Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMKN 4 Denpasar

Authors

  • I Ketut Putra Ardana SMK Negeri 4 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.1407739

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mtematika siswa kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga, melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Denpasar dengan subjek penelitian siswa kelas XI Tata Boga 1 sebanyak 39 orang. Data penelitian berupa prestasi belajar siswa, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar dari prasiklus ke siklus I dilihat dari aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 47,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata mengalami peningkatan 6,74%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II berdasarkan aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 42,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata, mengalami peningkatan sebesar 11,67%. Jadi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Denpasar kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga tahun pelajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono, Supardi (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Depdikbud (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Direktorat Dikmenum.
Hudojo, Herman (1988). Mengajar Belajar Matematika. P2LPTK. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Moleong, Lexy J. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman (1993). Evaluasi Proses dan Hasil belajar matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Suherman, Erman dan Winataputra, Udin S. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Trianto (2007). Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published

2018-03-30

Issue

Section

Articles