https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/issue/feed Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 2025-05-26T07:11:30+00:00 I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd jayantika@mahadewa.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Journal title :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Initials :</strong> Emasains<br /><strong>Frequency</strong> <strong>: </strong>2 Issues every year (March and September) <br /><strong>DOI : </strong>10.59672<br /><strong>ISSN (online) : </strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1534556700">e-ISSN 26228688</a><br /><strong>Editor in Chief : </strong>I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd<strong><br />Publisher :</strong> Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains<br /><strong>Indexing :</strong> Google Scholar, Sinta 4<br /><br /></p> <p><strong>Emasains :</strong> Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the Mathematics Education and Biology Education Department, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia with e - ISSN : 26228688. This journal is published three times a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of statistics, , science, mathematics and environmental education issues.</p> https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4833 Implementasi Pembelajaran Mathpreneur Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif 2025-05-26T07:11:30+00:00 Putri Anugrah Cahya Dewi cahya@primakara.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran <em>mathpreneur</em> berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini didasari atas permasalahan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menemukan variasi solusi atas suatu permasalahan matematis. Penyelesaian permasalahan matematis peserta didik cenderung bersifat prosedural. Dalam pembelajaran STEM, Peserta didik didorong untuk memecahkan masalah kompleks, mencari solusi yang kreatif, dan mengembangkan inovasi dengan menggabungkan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Proses ini tidak hanya memperkuat pemahaman konseptual, tetapi juga merangsang imajinasi dan memberi ruang bagi peserta didik untuk berpikir di luar kebiasaan. Penelitian ini merupakan penelitian <em>quasi experimental</em><em>. </em>Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Primakara yang mengikuti mata kuliah Statistika dan Probabilitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berbasis proyek dengan penilaian berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Dari hasi penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu 3,67. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara umum dalam kategori sangat baik.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4806 KONSENTRASI PENYEBARAN U-COLLECT BOX DI DAERAH JAWA BARAT UNTUK PEMANFAATAN MINYAK JELANTAH SEBAGAI ENERGI BIODIESEL DALAM UPAYA PEMANFAATAN DAUR ULANG ENERGI YANG BERKELANJUTAN 2025-05-16T01:54:03+00:00 Muhammad Arief Purnomo muhammadariefpurnomo@gmail.com Arief Rachman aiparief.15@gmail.com Ibrahim ibrahim.baim@upi.edu Muhamad Ramadhan Hermawan romadhonher@gmail.com <p>Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan meningkatnya kebutuhan energi, pengelolaan<br>limbah minyak jelantah menjadi isu penting di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Penelitian ini<br>bertujuan untuk menganalisis distribusi U-Collect Box, sebuah sistem pengumpulan limbah minyak<br>jelantah, dan kontribusinya dalam pemanfaatan energi terbarukan melalui produksi biodiesel. Metode<br>yang digunakan adalah analisis spasial dengan memanfaatkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS)dan<br>pemanfaatan aplikasi ArcGIS mengenai distribusi penduduk dan aktivitas ekonomi. Hasil analisis<br>menunjukkan bahwa daerah dengan kepadatan penduduk tinggi seperti Bogor, Bandung, Sukabumi dan<br>Bekasi memiliki potensi yang besar untuk pembangunan U-Collect Box. Peta tematik yang dihasilkan<br>memberikan rekomendasi lokasi strategi untuk penempatan U-Collect Box, yang diharapkan dapat<br>meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengumpulan minyak jelantah dan mendukung<br>pengelolaan limbah yang lebih baik. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat<br>dan infrastruktur yang mampu mencapai tujuan pengelolaan limbah yang berkelanjutan.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4790 Inovasi Pembelajaran Matematika: Implementasi PBL dan Quizizz untuk Hasil Belajar Lebih Baik 2025-05-13T03:44:18+00:00 Putu Ledyari Noviyanti ledyarinoviyanti@unmas.ac.id <p>Pembelajaran matematika di kelas VII-G SMPN 14 Denpasar tahun ajaran 2024/2025 mengalami masalah dalam belajar yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar yang berakibat pada&nbsp;&nbsp; hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses belajar dengan menggunakan model PBL dengan bantuan <em>Quizizz</em> dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahap. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes. &nbsp;Target penelitian ialah siswa kelas VII-G SMPN 14 Denpasar sebanyak 41 siswa.