Pemanfaatan Lapangan Rumput sebagai Sumber Belajar pada Materi Plantae Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.1403894Keywords:
Lapangan Rumput, Materi PlantaeAbstract
Komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan merubah cara pembelajaran (memilih metode pembelajaran yang tepat), salah satunya adalah memanfaatkan lapangan rumput sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lapangan rumput sebagai sumber belajar pada materi Plantae. Jenis penelitian tergolong penelitian eksperimen semu (quasi experiment) Posttes-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal tahun Pelajaran 2015/2016, sebanyak 347 orang. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar biologi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik dengan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lapangan rumput sebagai sumber belajar pada materi Plantae.
Downloads
References
Auliaty,Y. (2008). Pemanfaatan Lapangan Rumput Sebagai Sumber Belajar Materi Hubungan Makhluk dan Lingkungan Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar ( JAS ) Di SDN Pulogebang 08 Pagi Jakarta Timur.
Nurhayati N. (2008) Biologi Bilingual Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1 dan 2 Penerbit CV Y Rama.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Sumarwan (2014). “Hakikat Pembelajaran Biologi”. http://sainsedutainment.blogspot.com/2014/05/hakikat-pembelajaran-biologi.html
Tjitrosoepomo,G. (2010). Taksonomi Tumbuhan (soermatophyta). Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Warkidah, N. (2011). Komparasi Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Lingkungan Sekitar Sekolah Dengan Pemutaran Film pada Materi Pokok Ekosistem Kelas VII di MTS Nu Nurul Huda Semarang. Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.