Pengaruh Handout Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Alasa Talumuzoi

Authors

  • Yuraman Hulu Universitas Nias
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5333

Keywords:

Handout, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sering dianggap sulit dan menimbulkan kecemasan bagi peserta didik, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dalam memahami konsep-konsep sains. Kondisi ini diperkuat oleh dominasi metode pembelajaran yang berpusat pada guru serta keterbatasan ketersediaan bahan ajar inovatif yang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pengembangan dan pemanfaatan handout sebagai bahan ajar kontekstual yang mendukung penguatan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk membuktikan penggunaan handout berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunanan handout dengan siswa yang tidak menggunakan handout dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent posttest-only control group design. Seluruh siswa kelas VIII dijadikan sampel penelitian melalui teknik total sampling. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan handout, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran tanpa handout. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan selisih 26,05 poin. Hasil uji Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan t hitung sebesar 11,712, lebih besar dari t tabel 2,02269. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan handout memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/4369/2130

Antika, R. (2024). Development Of Critical Thinking Skills Based Handout On The Topic Of The Human Respiratory System To Improve Science Literacy In Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(1), 31-46. https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i1.33432

Astuti, P., Ashari, A., & Kurniawan, E. (2018). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Radiasi Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 11(1), 11-16. https://doi.org/10.37729/radiasi.v11i1.57

Ayçiçek, B. (2021). Integration of critical thinking into curriculum: Perspectives of prospective teachers. Thinking Skills and Creativity, 41, 100895. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100895

Ayu, V. and Rinaningsih, R. (2021). Efektivitas Handout Pada Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa: Review. Chemistry Education Review (Cer), 4(2), 103. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19989

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/56190

Hasanah, M., Silangit, S. Z. P. ., Jamil, R. P. ., & Amanda, W. N. . (2023). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Nurul Iman Tanjung Morawa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.540

Herawati, V. (2022). Pengembangan media pembelajaran IPA dengan menggunakan media “Rumah Eksis” di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(1). http://repository.uinsu.ac.id/16006/

Hidayati, N., Suprapta, B., & Sulistyo, W. (2022). Desain Bahan Ajar Handout Qr Code Materi Kehidupan Mesolitik Gua Lawa Sampung. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(1), 50-57. https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p50-57

Inayah, A., Agustin, R., & Sumarni, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Handout Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Surakarta. Indonesian Journal of Civil Engineering Education, 6(1), 57. https://doi.org/10.20961/ijcee.v6i1.53692

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.49

Malahayati, E. and Zunaidah, F. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah

Mohammed, M. and Assiri, M. (2020). Effectiveness Of Structured Handouts Lectures And Oral Discussion On The Performance Of Science Students In The Basic Biochemistry Course.. https://doi.org/10.31124/advance.11858157.v1

Padmakrisya, M. (2023). Studi Literatur: Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Matematika. Jurnal Basicedu, 7(6), 3702-3710. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6327

Panjaitan, R., Dharmono, D., & Suyidno, S. (2022). The Effectiveness Of Science Handouts Based On Critical Thinking Skills On The Diversity Of Living Things. Sej (Science Education Journal), 6(2), 65-77. https://doi.org/10.21070/sej.v6i2.1624

Panjaitan, R., Dharmono, D., & Suyidno, S. The Effectiveness of Science Handouts Based on Critical Thinking Skills on the Diversity of Living Things. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/33718

Qoriah, P. and Rinaningsih, R. (2021). Meta-Analysis Of Using Handouts To Enhance Chemistry Student’s Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 9(1), 26. https://doi.org/10.26714/jps.9.1.2021.26-32

Rahman, A., Suharyat, Y., Zulyusri, Z., Yastati, U., Santosa, T. A., Gunwan, R. G., Suhaimi, S., & Ilwandri, I. (2023). Pengaruh Flipchart Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di Indonesia: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Sustainable, 6(1), 95-107. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3391

Romadhan, S. (2024). Kelayakan Handout Tanaman Bawang Merah Dan Pemanfaatannya Sebagai Potensi Lokal Berbasis Sdgs. SNAPP, 2(1), 329-332. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3154

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. KBM Indonesia.

Winarni, D. (2023). Pengembangan Handout Berbasis Qr Code. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 661-670. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.350

Yam, J. and Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Yunizhar, L. (2024). Pengembangan Handout Pai Berbasis Nilai Dinamis Dan Inovatif Untuk Pemahaman Islam Wasathiyah di SMK N 1 jombang. Islamika, 6(1), 305-317. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4324

Yusliani, E., Burhan, H. L., & Nafsih, N. Z. (2019). Analisis integrasi keterampilan abad Ke-21 dalam sajian buku teks fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 184-191. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/392

Downloads

Published

2025-09-29