Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA di SMP

Authors

  • Ibefati Zai Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5353

Keywords:

Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, IPA, Efektivitas, Pembelajaran

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning  (PBL)

Terhadap Kemampuan  Pemahaman Konsep IPA di SMP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 6 Lahewa. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VII-A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 14 dengan uji normalitas, uji N-Gain, dan uji-t (paired sample t-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain sebesar 72%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif, serta nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan model PBL. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri 6 Lahewa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, D., & Septiani, A. (2023). Model pembelajaran berkonteks masalah. CV. Azka Pustaka.

Afifah Aulia Zayrin, Nupus, H., Maizia, K. K., Marsela, S., Hidayatullah, R., & Harmonedi, H. (2025). Analisis instrumen penelitian pendidikan (uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian). QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 780–789. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1070

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/981

Andria, A. S. D. and Rizky, M. (2024). Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan daya berpikir kritis kepada peserta didik. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(12), 16-23. https://doi.org/10.62504/jimr1011

Artini, N. K. W. (2023). Jelajahi hambatan pendidikan: penelusuran faktor-faktor kesulitan belajar ipa pada kelas VI sd nomor 1 pangsan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2), 50-55. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.181

Bili, S., Suparmi, S., & Sarwanto, S. (2022). Problem-based learning: improving students’ concept mastery and learning activities. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(1), 25. https://doi.org/10.26858/est.v8i1.21970

Dewi, R., Sari, A., & Hidayati, N. (2021). Peran Pembelajaran IPA dalam Pengembangan Pemahaman Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 123-134.doi:10.12345/jpp.v8i2.1234

Fitrian, L. (2024). Perspektif kontemporer terhadap kurikulum dan pengajaran: Tantangan dan inovasi dalam era pendidikan modern. Jurnal Inovasi Global, 2(1). https://jig.rivierapublishing.id/index.php/rv/article/view/44

Isnaeni, L. A. (2022). Pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep materi sistem pertahanan tubuh melalui Problem Based Learning (PBL). BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 251-259. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i3.1020

Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 16-21.

Kurniawan, I., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Lidyawati, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnosains terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran biologi di sman 14 bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Murdaningrum, R., Purwati, S., & Savitri, E. N. (2023, July). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Kelas VII B SMP Negeri 10 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Mustamiroh, M., Jannah, A. M., Buhari, M. R., Muhlis, M., & Djangka, L. (2023). Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar ips di sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 277-288. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.234

Nurcahyati, R. I., Indrawati, I., & Wicaksono, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Cahaya. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 72-78. https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/9952

Nurwulan, Y., Suryadi, D., & Supriatna, N. (2022). Pengembangan desain Problem Based Learning berbantuan jobsheet dalam pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan kompetensi keahlian konstruksi gedung, sanitasi dan pemeliharaan di smk. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 2(1), 13-22. https://doi.org/10.17509/jptb.v1i1.34284

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Downloads

Published

2025-09-29