ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO YOSEPH DENPASAR

Authors

  • I Putu Eka Indrawan
  • Agustinus Roi Nggema
  • Ni Luh Putu Yesy Anggreni

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4301080

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum dan menyeluruh pelaksanaan pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19 dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar yang terdiri dari 5 kelas dengan total 174 siswa. Dengan teknik sampling purposive diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII C (36 siswa) dan VIII E (34 siswa). Metode dan intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara, sedangkan analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif presentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Siswa kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar sangat siap dalam melaksanakan pembelajaran daring dan guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar siap untuk menerapkan pembelajaran daring. 2) Kendala siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring adalah faktor sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keterampilan dalam pembelajaran daring dan susah mengatur waktu, sedangkan kendala guru dalam menerapkan pembelajaran daring adalah faktor sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keterampilan mengajar, manajemen waktu serta proses penilaian khususnya penilaian terhadap sikap dan perlikau siswa. 3) Guru dan pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah dan kendala dalam proses pembelajaran daring.

Kata Kunci :Pembelajaran Daring, Kesiapan, Kendala, dan Solusi

 

Abstract

This research is a kind of descriptive qualitative research aimed to describe the general and comprehensive implementation of online learning in the pandemic Covid-19 in mathematics teaching in grade VIII students of SMP Santo Yoseph Denpasar. Pupulation Research is all students of grade VIII SMP Santo Yoseph Denpasar consisting of 5 classes with a total of 174 students. With sampling technique purposive obtained 2 classes as a research sample namely Class VIII C (36 students) and VIII E (34 students). The methods and instruments of data collection in the study used polls and interviews, while analysis of data researchers used a descriptive analysis of the percentage.

The results showed that: 1) students of Grade VIII Junior High School Santo Yoseph Denpasar are very ready in conducting online learning and teaching teacher Mathematics class VIII of SMP Santo Yoseph Denpasar ready to apply online learning. 2) The students ' constraints in implementing online learning are human resource factors, facilities and infrastructure, skills in online learning and the difficulty of regulating time, while the constraints of teachers in applying online learning are human resources, facilities and infrastructure, teaching skills, time management and assessment process in particular assessment of student attitudes and Perlikau. 3) Teachers and school parties, especially the principals, play an important role in addressing problems and constraints in the online learning process.

Keywords: Online Learning, Readiness, Constraints, and Solutions

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-07