PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK PGRI 3 BADUNG

Authors

  • Putu eka indrawan matematika
  • Ni Komang Dessy Dessy Anjasari Safitri IKIP PGRI BALI
  • I Putu Eka Eka Indrawan IKIP PGRI BALI
  • Ni Luh Putu Yesy Yesy Anggreni IKIP PGRI BALI

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3743929

Keywords:

Model Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik SMK PGRI 3 Badung dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Non Equivalent Posttest Only Control Group Design; melibatkan sampel sebanyak 84 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dipilah menjadi dua tingkatan faktor, yaitu model Probing Prompting yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sebagai variabel terikat dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika yang digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan MANOVA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar matematika peserta didik, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik.

Simpulan yang diperoleh dari penelitan ini adalah bahwa model Probing Prompting dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-08

Issue

Section

Articles