Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA5 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3743113Abstract
Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020, (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.
Downloads
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.