&nbsp; Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan model PBL dan <em>Quizizz</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa, tahap pra siklus sebanyak 8 (19,51%) dari 41 siswa dinyatakan sudah melebihi KKM. Selanjutnya pada tahap siklus 1, sebanyak 25 siswa (60,98%) dianggap telah memenuhi KKM. Pada tahap siklus , menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa, dengan 35 siswa (80,49%) dinyatakan telah memenuhi KKM. Rata-rata nilai siswa di tahap pra siklus adalah 57,80, pada siklus 1 meningkat menjadi 85,12, dan siklus 2 mencapai 90,55. Penelitian ini membuktikan bahwa impelementasi model PBL berbantuan <em>Quizizz</em> efektif meningkatkan hasil belajar siswa.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4789 Penerapan Problem-Based Learning Berbasis Kontekstual dalam Upaya Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK 2025-05-13T03:23:54+00:00 arya wulandari i gusti ayu putu arya igapawulandari@unmas.ac.id <h1>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK melalui penerapan model <em>Problem-Based Learning (PBL)</em> berbasis kontekstual. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika, yang disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang menarik dan tidak relevan dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Denpasar dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis kontekstual berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 36,11% siswa yang memiliki motivasi tinggi. Setelah siklus I, persentase meningkat menjadi 58,33%, dan pada siklus II mencapai 83,33%. Rata-rata skor motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 55,94% pada pra-siklus menjadi 71,25% di siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang kontekstual dan berbasis pemecahan masalah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran matematika.</h1> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4763 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa 2025-05-10T02:51:37+00:00 Eka Adithya Altri Cahya aditcahya37@gmail.com I Putu Ade Andre Payadnya adeandre@unmas.ac.id Imam Mukhlas anythingrentcarlombok@gmail.com <p>Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran matematika karena membantu siswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah. Namun, hasil studi pendahuluan di kelas XI 4 SMA Negeri 5 Denpasar menunjukkan bahwa hanya 30% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan nilai rata-rata 58,93. Salah satu hambatan utama adalah kesulitan siswa dalam merepresentasikan hasil perhitungan ke dalam bentuk grafik. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menggabungkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media <em>GeoGebra</em>, sebuah perangkat lunak matematika dinamis yang dapat memvisualisasikan konsep abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui kolaborasi kelompok kecil yang didukung oleh penggunaan <em>GeoGebra</em>. Keberhasilan tindakan diukur berdasarkan pencapaian KKM, yaitu 75. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran matematika berbasis teknologi dan kolaboratif, khususnya dalam meningkatkan representasi matematis siswa.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4692 Systematic Literature Review: Pengembangan E-LKPD Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Menerapkan Indikator Kemampuan Berpikir Kritis 2025-04-20T11:22:16+00:00 dwfebby_05 dfebby822@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan E-LKPD berbasis SETS untuk menerapkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Sumber data diperoleh dari artikel, jurnal penelitian, teori ahli, dan buku. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yakni variabel bebas dan variabel terikat. Dari kedua variabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis SETS memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Perlu adanya pengelolaan waktu dan penggunaan alat penunjang agar hasil pembelajaran maksimal</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4687 Analisis Autokorelasi Spasial Pemetaan Kejadian Stunting di Kabupaten Simalungun Menggunakan Indeks Moran dan Local Indicator of Spatial Autocorrelation (LISA) 2025-04-20T14:03:00+00:00 Lusi Afriana Malau lusiafrianamalau120402@gmail.com Faridawaty Marpaung faridawaty@unimed.ac.id <p>Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi pada anak, sehingga menyebabkan gangguan perkembangan fisik dan kognitif pada anak sulit, yang ditandai dengan tinggi badan anak yang tidak sesuai dengan anak seusianya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemetaan kejadian stunting di Kabupaten Simalungun tahun 2023 melalui analisis univariat dan bivariat. Dalam analisis univariat, menunjukkan jumlah kejadian stunting dan jumlah keluarga pra-sejahtera memiliki autokorelasi spasial negatif membentuk pola menyebar (<em>dispersed</em>) ditandai dengan , yang mengartikan bahwa tidak ada pengelompokan secara spasial tertentu di seluruh kecamatan yang ada. Pada variabel jumlah bayi yang sudah mendapatkan imunisasi lengkap, jumlah sarana kesehatan, jumlah ibu hamil yang melakukan kunjungan antenatal, dan jumlah ibu hamil berpendidikan SMA keatas menunjukkan autokorelasi spasial positif membentuk pola mengelompok (<em>clustered</em>) ditandai dengan , yang menunjukkan adanya pengelompokan spasial tertentu. Secara bivariat, hubungan spasial yang signifikan terjadi pada wilayah dengan jumlah keluarga pra-sejahtera tinggi dan kejadian stunting yang tinggi yang terdapat pada Kecamatan Dolog Masagal. Sedangkan wilayah dengan jumlah jumlah bayi yang sudah mendapatkan imunisasi lengkap, jumlah sarana kesehatan, jumlah ibu hamil yang melakukan kunjungan antenatal, dan jumlah ibu hamil berpendidikan SMA keatas yang rendah dan kejadian stunting yang tinggi berada di kecamatan yang sama yaitu Kecamatan Dolog Masagal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika jumlah keluarga pra-sejahtera tinggi, maka cenderung prevalensi kejadian stunting tinggi</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4686 Implementasi Fuzzy Time Series Markov Chain Dalam Meramalkan Kurs Rupiah Terhadap Yuan 2025-04-20T14:05:50+00:00 Natanael Panggabean nathanaelpanggabean52@gmail.com Marlina Setia Sinaga marlinasetiasin@unimed.