IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM BIMBINGAN TUGAS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIA SEMESTER I SD NEGERI 24 PEMECUTAN

Authors

  • Nyoman Kariasa SD Negeri 24 Pemecutan

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v8i2.528

Keywords:

metode demonstrasi, bimbingan kelompok, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa Kelas VIA SD Negeri 24 Pemecutan pada Semester I. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis desktiptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 69,20 dengan ketuntasan belajar 64,50%, pada siklus I meningkat menjadi 74,75 dengan ketuntasan belajar 83,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,90 dengan ketuntasan belajar 100%. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIA SD Negeri 24 Pemecutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawang. 2008. Strategi Pembelajaran Kejuruan. Makassar: Badan Penerbit UNM
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Harsanto. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia.
Sudarmanto, Y.B. 1994. Tuntunan metodelogi belajar. Jakarta: PT. Gramedia

Trabrani Rusyan. 1990. Penuntun Belajar yang sukses. Jakarta: Nene karya jaya.

Udin S, Winataputra 2007, Materi dan pembelajaran IPS SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Wardhani I.G.A.K 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2019-11-25