Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau Dari Disposisi Matematis

Authors

  • Hertiman Zega
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5336

Keywords:

Pemahaman Konsep, Peluang, Disposisi Matematis, Kesulitan Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Lotu kesulitan dalam memahami konsep matematika, khususnya pada materi  peluang, yang disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep dan disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal peluang ditinjau dari disposisi matematis di SMA Negeri 1 Lotu. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lotu, dan sampel kelas X-2 diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes pemahaman konsep peluang berbentuk uraian, angket disposisi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan disposisi matematis tinggi memperoleh nilai pemahaman konsep berkategori baik dengan disposisi tinggi, menunjukkan kemampuan baik dalam menyatakan ulang dan mengklasifikasikan konsep peluang, namun masih mengalami kesulitan dalam merepresentasikan konsep. Siswa dengan disposisi sedang memiliki nilai pemahaman konsep berkategori cukup dengan disposisi sedang, menunjukkan pemahaman sederhana dalam menyatakan ulang dan mengklasifikasikan konsep peluang, namun masih mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep dan merepresentasikan konsep saat memecahkan soal peluang. Sementara itu, siswa dengan disposisi rendah memperoleh nilai sangat rendah dengan disposisi rendah, menunjukkan kesulitan pada semua indikator pemahaman konsep yakni menyatakan ulang, mengklasifikasikan, merepresentasikan, dan mengaplikasikan konsep akibat kepercayaan diri dan ketekunan yang rendah. Temuan ini menunjukkan hubungan antara disposisi matematis dengan pemahaman konsep peluang, semakin baik disposisi matematis siswa, semakin baik pula pemahaman konsep peluang siswa, meskipun masih terdapat kendala pada representasi konsep dan penerapan prosedur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Y. (2023). Mengenal Kesulitan Belajar Pada Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6, 9–18. https://doi.org/10.29407/kthqtt85

Aini, H., Khuzaini, N., & Sustianta, S. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1199 -. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1232

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228

Amelia, et al. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Analisis Data Dan Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V (Sandika V), Universitas Pekalongan

Anggraena, Y., et al. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek

Ariyanti, R., & Wahyuni, S. (2022). Hubungan disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(2), 145–154. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3245

Ashuri, S., Noviastuti, N., Yuliana, D., Salsabila, A., Holili, A., & Fauzi, I. (2022). Perbandingan Hasil Belajar dan Disposisi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 16(1), 18-28. https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i1.2586

Astutik, Y. P., & Dewi, W. D. (2023). Hubungan disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(1), 45–55. https://doi.org/10.26737/jpmi.v8i1.4298

Aulia, A., Putri, A., & Kowiyah, K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Dan Pengukuran Siswa Kelas II Sekolah Dasar Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.305

Enlisia, et al. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 5(12), 1820—1826, http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14347

Halawa, S., Mendrofa, R. N., Zega, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1991-1997. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1466

Hartatik, S., Nafiah, N., Mariati, P., & Amin, S. (2023). Merancang Pembelajaran Matematika Yang Inovatif dan Kreatif di SD Iskandar Said Surabaya. Indonesia Berdaya, 5(1), 157-162. https://doi.org/10.47679/ib.2024648

Hastuti, P. S. D., Cahyadi, F., & Subekti, E. E. (2022). Ragam Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Wawasan Pendidikan, 2(1), 189-198. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9858

Iman, M. et al. (2024). Diagnosis Kesulitan Belajar. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi

Indah, N., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24-34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.981

Ismail, H. S. and Zulkarnaen, R. (2023). Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Kecemasan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1857-1862. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122

Istianah, L. and Mardani, D. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2237-2245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.4895

Kemendikbudristek. 2022. Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi Nomor 008/ H/ KR/ 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Khaerani, K., Arismunandar, A., & Tolla, I. (2024). Peran etnomatematika dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika: tinjauan literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 5(1), 20-26. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v5i1.579

Mahdin, M. H., Yahiji, K., & Abdullah, A. H. (2024). Managemen kurikulum merdeka berbasis teoritis dan filosofis. Jurnal Pena Edukasi, 11(2), 186. https://doi.org/10.54314/jpe.v11i2.2003

Mendrofa, N. K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan RME Kelas X-IPS SMA Swasta PEMBDA 1 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 4(1), 286-290. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.282

Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Model Examples Non Examples Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 230–234. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2147

Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.544

Nailia, V., Setiawan, D., & Purbasari, I. (2023). Studi analisis kesulitan penyelesaian soal cerita pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2595-2602. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1878

Nisa, Y. K., Riswari, L. A., & Setiadi, G. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(2), 1685– 1693, https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5486

Pohan, A. M., Asmin, A., & Menanti, A. (2020). The effect of problem based learning and learning motivation of Mathematical problem solving skills of class 5 students at SDN 0407 Mondang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 531-539. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.850

Pratama, I. D. M., Mushafanah, Q., & Purnamasari, V. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada materi penyajian data siswa sekolah dasar. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 128-134. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i2.544

Rezita, R., & Rahmat, T. (2022). Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 79-90. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5062

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 91–107. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/mtk/article/view/495

Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/125

Sari, D. P., & Saputra, H. (2023). Hubungan disposisi matematis dan self-efficacy dengan kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 109–118. https://doi.org/10.32672/qalasadi.v7i2.6392

Siagian, Q. A., Darhim, D., & Juandi, D. (2023). The Effect of Cooperative Learning Models On The Students' Mathematical Critical And Creative Thinking Ability: Meta-Analysis Study. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 969-990. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2281

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Sulastri, D., Hidayat, W., & Ahmad, A. (2022). Pengembangan disposisi matematis dan hubungannya dengan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 44–54. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.15214

Susanti, D., et al. (2021). Matematika untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemedikburistek

Telaumbanua, Y. N. (2020). Analisis pembelajaran dengan menggunakan software geogebra dalam pembelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 131-138. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/683

Utami, D. A., & Fitria, D. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi peluang melalui pembelajaran berbasis konteks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8470–8479. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.6352

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Downloads

Published

2025-09-29