Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido

Authors

  • Seprianus Halawa Universitas Nias
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias
  • Yaredi Waruwu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5299

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pre-Experimental, SMP

Abstract

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar

Peserta Didik SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pre-Experimental Design, tepatnya dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Data diperoleh melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. 2-tailed < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, Ha diterima Ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif pendekatan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhiruddi, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Makassar. Penerbit: CV. Cahaya Bintang Cemerlang

Amirono, dkk. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Malang. Penerbit: GAVA MEDIA.

Aulia Rahman Arief, Eva Nasryyah Cut. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Meulaboh. Penerbit: Uwals Inspirasi Indonesia.

Ediana Asep. 2020. Evaluasi Pembelajaran Inovasi Penilaian Hasil Belajar. Jakarta Selatan. Penerbit: Puslitpen LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Erviana Yuli, V., Sulisworo, D., Robi’in, B., & Rismawati Nur Afina, E. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Virtual Reality untuk Peningkatan HOTS Siswa.

Faisal Batennie. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Course Review Horay (CRH). Dengan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Febriana Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Penerbit: Bumi Aksara.

Gingga Prananda & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 3 No (3) 910.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Mataram. Penerbit: CV. Pustaka Ilmu Group.

Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta. Penerbit: UNY Press.

Herliani, dkk,. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Samarinda. Penerbit: Lakeisha.

Idris, S. H., Muqowim, M., & Fauzi, M. (2023). Kurikulum Merdeka Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Literasiologi, 9(2), 88–98. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i2.472

Ilham Agustian, dkk. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di PT. Jasarahaya Putra Cabang Bengkulu. Jurnal Profesional FIS UNIVED Vol.6 No (1) 43.

Ismail Susi. 2021. Perbedaan Hasil Belajara Peserta Didik Kelas VIII SMP N 11 Kota Ternate Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Eksperimen Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Konsep Tekanan Zat Padat. Jurnal Pembelajaran & Sains Fisika. (ISSN) 2774-1966. Vol. 2, No. 1, Juli. Hal. 9.

Lastriyani, I., Gunawan, U., Fitriyani, I. F., Fauzi, M. A. N., Firman, M., Lidiawati, Berliana, & Apip. (2023). Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi.

Komarudin, dkk. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Penerbit: Laboratorium Sosial Politik Press.

Mokalu Ardi, dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Demonstrasi Di Kelas X Jurusan Titl SMKN 2 Manado.(ISSN) 2776-2920. Vol. 1, No. 2, Oktober. Hal. 19.

Muhammad Zaini Hasanul Muttaqin. (2022). Pemahaman Nature Of Science (Hakekat IPA) Bagi Guru IPA: Solusi Membelajarkan IPA Multidimensi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol.8 No (21) 8.

Muhijrahtuddin, F. R., Palennari, M., & Tanra, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis E-LKPD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 339–349.

Nabillah, (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.

Nasution Nurliana, dkk. 2019. Buku Model Blended Learning. Pekanbaru. Penerbit: Unilak Press

Nurdyansyah, dkk. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Surabaya. Penerbit: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Nurdyansyah, dkk. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Surabaya. Penerbit: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Ningsi, B. A., & Arofah, I. (2021). http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI Vol.15 No.10 Mei 2021 Open Journal Systems. 15(10), 5097–5104.

Permata Sari, I., Nanto, D., & Putri, A. A. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.34306/mentari.v1i1.124

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar (Edisi Pertama). Centre For Developing Academic Quality (CDAQ) STAIN Surakarta.

Riska Awaliyah Wahyuni. (2020). Meningkatkan hasil belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Discuss, Explain, Observe,discuss Explain (PDEODE).

Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Buku-Referensi-Model-Model-Pembelajaran-Inovatif.

Septalia, dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Pendidikan. (ISSN) 23016671. Hal. 26, 27.

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sofyan Herminarto, dkk. 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Penerbit: UNY Press.

Sutikno, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran “Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan.”

Syamsidah, dkk. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta. Penerbit: Deepublish. Cv Budi Utama.

Downloads

Published

2025-09-29