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil peramalan nilai tukar rupiah terhadap yuan dengan menggunakan metode Fuzzy Time Series Markov Chain (FTS-MC) untuk periode enam bulan ke depan. Kurs rupiah terhadap yuan dipilih karena pentingnya peramalan dalam memantau fluktuasi nilai tukar sebagai indikator ekonomi.Metode FTS-MC merupakan kombinasi konsep Fuzzy Time Series dengan rantai Markov, yang dirancang untuk meningkatkan akurasi peramalan menggunakan matriks probabilitas transisi.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder nilai tukar rupiah terhadap yuan dari 1 September 2023 hingga 31 Januari 2025, yang diperoleh dari situs resmi Bank Indonesia. Model dibangun menggunakan software R-Studio dengan pembagian data menjadi 75% untuk pelatihan dan 25% untuk pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode FTS-MC menghasilkan tingkat akurasi yang sangat baik, dengan nilai rata-rata Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0,35% untuk kurs jual dan 0,29% untuk kurs beli. Dengan tingkat akurasi lebih dari 99%, model ini layak digunakan untuk peramalan nilai tukar rupiah terhadap yuan pada periode mendatang. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penerapan metode Fuzzy Time Series Markov Chain untuk peramalan nilai tukar mata uang, yang dapat menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa depan.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4685 Penggunaan Metode Conditional Value at Risk (CVaR) Dan Simulasi Monte Carlo Control Variates (MCCV) Dalam Menganalisis Portofolio Saham 2025-04-20T14:08:14+00:00 Rodelta Nababan rodeltanababan17@gmail.com <p>Investasi saham menawarkan potensi keuntungan, namun juga disertai risiko kerugian yang signifikan. Untuk mengukur potensi kerugian ekstrem, investor dapat menggunakan metode Conditional Value at Risk (CVaR). Bertujuan untuk menjelaskan cara pengukuran Conditional Value at Risk (CVaR ) dan simulasi Monte Carlo&nbsp; Control Variates (MCCV) pada portofolio saham CVaR dan kerugian maksimum portofolio yang dihasilkan menggunakan 2 metode tersebut. Perhitungan dalam menghitung kerugian maksimum menggunakan CVaR pada penelitian ini harus menggunakan variable control dikarenakan di selesaikan menggunakan MCCV dengan langkah-langkah nya dimulai dengan Mencari return saham yang dipilih dan ekspektasi Return Portofolio. Kemudian membuat Return baru setelah dipengaruhi oleh variable control menggunakan monte carlo control variates(MCCV) diikuti oleh menghitung nilai VaR dan CvaR.CVaR memberikan informasi yang lebih komprehensif dibandingkan Value at Risk (VaR) karena memperhitungkan rata-rata kerugian yang diharapkan jika VaR terlampaui. Kombinasi saham tertentu, seperti AMRT, GOTO, INDF, ANTM, dan ESSA, mungkin tidak ideal karena memiliki nilai VaR yang relatif tinggi, meskipun nilai CVaR-nya tidak terlalu besar. <strong>Dengan kata lain</strong> CVaR adalah alat yang berguna bagi investor untuk memahami risiko portofolio dan membuat keputusan investasi yang lebih baik.</p> Copyright (c) https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/4674 Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA Muhammadiyah 03 Jember dengan Model PBL 2025-04-17T06:41:40+00:00 Cindi Septia Sari septiasaricindi@gmail.com Nurul Imamah Ah nurulimamah@unmuhjember.ac.id Indah Dewi Saputri F. indahde34@gmail.com <p>Pemilihan metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik bisa mempengaruhi kegiatan belajar peserta didik. Studi ini bertujuan guna mengetahui pengaplikasian metode <em>Cultutally Responsive Teaching</em> (CRT) melalui model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dalam menumbuhkan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 03 Jember. Subjek dalam studi ini merupakan murid kelas X.D SMA Muhammadiyah 03 Jember tahun pelajaran 2024/2025 yang totalnya 31 siswa. Studi ini menerapkan metode PTK (Penelitian tindakan kelas) beserta dua siklus. Masing-masing siklusnya berisikan empat tahapan yakni pelaksanaan, penyusunan, pengamatan, serta kontemplasi. Metode penghimpunan datanya memanfaatkan teknik tes, pengamatan, serta pendataan. Temuan studi memperlihatkan bahwasanya aktivitas belajar siswa dalam pra-siklus masih ada dalam kategori aktivitas rendah yaitu dengan persentase 51,01%, kemudian dalam siklus I meningkat kedalam kategori aktivitas cukup dengan persentase 67,74%, serta di siklus kedua kembali naik jadi golongan aktivitas tinggi beserta persentase 79,54%. Menurut temuannya tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwasanya pengaplikasian metode pembelajaran <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) dengan model pembelajaran PBL <em>(Problem Based Learning</em>) bisa menumbuhkan keaktifan siswa kelas X.D dalam materi penyajian data tunggal dan kelompok.</p> Copyright (c)