Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4657953Keywords:
Google classroom, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran matriks melalui media Google classroom di STMIK STIKOM Indonesia. Jenis penlitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas E semester I Program Studi Teknik Informasi STMIK STIKOM Indonesia dengan banyaknya mahasiswa 47 orang. Pertimbangan pemilihan kampus ini sebagai tempat penelitian karena motivasi belajar pokok bahasan Matriks masih kurang dan belum pernah diadakan penelitian yang serupa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google classroom dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan perhitungan skor motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 88,91 dengan persentase 59%. dan skor motivasi belajar pada siklus 2 sebesar 104,91 degan presentase 70% mengalami peningkatan sebesar 18,64%. Selain itu jika dilihat dari kategori minimal motivasi belajar, katagori motivasi belajar pada siklus 2 sudah memenuhi syarat minimum
Downloads
References
Annur, Muhammad Firman. 2020. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan 6356:195–201.
Daniati, Daniati, Bambang Ismanto, and Dwi Iga Luhsasi. 2020. “Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(3):601. doi: 10.33394/jk.v6i3.2642.
Fadillah, Ahmad, and Abdul Baist. 2017. “Hubungan Motivasi Dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):43. doi: 10.31000/prima.v1i1.253.
Handayani, Lina. 2020. “Keuntungan , Kendala Dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif Di SMPN 3 Bae Kudus.” Journal Industrial Engineering & Management Research 1(2):15–23.
Hapsari, Swita Amallia, and Heri Pamungkas. 2019. “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas
Dian Nuswantoro.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 18(2). doi: 10.32509/wacana.v18i2.924.
Iftakhar, Shampa. 2016. “Google Classroom: What Works and How?” Journal of Education and Social Sciences 3:12–18.
Nirfayanti, Nirfayanti, and Nurbeti Nurbaeti. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online) 2(1):50–59.
Nurmuiza, Ita, Faad Maonde, and Asrul Sani. 2015. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN.” Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):170–81.
Putri, Ni Wayan Suardiati, I. Wayan Suandhi, and I. Gusti Ngurah Nila Putra. 2017. “Implementasi Strategi Pembelajaran Tandur Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Sd Negeri 1 Singapadu Tengah Pada Pembelajaran Bangun Datar.” Jurnal Santiaji Pendidikan 7(1):78–89.
Sabran, and Edy Sabara. 2019. “Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar 122–25.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2019. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2):187–92. doi: 10.17509/t.v6i2.20887.
Santosa, Farah Heniati, Habibi Ratu Perwira Negara, and Samsul Bahri. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.” Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) 3(1):62–70. doi: 10.36765/jp3m.v3i1.254.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitin Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. 17th ed. Bandung: Alfabeta.
Wiryanto. 2020. “Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Review Pendidikan Dasar, Kajian Pendidikan Dan Hasil Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya 6(2).
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.