Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa

Authors

  • Ni Made Dianti Purwaningsih IKIP PGRI Bali
  • I Wayan Widana IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.530

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Bakat Numerik, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional setelah mengendalikan kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 10 kelas dengan 374 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Ada dua sampel, kelas VII F (kelompok eksperimen) dan kelas VII H (kelompok kontrol). Data dikumpulkan dengan tes dan metode observasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar matematika. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan analisis kovarians. Hasil analisis data adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional setelah mengendalikan matematis logis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model pembelajaran konvensional dengan mengendalikan kecerdasan logis matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ridwan. 2014. Pembelajaran
Saintifik untuk Implementasi
Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi
Aksara.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model -
Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta:
Ar-Ruzz.
Ngalimun, S.Pd, M.Pd. 2014.Strategi dan
Model Pembelajaran. Yogyakarta:
Aswaja Pressindo.
Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016.
Ratih, dkk. 2015. Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
(Problem Based Learning) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VIII.2 SMP
Negeri 4 Pekanbaru. Journal Jurusan
Pendidikan Matematika FKIP
Universitas Riau.
Setiawan, Dedy, dkk. 2014. Pengaruh
Pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik dan Asesmen Projek
terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika dengan
Mengendalikan Kemampuan Numerik
pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Sawan Singajara.E-Journal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha.Volume 4.
Sulistyowati, Dewi Anggraeni. 2013.
Hubungan Antara Bakat Numerik dan
Prestasi Belajar Matematika.Fakultas
Psikologi Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Syarifuddin,Ahmad. 2011. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Hasil Belajar.
Jurnal TA’DIB. Vol. XVI. No. 01,
Edisi Juni.IAIN Raden Patah
Palembang.
Ward. 2002. Problem Based Learning.
[Online]. Tersedia:
https://www.academia.edu/5934154/Pr
oblem_Based_Learning. [9 September
2016].
Widiada, dkk. 2013. Pengaruh
Implementasi Model Pembelajaran
Berbaisis Masalah Terhadap Hasil
Belajar Matematika Ditinjau Dari
Kecerdasan Logis Matematis Pada
Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan
SMK PGRI Payangan. E-Journal
Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha, Program Studi
Administrasi Pendidikan. Volume 4.
Widjajanti, Djamilah. 2011. Pengertian
Pembelajaran Berbasis
Masalah.[Online]. Tersedia:
https://www.academia.edu/736022/Pe
mbelajaran_Berbasis_Masalah. [9
September 2016]

Published

2017-10-11