Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4305182Keywords:
media pembelajaran, berbasis websiteAbstract
Permasalahan yang timbul di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang adalah siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menggambar grafik, membedakan rumus dan salah perhitungan akibat kurang memahami konsep. Solusi yang cocok adalah dengan pembuatan media pembelajaran matematika yang berbasis website. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengembangkan media berbasis website, untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini diawali dengan menganalisis masalah yang timbul di sekolah, merancang media, membuat media, mengujicobakan hasil pengembangan dan mengevaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 90,43% dan 88,91% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru diperoleh skor rata-rata sebesar 3,21 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil respon siswa pada uji coba lapangan terbatas dan lapangan luas diperoleh sebesar 3,52 dan 3,65 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan persentase tes yang diperoleh siswa pada uji coba lapangan terbatas dan ujicoba lapangan luas adalah 80% dan 85,71% dengan kriteria efektif. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis website merupakan sangat valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Ariska, M.D., Darmadi. dan Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edumation, 8 (1): 83-97
Christian, A., Hesinto, S. dan Agustina. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap (Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih). Jurnal SISFOKOM, 7 (1): 22-27
Dewi, W.A.F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolahh Dasar. EDUKATIF: JURNAL UILMU PENDIDIKAN, 2(1): 55-61
Fikri, M. (2018). Rasionalisme Descartes dan Implikasinya terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Muhammad Abduh. TARBAWI Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2):129-144
Handayani, D. (2020). Penyakit Corona Virus 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40 (2): 120-130
Khotimah, D.E.K., Riyadi, S. dan Murniasih, T.R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2): 119-125
Mangelep, N.O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal mosharafa, 6 (3): 431-440
Novianti, V., Utomo, D.P. dan Dintarini, M. (2019). Development of Web-Based Interactive Learning Media on Lines and Angles Material in 7th grade of Junior Hight School. Mathematics Education Journals, 3 (1): 62-7
Pawestri, E., dan Sukoco, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Konstektual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (1): 69-76
Pradiatiningtyas, D dan Suparwanto. (2017). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada SMK N 4 Purworejo. Indonesian Journal on Networking and Security, 7 (2): 1-8
Prambudi, E.Y., dan Yunianta, T.N. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia, 4 (1): 8-22
Ramadany, A., dan Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmatika Sosial Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1): 212-226
Rozak, A., Darmadi., dan Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18 (1): 31-50
Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Jurnal EduMa, 5 (1): 80-90
Suanah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaan Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceeding of ICECRS, 2 (1): 243-252
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Supriatna, E. (2019). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7 (6): 555-564
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.