PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN GAME SIMULATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018.
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3745646Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif dengan game simulation terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas yang ditetapkan dengan menggunakan teknik random sampling.
Data yang dikumpulkan berupa motivasi belajar dengan menggunakan angket dan hasil belajar biologi dengan mengunakan tes. Angket dan tes yang digunakan telah memenuhi syarat karena sebelum digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan analisis statistik MANOVA.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kreatif dengan game simulation dengan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kreatif dengan game simulation dengan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 3) ada perbedaan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kreatif dengan game simulation dengan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Motivasi dan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kreatif dengan game simulation lebih baik jika dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kreatif dengan game simulation berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik di kelas X MIA SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018.
Downloads
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.