https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/issue/feed Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 2025-07-12T00:54:47+00:00 I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd jayantika@mahadewa.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Journal title :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Initials :</strong> Emasains<br /><strong>Frequency</strong> <strong>: </strong>2 Issues every year (March and September) <br /><strong>DOI : </strong>10.59672<br /><strong>ISSN (online) : </strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534556700">e-ISSN 26228688</a><br /><strong>Editor in Chief : </strong>I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd<strong><br />Publisher :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Indexing :</strong> Google Scholar, Sinta 4<br /><br /></p> <p><strong>Emasains :</strong> Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the Mathematics Education and Biology Education Department, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia with e - ISSN : 26228688. This journal is published three times a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of statistics, , science, mathematics and environmental education issues.</p> https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5141 Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai 2025-07-12T00:54:47+00:00 Siska Tri Sintia Dohona siskadohona@gmail.com <p>Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pembelajaran intrakurikuler yang memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk mendalami konsep secara lebih optimal dan memperkuat kompetensi esensial. Minat belajar merupakan faktor utama yang berperan besar dalam pencapaian hasil belajar dan pengembangan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 57 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angke. Hasil analisis pada uji hipotesis pada analisis regresi linear sederhana pada koefisien regresi X (b) sebesar 0,795 menunjukkan bahwa variabel kurikulum merdeka mempunyai pengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Diketahui pada uji hipotesi (uji t) diketahui bahwa nilai thitung pada variabel kurikulum merdeka sebesar 6.312 sedangkan ttabel sebesar 2.004 atau (6.312 &gt; 2.004) dengan signifikasinya 0.000 dengan batas sig. (0.000 &lt; 0.05). Didukung juga pada (uji F) dengan perhitungan statistik ditemukan bahwa nilai Fhitung = taraf F probability 0.05 maka nilai pada Ftabel adalah 4.01, dari hasil yang didapatkan nilai Fhitung &gt; Ftabel (Fhitung 39.846 &gt; Ftabel 4.01) dengan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0.05. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan kurikulum Merdeka dengan minat belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang siginifikan implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5139 Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK 2025-07-11T11:58:10+00:00 Margaret Mesra Wati Gulo margaretmesrawatigulo@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Model inkuiri terbimbing dipilih karena mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui pemberian petunjuk yang sistematis dalam menemukan konsep secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK pada mata pelajaran Biologi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. Video pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem untuk kelas X-APAT 1 SMK Negeri 1 Gido dinyatakan sangat layak. Validasi oleh ahli materi I mencapai 98,2%, ahli materi II 93,9%, ahli bahasa 97%, dan ahli desain 78%. Video pembelajaran menunjukkan kepraktisan sangat tinggi berdasarkan uji coba perorangan (83%), kelompok kecil (87%), dan uji lapangan (86%). Produk terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan oleh rata-rata nilai peserta didik sebesar 88,5 dengan KKM 75, sehingga memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK untuk mendukung proses pembelajaran yang aktif dan bermakna.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5137 Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Mengwi 2025-07-11T06:11:42+00:00 wayan sunita wayansunita4@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Mengwi pada semester 2024/2025. Sekolah tersebut memiliki 11 kelas, dan dua kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik <em>multistage sampling</em> dan <em>simple random sampling</em>. Satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) berbantuan LKPD, sedangkan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional dengan bantuan LKS. Desain penelitian yang digunakan yaitu <em>Non-Equivalen Post Test Only Control Group Design</em>. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua adalah <em>t-test</em> dan analisis untuk hipotesis tiga adalah uji <em>MANOVA</em>. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,48 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 65,23. Pada hasil belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 12,03 dan kelas kontrol dengan nilai 9,48. Dengan adanya perbedaan nilai minat dan hasil belajar antara model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dan model konvensional, dapat disimpulkan jika model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Mengwi.