhammad Alif Notonegoro Statistics Itesa 23 cadanganalnoutrez@gmail.com <p>Terdapat beberapa metode uji normalitas data dalam menentukan apakah data berdistribusi normal atau tidak. Metode tersebut menghasilkan hasil yang berbeda sehingga dapat menjadi permasalahan dalam melakukan uji statistik khususnya statistik parametrik. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil analisis normalitas dengan metode uji <em>Kolmogorov-Smirnov</em>, uji<em> Lilliefors</em>, uji <em>Shapiro-Wilk</em>, dan uji <em>Skewness-Kurtosis </em>serta menguji metode manakah yang memiliki konsistensi terbaik. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari BPS Jawa Tengah Golongan Angkatan Kerja Kategori Pengangguran dengan variabel umur 20-29, 30-39, 40-49, 50-59. Data tersebut memiliki populasi sebesar 6.002.843 subjek yang kemudian dikelompokkan menjadi beberapa sampel dengan kelippatan 10 sehingga diperoleh besar sampel 10, 20, 30, 40, 50, 60, dan 70. Sampel dipilih dengan cara <em>simple random sampling. </em>Pada penelitian ini dihasilkan hasil pengujian uji normalitas pada tiap besar sampel dan tiap pengulangan yang dilakukan dan menghasilkan persentase tingkat konsistensi dari hasil keputusan tiga uji normalitas terhadap hasil uji <em>Kolmogorov-Smirnov </em>83.33%, uji<em> Lilliefors </em>83.33%, uji <em>Shapiro-Wilk </em>78.83%.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4450 Penerapan Statistik Deskriptif: Perspektif Kuantitatif dan Kualitatif 2025-01-02T10:13:40+00:00 Putu Gede Subhaktiyasa pgs@stikeswiramedika.ac.id <p>Statistik deskriptif merupakan metode analisis data yang penting untuk menggambarkan dan menganalisis karakteristik utama data secara sistematis. Namun penerapannya seringkali menghadapi tantangan yang berpotensi mengurangi validitas hasil penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan panduan praktis penerapan statistik deskriptif dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain studi pustaka untuk menganalisis literatur akademik untuk mengidentifikasi langkah-langkah utama dalam penerapan statistik deskriptif, termasuk persiapan data, pengolahan, analisis, visualisasi, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa statistik deskriptif memiliki peran penting dalam meningkatkan validitas dan kredibilitas penelitian baik dalam eksplorasi awal maupun untuk mendukung analisis inferensial. Panduan praktis yang dirancang membantu peneliti menghindari kesalahan umum dan memberikan langkah-langkah yang sistematis untuk memastikan analisis yang akurat. Ini dapat membantu peneliti dari berbagai bidang untuk mengingkatkan kualitas analisis data penelitian.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4328 Peran Konstruktivisme Dalam Mengembangkan Pemahaman Konseptual Matematika: Perspektif Filsafat Ilmu 2024-12-21T08:26:24+00:00 Erawati Ni Ketut erawati.2@student.undiksha.ac.id <h1><em>Mathematics is one of the subjects that plays a role in shaping problem solving, analytical, and logical thinking skills. Facts in the field show that some students have difficulty understanding some of the concepts presented in mathematics learning. Factors that can cause these obstacles are the use of learning approaches that do not pay attention to the activity of constructing students' thought patterns. This study aims to analyze the role of constructivism in developing conceptual understanding of mathematics from the perspective of the philosophy of science. The writing method used in writing this journal is qualitative. The results and conclusions drawn are how constructivism plays a role in developing conceptual understanding of mathematics, including through experiential learning, student involvement in the problem-solving process, social interaction in learning, contextualization and relevance, reflection and independent learning, personal construction of meaning, and the role of teachers as facilitators in learning. Through this explanation, it is known that the philosophy of constructivism has a crucial role in developing conceptual understanding of mathematics. Learning activities carried out through real-world relevance, social interaction, and prioritizing active learning will have opportunities for students not only to memorize procedures or formulas, but also to provide conceptual understanding related to mathematical concepts.</em></h1> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4293 Analisis Penerapan Tri Hita Karana Di SD Negeri 5 Pejarakan 2024-12-09T15:39:52+00:00 Ni Made Putri Dwi Apriliani jayantika@mahadewa.ac.id I Wayan Suja jayantika@mahadewa.ac.id Ida Bagus Putu Arnyana jayantika@mahadewa.ac.id <p>Penelitian yang dilakukan peneliti ini berlatar belakang dari sikap keseharian siswa di SD Negeri 5 Pejarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&nbsp; penerapan sikap siswa sehari-hari&nbsp; di sekolah terkait dengan ajaran Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka yang dilaksanakan peneliti di SD Negeri 5 Pejarakan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan pemaparan data dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 5 Pejarakan adalah masih kurangnya penerapan ajaran Tri Hita Karana dalam sikap sehari-hari siswa baik itu dalam ajaran parahyangan, pawongan, dan palemahan, hal ini dibuktikan dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang ditemukan, diharapkan penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan penerapan ajaran Tri Hita Karana di SD Negeri 5 Pejarakan.