Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA5 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • I Made Sunarta SMA N 5 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3743113

Abstract

Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020, (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-07

Issue

Section

Articles