Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar

Authors

  • Ni Wayan Sunita IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.533

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, minat belajar dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 × 2 yang dilaksanakan di jurusan pendidikan Matematika dengan melibatkan sampel sebanyak 48 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dari uji hipotesis juga didapat Fhit sebesar 78,454 dengan sig .000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima H0 ditolak 2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah. Dari uji hipotesis juga didapat Fhit sebesar 220,443 dengan sig .000 lebih kecil dari 0.05sehingga H1 diterima dan H0 ditolak .3) Terdapat interaksi antara mo del pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika dan didapat Fhit sebesar 50,030 dengan sig .000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 tolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi. 2014. Psikologi Belajar.
Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi. 2015. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi
Aksara
Artikel Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD Terhadap Minat. 2015.
https:/./portalgaruda.org/article.php.
articlepengaruhmodelpembelajaran
kooperatiftipestadterhadapminat.
Diakses 14 November 2017.
Belajar. 2016.
https://occiie23.wordpress.com/201
6/07/05/masalah-masalah-dalambelajar-dan-penanggulangannya.
Diakses 2 November 2016.
Candiasa, I Md. 2010 . Statistika
Univariat dan Bivariat Disertai
Aplikasi SPSS. Unit Penerbitan
Universitas Pendidikan Ganesha
Singaraja.
Catharina Tri Anni. 2014. Psikologi
Belajar. Semarang : Unnes Press
Dantes, N . Kerangka Dasar
Pendidikan Kuantitatif. Makalah,
disampaikan pada seminar metode
penelitian di Universitas Hindu
Indonesia tanggal 29 Juli 2009 di
Denpasar.
Dantes, N.2007. Analisis Varians.
Universitas Pendidikan Ganesha.
Gie. 2015. Cara Belajar Efisien.
Yogyakarta : PT. PUBIB.
Jogiyanto. 2016. Analisis dan Desain
Sistem Informasi. Yogyakarta :
Edisi IV Andi Offset.
Hardjana. 2015. Komunikasi
Intrapersonal dan interpersonal.
Yogyakarta : PT. Kanisius.
Hasnawiyah. 2015. Minat dan
Motivasi Mahasiswa. Jakarta : PT.
Reina.
Kariasa. 2010. Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Berbasis
Masalah Disertai Penilaian Unjuk
Kerja Terhadap Prestasi Belajar
Kimia Ditinjau dari Kuriositas
Mahasiswa kelas XI SMA Negeri 1
Nusa Penida. Tesis Singaraja.
Program Pasca Sarjana Undiksha.
Kartono. 2015. Hygiene Mental.
Bandung : PT. Mandar Maju.
Anonim. 2015 Langkah-langkah
PembelajaranKooperatif Tipe
Student Teams
Achievement..http://sharewithlingg
ar.blogspot.co.id/2015/03/pembelaj
aran.kooperatif-tipe-stad.html.
Diakses 1 November 2017.
Lockmono. 2014. Belajar Bagaimana
Belajar. Jakarta : BPK Gunung
Mulia.
Maidiyah. 2015. Metode Mengajar.
Jakarta : Gramedia.
Media Pembelajaran. 2016.
https://media.neliti.com/media/punl
ications/117499-ID-none. Diakses 3
November 2017.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD dan Langkah-langkah.2017.
http://herdy16.wordpress.com/2016
/04/22/model-pembelajaran-stadstudent-teams-achievementdivision. Diakses 10 Oktober 2017.
Motivasi dan Minat.
2015.https://luluasegaf.wordpress.c
om/2015/02/19/pengaruhtingkatintelengensi-dan-motivasi-
179
179
belajar-terhadap-prestasi-akademik.
Diakses 1 November 2015.
Minat Belajar.2017.
http://www.sarjanaku.com/2017/06/
pengertian-minat-belajarmahasiswa-menurut-html. Diakses
1 November 2017
Nurhadi. 2015. Pembelajaran
Kooperatif. Surabaya : Unesa
University Press
Pengaruh Lingkungan
BelajaraMahasiswa Salah Satunya
Minat. 2015.
https://syahrulmuniraveiro.wordpre
ss.com/2015/03/20pengaruhlingkungan-belajar-terhadap-minatbelajar-mahasiswa. Diakses 1
November 2015.

Published

2017-10-12