Penerapan Problem-Based Learning Berbasis Kontekstual dalam Upaya Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5339Keywords:
kontekstual, , problem-based learning, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) berbasis kontekstual. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika, yang disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang menarik dan tidak relevan dengan kehidupan nyata siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Denpasar dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis kontekstual berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 36,11% siswa yang memiliki motivasi tinggi. Setelah siklus I, persentase meningkat menjadi 58,33%, dan pada siklus II mencapai 83,33%. Rata-rata skor motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 55,94% pada pra-siklus menjadi 71,25% di siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang kontekstual dan berbasis pemecahan masalah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Agustin, E., Rahadju, E. B., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 107-116.
Arviana, A., Syahrilfuddin, S., & Antosa, Z. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVB SD Negeri 147 Pekanbaru Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa ada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVB SD Negeri 147 Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://psn.prosiding.unri.ac.id/index.php /PSN/article/view/7881.
Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Sumatera Barat: AZKA PUSTAKA.
Diarsa, I N., (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas TB 3 SMK Negeri 1 Kubu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 7(4), 106-120.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNIA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.
Hendrizal. (2020). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Riset: Pendidikan Dasar dan Karakter, 2(1), 44-53.
Rahman, M. R. A., Juwana, D. P., & Wirasti, N. K. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Widyadari, 25(2), 219-229.
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-102.
Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). Memahami Sumber Data Penelitian: Primer, Sekunder, dan Tersier. Edu Research, 5(3), 110-116.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.