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5106 Penerapan Rantai Markov Waktu Diskrit Dalam Memprediksi Produksi Karet di Pulau Sumatera 2025-07-06T11:51:29+00:00 DANIEL ARDA HAMONANGAN SIANTURI danielardasianturi2@gmail.com ELMANANI SIMAMORA danielardasianturi2@gmail.com <p>Produksi karet di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera, mengalami tren penurunan dalam beberapa tahun terakhir, yang dapat berdampak pada perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi produksi karet di Pulau Sumatera menggunakan metode Rantai Markov Waktu Diskrit. Data yang digunakan merupakan data sekunder produksi karet dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk periode 2014-2023. Metode Rantai Markov diterapkan dengan membangun matriks probabilitas transisi berdasarkan data historis produksi karet di setiap provinsi di Pulau Sumatera. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ini dapat memberikan estimasi produksi karet dalam beberapa tahun ke depan hingga mencapai kondisi steady state. Prediksi yang dihasilkan dapat menjadi dasar bagi pemerintah dan industri untuk merancang kebijakan yang mendukung stabilitas produksi karet serta mengantisipasi dampak fluktuasi produksi terhadap sektor ekonomi.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5105 Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Saham Sektor Perbankan dengan Metode TOPSIS 2025-07-06T11:46:13+00:00 JULIUS MANURUNG Juliusmanurung18@gmail.com NERLI KHAIRANI Juliusmanurung18@gmail.com <p>Investasi di pasar modal menawarkan peluang keuntungan yang besar . Investasi di pasar modal khususnya pada sektor perbankan, memerlukan analisis mendalam untuk menentukan saham yang paling menguntungkan. Namun investasi juga memiliki risiko tinggi, terutama bagi investor yang kurang memahami analisis keuangan.Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang dapat mendukung pengambilan keputusan secara objektif dan sistematis.Sistem penunjang keputusan dikembangkan untuk pemilihan saham perbankan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil menunjukkan bahwa saham dengan peringkat tertinggi berdasarkan metode TOPSIS adalah saham ARTO (Bank Jago) dengan nilai preferensi 0,562, diikuti oleh BRIS (Bank Syariah Indonesia) dan BBCA (Bank Central Asia). Hasil analisis mengindikasikan bahwa metode TOPSIS dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan investasi saham dengan mempertimbangkan berbagai kriteria finansial. Dengan adanya sistem ini, diharapkan investor dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan strategis dalam berinvestasi di pasar modal.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5104 Model Spatial Autoregressive (SAR) untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kasus Pneumonia pada Balita di Sumatera Utara 2025-07-06T11:35:48+00:00 ANGGUN ELNI NOVIA anggunelninovia@gmail.com SUSIANA anggunelninovia@gmail.com <p>Pneumonia pada balita adalah peradangan pada paru-paru anak usia 0-5 tahun, di mana cairan mengisi alveoli paru-paru, menyebabkan hipoksia, dan dapat berujung pada kematian balita. Menurut laporan World Health Organization, sekitar 14% dari total kematian anak di seluruh dunia pada tahun 2019 disebabkan oleh pneumonia, dengan jumlah mencapai 740.180 anak. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kasus pneumonia, baik dari segi internal maupun eksternal. Untuk mengurangi tejadinya kasus pneumonia di Sumatera Utara, dapat dilakukan upaya dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi jumlah kasus pneumonia menggunakan <em>Spatial Autoregessive</em> Model. <em>Spatial Autoregressive</em> Model adalah model yang mengadopsi proses autoregressive, yang mengindikasikan adanya hubungan ketergantungan di antara sekelompok observasi atau lokasi. Penelitian ini menggunakan variabel kasus pneumonia sebagai variabel terikat (dependen), dan 6 variabel bebas (independen), yakni Kebiasaan Merokok Keluarga, pemberian ASI, gizi buruk, jumlah tenaga kesehatan, kepadatan hunian rumah dan kepadatan penduduk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model <em>Spatial Autoregressive</em> (SAR) dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran kasus pneumonia pada balita di Provinsi Sumatera Utara tahun 2020. Berdasarkan analisis penelitian didapat bentuk model yaitu , dengan faktor yang mempengaruhi seperti pemberian ASI eksklusif, gizi buruk dan jumlah tenaga kesehatan terhadap kasus pneumonia di Sumatera Utara. Kemudian didapat koefisien determinasi sebesar .</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5103 Penentuan Menu Makanan untuk Penderita Penyakit Kolesterol Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (Moora). Studi Kasus : RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan 2025-07-06T11:25:38+00:00 DESI PRIYANTI SITUMORANG desipriyanti@mhs.unimed.ac.id HANNA DEWI M. HUTABARAT desipriyanti@mhs.unimed.ac.id <p>Penderita kolesterol tinggi memerlukan penentuan makanan yang tepat guna mengendalikan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah komplikasi kesehatan yang lebih lanjut. Dalam proses penentuan makanan yang sesuai, diperlukan pendekatan sistematis yang mempertimbangkan berbagai kriteria nutrisi secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode MOORA (Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis) dalam menentukan makanan yang optimal bagi penderita kolesterol. Metode MOORA digunakan karena kemampuannya dalam menangani berbagai kriteria penilaian secara objektif dan sistematis. Data yang dianalisis adalah menu makanan di RSUD Dr. Pirngadi selama sebelas hari, yang meliputi kelas I, II, III, dan VIP. Penilaian dilakukan