&nbsp;</p> 2024-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4073 Analisis Regresi Linier pada Good Corparate Governance terhadap Kinerja LPD 2024-09-14T16:04:00+00:00 Dewa Putu Gede Angga Dinata ayumirahmariati@unmas.ac.id Ni Luh Devi Tristalina ayumirahmariati@unmas.ac.id Ni Putu Ayu Mirah Mariati ayumirahmariati@unmas.ac.id Putu Diah Kumalasari diahkumalasari@unmas.ac.id Ni Luh Putu Sandrya Dewi sandryadewipt89@unmas.ac.id <h1>Kinerja merupakan suatu gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang dianalisis dengan alat-alat analisis keuangan, sehingga dapat diketahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Kinerja perusahaan dikatakan baik saat penilaian keseluruhan aspek keuangan berpredikat sehat. Indikator yang digunakan dalam mengukur kinerja yaitu kinerja keuangan dan kinerja manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh <em>good corporate governance</em> terhadap kinerja LPD.</h1> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4062 Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kayu Menggunakan Metode Statistical Quality Control Di UD. Rizki 2024-09-07T05:02:57+00:00 melyana harahap harahapmelyana@gmail.com Chairunisah nisaharis08@gmail.com <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Quality Control (Pengendali kualitas) adalah proses yang dilakukan terhadap barang atau produk yang diproduksi dengan tujuan untuk memastikan apakah produk tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan dan melakukan perbaikan jika produk tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Untuk itu perusahaan perlu menetapkan kontrol kualitas sebagai upaya menjaga kualitas produk agar dapat bersaing di pasar. Metode Statistical Quality Control (Pengendalian Kualitas Statistik) digunakan pada penelitian ini dengan tujuan untuk melakukan evaluasi, analisis, pengelolaan, pemantauan, dan perbaikan terhadap produk olahan kayu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan pada penelitian ini untuk memberikan penjelasan dan gambaran tentang data yang telah dikumpulkan. Hasil analisis menggunakan peta kendali menunjukkan stabilitas kualitas produk dalam kisaran yang terkendali, dimana kerusakan produk tidak berdampak signifikan pada keseluruhan proses produksi. Analisis lebih lanjut menggunakan diagram pareto menunjukkan bahwa retak menjadi jenis kerusakan yang paling banyak dijumpai pada produk olahan kayu yang diproduksi oleh UD. Rizky. Berdasarkan hasil analisis menggunakan diagram sebab akibat dapat diketahui bahwa faktor bahan dan manusia menjadi faktor utama kerusakan produk oleh karena itu diperlukan adanya standar bahan baku yang ditetapkan oleh perusahaan dan pelatihan standar proses operasional (SOP) demi meningkatkan ketelitian dan keterampilan karyawan.</span></span></p> 2024-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4055 PERBEDAAN HASIL BELAJAR LITERASI MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI SMPN 4 DENPASAR 2024-08-30T04:47:08+00:00 Suarniti Noviantari Putu pts.noviantari@unmas.ac.id Suwija I.K pts.noviantari@unmas.co.id Wirya K.A.S.S. pts.noviantari@unmas.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kolaboratif tipe <em>Group Investigation </em>dan <em>Team Games Tournament</em> dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dalam soal literasi matematis pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode <em>Quasi-Experiment</em> dengan desain penelitian <em>Posttest Only Control Group Design</em>. Populasi penelitian terdiri dari 9 kelas dan dipilih 2 kelas untuk menjadi sampel pada kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik <em>Cluster Random Sampling</em>. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata untuk kelas yang diajar dengan model pembelajaran kolaboratif tipe <em>Group Investigation</em> dan <em>Team Games Tournament</em> ialah 79, sedangkan kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional ialah 57,25. Dengan taraf siginifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada soal literasi matematis untuk materi bentuk aljabar dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe <em>Group Investigation </em>dan <em>Team Games Tournament</em>.</p> <p> </p> 2024-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4048 Estimator Truncated Spline dan Sifat Liniernya dalam Regresi Nonparametrik Multivariabel 2024-08-30T04:46:13+00:00 <p>Analisis regresi digunakan untuk menyelidiki pola hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Hal ini dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan parametrik dan nonparametrik. Pendekatan parametrik mengasumsikan bentuk model mengikuti suatu pola tertentu. Namun, jika tidak ada informasi tentang bentuk fungsi regresi, maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan regresi nonparametrik. Ada beberapa pendekatan untuk menaksir kurva regresi nonparametrik, salah satunya adalah truncated spline. Keuntungan dari truncated spline adalah dapat menggambarkan perubahan pola perilaku fungsi pada subinterval tertentu. Estimator spline sangat bergantung pada titik knot dan sifat estimatornya adalah linier.</p> 2024-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4045 Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Articulate Storyline Untuk Siswa SMP 2024-08-20T04:56:19+00:00 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dasar peserta didik dalam materi Ukuran Pemusatan Data. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Akibatnya, peserta didik cenderung merasa bosan dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan <em>e-modul</em> matematika, dengan fokus mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan <em>e-modul </em>yang dikembangkan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan model ADDIE yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan beupa lembar angket. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan 93,3% untuk aspek materi dan 94,4% untuk aspek media dengan masing-masing aspek dikategorikan sangat layak. Sementara itu, uji coba <em>e-modul</em> melalui uji coba terbatas, uji coba lapangan I, dan uji coba lapangan II mendapatkan persentase kepraktisan dari angket respon peserta didik masing-masing sebesar 72,8%, 70,91%, dan 71,1%, yang semuanya termasuk dalam kategori praktis. Angket respon pendidik menunjukkan persentase sebesar 91,67%, dengan kategori sangat praktis.</p> Copyright (c)