Penerapan Metode Kejar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Operasi Perkalian Pada Pendidikan Dasar

Authors

  • I Made Surat IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.535

Keywords:

Metode Kejar, Kemampuan Berhitung

Abstract

Numerasi adalah keterampilan dasar yang sangat diperlukan dalam matematika, yang mencakup pengetahuan tentang angka dan sistem operasi. Melalui metode KEJAR, maka keterampilan ini dapat diluncurkan dan secara bersamaan dikonsolidasikan dan bertingkat. Metode KEJAR adalah metode ekonomis kalkulator jari, sehingga dapat bermanfaat sebagai alat darurat dan hanya menghitung. Pelatihan berkelanjutan diperlukan agar implementasinya menjadi benar-benar efektif dan berkelanjutan. Ketrampilan dalam menggunakan metode KEJAR akan meningkatkan kemampuan multiplikasi siswa, karena jumlah alat atau media ini merupakan bagian integral dari dirinya. Dengan melihat kekurangan dan kelebihan dari metode ini maka penggunaannya akan lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalu S. Naga (1980) Berhitung Sejarah dan
Pengembangan PT. Gramedia
Jakarta.
Flansburg, Scott. 1998. Buku Pintar
Matematika Untuk Anak – Anak. Pt.
Jason Publication
Hendra, BC. 2001. Buku Bantu ABC (Aneka
Berhitung Cepat). Edisi Perdana.
Depdiknas. Jakarta
. 1998. Mengajar Belajar
Matematika. Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi P2PLTK : Jakarta
Hendra Bl.tt. ABC : Aneka Berhitung Cepat.
R3W Media
Muhsetyo G, dkk. 2007. Pembelajaran
Matematika SD. UT. Jakarta.
Sutan, Firmanawati. 2003. Mahir
Matematika Melalui Permainan.
Jakarta : Puspa Terampil.
Septi Peni Wulandari : Prestasi Bermula dari
Sepuluh Jari. Kompas. 2009-04-18
diakses tanggal 2016-03-02
Tim Penerbit, 2009. Buku Sakti Jarimatika :
Metode Berhitung Cepat dengan Jari
Tangan. Diva Press.

Published

2019-11-12