Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Multiple Talent terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta.

Authors

  • Kadek Suryati Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia
  • Suardiati Putri Ni Wayan STIMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4307638

Abstract

Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbasis multiple talent terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen). Design penelitian ini menggunakan  Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Design penelitian ini terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kuta yang diambil dengan teknik secara random  sampling. Metode pengumpulan data diambil observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika siswa pada kelompok eksperimen adalah 73,5. Sedangkan rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 66,1. Kemudian dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,864 dan derajat kebebasan 78 diperoleh ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Temuan ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis  multiple talent terhadap  prestasi belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran TAI berbasis multiple talent dalam pembelajaran matematika akan mengoptimalkan dan mementingkan upaya pengembangan seluruh potensi siswa sesuai dengan bidangnya dan keterampilan yang dilatihkan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-07