Persepsi Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Pembina Olimpiade IPA
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.522Keywords:
persepsi, artikel ilmiah, guruAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi penulisan artikel ilmiah pada guru IPA guru olimpiade yang siswa bersaing di BBO di Universitas Mahasaraswati Denpasar pada tahun 2017. Penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain posttest only, yang dilakukan pada bulan September 2017. Sampel 13 guru. Data dianalisis menggunakan chi-square, dengan bantuan SPSS. Kemampuan menulis artikel ilmiah guru IPA olimpiade konstruktor yang siswanya mengikuti BBO dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kurang, sedang dan baik. Hasil tes menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nyata tentang persepsi penulisan artikel ilmiah pada guru. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi guru konstruktor olimpiade IPA yang siswanya mengikuti BBO adalah kategori sedang tanpa adanya perbedaan nyata (p = 0,676 *) setelah perlakuan diberikan.
Downloads
References
16 Tahun 2009. 2010. Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya. Diakses
dari:https://aguswuryanto.wordpress.com
/2010/12/24/ permenpan-dan-reformasibirokrasi-nomor-16-tahun-2009-tentangjabatan-fungsional-guru-dan-angkakreditnya/amp/. diakses pada tanggal 25
September 2017.
Rahardjo.2010. Kemampuan Menulis Guru
Lemah.diakses dari: http://www.uinmalang.ac.id/r/100301/kemampuanmenulis-guru-lemah.html. Tanggal: 2
Oktober 2017.
Rahman T. 2016. Kemampuan Guru Dalam
Menulis Masih Rendah. Diakses dari:
https://kalsel.antaranews.com/berita/4094
4/kemampuan-guru-dalam-menulismasih-rendah. Tanggal 30 September
2017.
Wahyudi. 2015. Alasan Guru Harus
Menulis.diunduh dari:
https://www.kompasiana.com/pewarisneg
ri/10-alasan-mengapa-guru-harusmenulis_54f3ccb9745513a12b6c7f0b.
diakses pada tanggal 1 Oktober 2017.
Wibowo. 2015. Penulisan Artikel Ilmiah.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
UU No. 14 Tahun 2005. 2015. Undangundang RI Nomor 14 Tahun 2005
Tentang Guru dan Dosen. Diakses dari:
www.sekolah-id.com/2015/10/undangundang-ri-nomor-14-tahun-2005-tentangguru-dan-dosen.html?m=1. diakses pada
tanggal 25 September 2017.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.