Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbantuan Asesmen Autentik terhadap Ketahanmalangan dan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Gusti Agung Ngurah Trisna jayantika IKIP PGRI Bali
  • I Wayan Karya Widnyana IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik terhadap ketahanmalangan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini tergolong Quasi Exsperiment (eksperimen semu) dengan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Equivalen Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nasional Denpasar sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik multistge random sampling, yang dirandom adalah kelasnya dan didapat 2 kelas sebagai sampel. Variabel terikat yaitu ketahanmalangan dan hasil belajar matematika dan variabel bebas yaitu pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dan pembelajaran konvensional. Data tentang ketahanmalangan siswa dikumpulkan dengan angket ketahanmalangan dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan di analisis dengan uji manova dengan menggunakan SPSS 17,0 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh : 1) terdapat perbedaan ketahanmalangan antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 3) Terdapat perbedaan secara simultan ketahanmalangan dan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad,Syarwani.2013.Ketahanmalangan
Kepeminpinan Kepala
Sekolah.Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Anam,Khoirul.2015.Pembelajaran Berbasis
Inkuiri.Yogyakarta.Pustaka Pelajar.
Arikunto,Suharsimi.2012.Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.
Candiasa,I Made.2010.Statistik Univariat Dan
Bivariat Disertai Aplikasi SPSS.Singaraja:
Universitas Pendidikan Ganesa.
Djaali,H.2006.Psikologi
Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.
Djamarah,S Bahri.2000.Psikologi
Belajar.Banjarmasin: Rineka Cipta.
Eri Nuriani, Ni Luh. 2016. Pengaruh
Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil
Belajar Matematika dengan Mengontrol
Bakat Numerik Peserta Didik Kelas VIII
SMP Negeri 5 Mengwi Tahun Pelajaran
2015/2016. Denpasar. (tidak diterbitkan)
IKIP PGRI Bali.
Husmah & Yanur Setyaningrum.2013.Desain
Pembelajaran Berbasis Pencapaian
Kompetensi Panduan Merancang
168
Pembelajaran Untuk Mendukung
Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta:
Prestasi Pustakarya.
Joko,waluyo. 2013. Penerapan Pendekatan
PAIKEM Dengan Strategi PQ4R Dalam
Meningkatkan Akivitas dan Hasil Belajar.
Mujapar. “Eksperimentasi pembelajaran
matematika dengan metode jigsaw pada
pokok bahasan peluang ditinjau dari
motivasi belajar siswa kelas XI Ilmu Alam
SMA Negeri 3 Surakarta”,
https://core.ac.uk/download/pdf/12349251
.pdf (diakses 24 Oktober 2016).
Nurhadi.2004.Pembelajaran Kontekstual dan
Penerapan dalam KBK.Malang:Penerbit
UM.
Octafiany, Evi. 2013. Teori Belajar
Konstruktivisme. Jurnal Belajar 12,
Universitas Muhammadiyah Malang.
Sagala,Syaiful.2012.Konsep dan Makna
Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.
Sri Anitah W,dkk.2014.Strategi
pembelajaran.Tanggerang:Universitas
Terbuka.
Supardi.2015.Penilaian
Autentik.Jakarta:Rajawali Pers.
Sugiyono.2015.Metode Penelitian
Pendidikan.Bandung:Alfabeta.
Tritanto.2007.Model-Model Pembelajaran
Inovatif berorientasi
Konstruktivistik.Jakarta:Prestasi Pustaka.
Undang – Undang Republik Indonesia No 22
Tahun 2016 tentang standar proses
pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Published

2019-11-12