Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMKN 4 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.1407739Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mtematika siswa kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga, melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Denpasar dengan subjek penelitian siswa kelas XI Tata Boga 1 sebanyak 39 orang. Data penelitian berupa prestasi belajar siswa, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar dari prasiklus ke siklus I dilihat dari aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 47,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata mengalami peningkatan 6,74%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II berdasarkan aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 42,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata, mengalami peningkatan sebesar 11,67%. Jadi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Denpasar kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga tahun pelajaran 2016/2017.
Downloads
References
Depdikbud (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Direktorat Dikmenum.
Hudojo, Herman (1988). Mengajar Belajar Matematika. P2LPTK. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Moleong, Lexy J. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman (1993). Evaluasi Proses dan Hasil belajar matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Suherman, Erman dan Winataputra, Udin S. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Trianto (2007). Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.