PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA

Authors

  • Ni Putu Maha Puja Gayatri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Citrawathi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutajaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5317

Keywords:

e-modul flipbook, Socio Scientific Issues, sistem reproduksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul flipbook berbasis Socio Scientific Issues (SSI) pada materi sistem reproduksi di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mengetahui tingkat validitas serta kepraktisannya. Penelitian dilakukan karena rendahnya pengetahuan siswa terhadap kesehatan reproduksi, serta kurangnya bahan ajar kontekstual yang dapat mengaitkan materi dengan isu-isu sosial di sekitar mereka. Penelitian ini melibatkan dua orang validator (ahli materi dan ahli media), empat orang guru, dan dua belas siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul flipbook berbasis SSI pada materi sistem reproduksi berhasil dikembangkan dengan struktur isi dan desain media yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa, (2) e-modul dinyatakan sangat valid oleh validator dengan penilaian tinggi pada kelayakan isi, penyajian, dan tampilan media, (3) e-modul dinyatakan sangat praktis oleh guru dan siswa dari aspek penggunaan, isi materi, dan tampilan media, dengan persentase keseluruhan berada pada kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, N. P., Idyawati, S., Salfarina, A. L., & Mataram, S. Y. (2022). Kurangnya Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi (Vol. 2, Issue 1).

Bagas, M., & Lubis, N. A. (2023). Hubungan Peran Guru Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Sikap Remaja Dalam Menghadapi Pubertas. In Midwifery : Jurnal Kebidanan Dan Sains (Vol. 1).

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Citrawathi, D. M., Budi Adnyana, P., Luh, N., & Widiyanti, P. M. (2024). Edukasi Pencegahan Pelecehan Seksual Di Sekolah (Vol. 9).

Elna, N. P., Novita, M., Yusnaini, Y., & Syahradesi, Y. (2025). Inovasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja: Edukasi dan layanan untuk menunjang kesehatan seksual. Room of Civil Society Development, 4(3), 509–520. https://doi.org/10.59110/rcsd.640

Endang Sri Wahjuni, Anjani, N. I. A., Abdul Fauzi, Satria Eureka Nurseskasatmata, Nidya Comdeca Nurvitriana, Fedelita Aistania Putri, Sherly Aurellia Ardyananda, & Agatha Rachel Kristilla. (2025). Upaya Peningkatan Status Kesehatan Bagi Siswa di Sekolah Indonesia Jeddah Melalui Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Penyuluhan Reproduksi Remaja. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 406–419. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i1.2221

Fatkhiyah, N., Masturoh, M., & Atmoko, D. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Gunawan Sakti, H. (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Melalui Aplikasi Autoplay Untuk Siswa Kelas X Ma Darul Qur’an.

Hanifah, L., Djaali, N. A., & Buntara, A. (2021). Peningkatan Kesadaran Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(2), 143–153. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.747

Hasdiana, H., & Barkah, A. (2024). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja dengan Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa di SMK Generasi Mandiri Gunung Putri Bogor. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 5(1), 353–362. https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i1.16548

Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E- Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al- thariqah.2022.vol7(2).10851

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.870

https://ejournal.ypayb.or.id/index.php/midwifery

Ilmi Wahidah, A., Hana Siswati, B., & Artikel, R. (2024). Info Artikel Abstrak. 15(3), 301–308. https://doi.org/10.31764

Interactive Flipbook Based-Learning Media on Human Nervous System Material to Increase Students’ Learning Motivation for 11 th Grade of Senior High School Rizki Nur Wijayanti Isnawati (Vol. 12, Issue 2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 84–89. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.776

Manajemen Diklat. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132–139. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.546

Mandiri), 7(4), 3802. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16386

Nugraha, M. A. (2024). Pemanfaatan Media Digital Untuk Pembelajaran Kreatif (Vol. 3).

Nurazizah, B., Mahrawi, M., Ratnasari, D., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Kontekstual (Vol. 3, Issue 1).

Oktaria, R., & Martha, E. (2023). Analysis the Use of Learning Media Reproductive Health Education Based on Android and Websites: Sistematic Review. In Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Vol. 6, Issue 12, pp. 2397–2404). Muhammadiyah Palu University. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i12.4140

P Dwipayana, P. A., Suardana, I. N., & Tika, I. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Terintegrasi Konteks Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP (Vol. 18, Issue 1).

Pratama, D., & Darojat, L. (2025). E-module for geometric transformation visualization: A case study on generation Z mathematics education. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 8(1), 66. https://doi.org/10.24042/ijsme.v8i1.25875

Riset Media Keperawatan, J., Azhari, N., & Kurnaisih, E. (n.d.). Pengaruh Edukasi Melalui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja.

Sandra, I., Wijanarko, T., Nisa, S., Rintia, R., Revitasari, R., Kurniawan, R. A., Tama, D. A., & Bhakti, N. J. (2024). Advokasi Kespro dengan Media E-Booklet untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Reproduksi Siswa. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 436–445. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.802

Science Education • Spring (Vol. 21, Issue 2).

Seyhan, H. G., & Okur, M. (2021). Available online at ijci.wcci-international.org International Journal of Curriculum and Instruction 13(3) Examining the changes in pre-service science teachers’ views on science, technology and society: The impact of socio-scientific issues* conditions of the Creative Commons Attribution license (CC BY-NC-ND). In International Journal of Curriculum and Instruction.

Supratman, S. (2023). Pendidikan Kesehatan Tentang Reproduksi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa. JMM (Jurnal Masyarakat

Wijayanti, R. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Interaktif Pada Materi Sistem Saraf Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Development of

Zeidler, D. L. (2009). Socioscientific Issues: Theory and Practice. In Journal of Elementary

ZINNURAIN, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah

Downloads

Published

2025-09-29