PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4299393Keywords:
learning model, STAD, activities, learning outcomesAbstract
This study aims to determine the increase in mathematics learning outcomes by applying the STAD (Student Teams Achievement Division) cooperative learning model. This type of research is collaborative classroom action research (CAR) designed with two cycles, each cycle consisting of: planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were 39 students of class XII IIS 3 SMA N 7 Denpasar 2017/2018 academic year, and the object of this research was the application of the STAD type cooperative learning model and learning outcomes. The data collection methods are test methods, observation methods, and documentation methods. The results of the research in the first cycle with an average score of student learning outcomes 74.80 and student absorption of 74.80%. In the second cycle the average student learning outcomes 81.92 and 81.92% student absorption. The average percentage of student activities increased by 11.88%. There is an increase in mathematics learning outcomes by applying the STAD cooperative learning model.
Downloads
References
Arikunto,. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Chail Achjar dan Latuconsina Hudaya. 2008. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta : PT. Balai Pustaka (Persero).
Dyah Rahmawati. 2010. Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Jombang. Artikel. Diambil pada tanggal 25 Januari 2015.
Erna Fitria Novianti H.W. 2012. Pelaksanaan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi kasus siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang. Artikel. Diambil pada tanggal 25 januari 2015.
Hakim Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.
Harmianto. Sri dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Hendrawan. 2009. Spiritual Management. Bandung : PT. Misan Pustaka.
Ika Meysiswati. 2012. Implementasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Artikel. Diambil pada tanggal 25 januari 2015.
Noordiyah. 2012.Tingkat Kesukaran Tes dan Daya Pembeda Soal. Artikel. Diambil dari pada tanggal 27 januari 2015, dari https: //noordyah.wordpress .com/ 2012/01 /07 /tes -uraian-dan-analisis-tes-uraian
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak.
Suyadi. 2012. Panduan Guru Profesional. Bandung : Andi Publisher.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.