berdasarkan lima kriteria gizi: lemak jenuh dan kolesterol (sebagai cost), serta lemak tak jenuh, serat, dan protein (sebagai benefit). Proses perhitungan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak MATLAB. Hasil penelitian diperoleh beberapa makanan yang optimal berdasarkan standar gizi penderita kolesterol yaitu jenis makanan untuk makan pagi kelas I dan VIP yaitu bubur kacang hijau, Jus jambu merah, agar-agar jagung, kue donat. Jenis makanan untuk makan pagi kelas II dan III yaitu bubur kacang hijau, agar-agar jagung, roti isi kacang. Kemudian jenis makanan untuk makan siang kelas I dan VIP yaitu sayur asem, pecal, tempe goreng, soto ayam tauge sohun, ikan nila rebus. Jenis makanan untuk makan siang kelas II dan III yaitu sayur asem, pecal, tempe goreng, gado-gado, gulai tahu. Jenis makanan untuk makan malam semua kelas yaitu&nbsp; tumis kacang panjang, tumis tempe dan steik tempe. Sementara itu, beberapa makanan yang sering disajikan seperti ayam goreng telur rebus dan opor ayam memiliki nilai preferensi rendah atau kurang optimal karena kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi rumah sakit dan masyarakat dalam menyusun makanan yang lebih sesuai bagi penderita kolesterol tinggi.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5102 A Desain Instruksional 2025-07-06T04:41:14+00:00 Heni Nurhasanah my.heninurhasanah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain instruksional pada materi trigonometri berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah tiga tahap awal model ADDIE, yaitu Analysis, Design, dan Development. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas X-2 SMAIT Thariq Bin Ziyad Bekasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran trigonometri masih bersifat prosedural dan belum optimal dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tahap desain menghasilkan Modul Ajar dengan sintaks PBL, LKPD kontekstual, serta instrumen penilaian berpikir kritis. Pada tahap pengembangan, produk divalidasi oleh ahli dengan hasil validitas sangat tinggi untuk semua komponen. Modul ajar (0,96), LKPD (0,90), soal kemampuan berpikir kritis (0,96), serta kepraktisan produk (0,815). Implementasi terbatas menunjukkan bahwa desain instruksional ini praktis dan potensial untuk diterapkan dalam pembelajaran. Setiap tahapan sintaks PBL dirancang untuk merangsang keterampilan berpikir kritis, mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi proses penyelesaian masalah. Hasil ini menunjukkan bahwa desain instruksional berbasis PBL efektif digunakan dalam pembelajaran trigonometri untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5097 Hubungan Kewirausahaan Dan Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review 2025-07-05T02:52:56+00:00 santika yani santika.yani@undiksha.ac.id I Putu Pasek Suryawan putu.pasek@undiksha.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tingginya angka pengangguran di Indonesia menunjukkan pentingnya pendidikan yang menumbuhkan karakter kewirausahaan sejak dini. Matematika sebagai mata pelajaran penting memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dengan nilai-nilai kewirausahaan melalui pendekatan kontekstual dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kewirausahaan dan pembelajaran matematika. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan menganalisis 15 artikel yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2024, yang diperoleh dari berbagai basis data seperti </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ, Scopus,</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dan </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Web of Science</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Artikel-artikel yang dipilih dianalisis secara kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kewirausahaan diintegrasikan ke dalam pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan dapat ditanamkan melalui topik-topik kontekstual seperti aritmatika sosial dan geometri, serta melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Selain itu, strategi pembelajaran berbasis tantangan mendukung pengembangan disposisi matematika dan karakter kewirausahaan siswa. Namun, implementasinya masih menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, dan kesiapan instruksional yang tidak merata. Oleh karena itu, dukungan sistematis diperlukan untuk mengoptimalkan integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran matematika.</span></span></p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/5021 Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 2 Model Helvetia Medan 2025-06-26T01:13:07+00:00 WAHYUNI FITRI SUPUTRI wahyunifitri@mhs.unimed.ac.id ZUL AMRY wahyunifitri@mhs.unimed.ac.id <h1>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model regresi berganda antara Self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik serta melihat seberapa besar kontribusi secara simultan antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data memakai angket self-efficacy dan angket motivasi belajar serta rekapitulasi nilai ujian matematika semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan model regresi berganda &nbsp; dengan perolehan koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) senilai 0,513 atau 51,3%. Artinya besar pengaruh variabel self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika anak didik secara simultan senilai 51,3%.</h1> <p>&nbsp;</p> Copyright (c)