Penerapan Metode Inkuiri dengan Media Power Point Berbasis Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.520Keywords:
Inkuiri, Powerpoint, Motivasi dan Prestasi belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar Biologi; (2) meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa dengan menerapkan metode inkuiri dengan pembuatan powerpoint mandiri. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek seluruh siswa kelas XI IPA3 SMA N 1 Petang tahun pelajaran 2015/2016, berjumlah 26 orang, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi dan prestasi belajar Biologi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasi belajar diperoleh menggunakan angket motivasi belajar pada skala Likert (1-5) dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes prestasi belajar yang disusun berbentuk tes objektif, skala 100. Data dianalisis menggunakan statistik diskriptif, dengan hasil-hasil penelitian sebagi berikut, yaitu 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA3. Rata-rata motivasi belajar Biologi, sebesar 80,15 (kategori tinggi) pada siklus I, dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 85,85 (kategori sangat tinggi). 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA3 melalui implementasi metode inkuiri melalui pembuatan powerpoint, yaitu pada siklus I rata-rata prestasi belajar Biologi siswa sebesar 68.40 (kategori cukup), dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 89.00 (kategori sangat baik).
Downloads
References
Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian.
Jakarta : Bumi Angkasa
Arnyana. 2005. Pengaruh Penerapan Model
PBL dipandu Strategi Kooperatif
Terhadap kecakapan Berpikir Kritis
Siswa SMA Pada mata pelajaran
Biologi. Jurnal pendidikan dan
Pengajaran IKIP Negeri Singaraja 38
(4): 646-667
Bandem. 2006. Pengaruh Media Software
Multimedia Interaktif dalam
pembelajaran Fisika berbasis Masalah
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII
SMP Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak
diterbitkan)
Candiasa, I Made. 2003. Komunikasi
Pembelajaran Bermedia Komputer.
Laporan Penelitian. Singaraja : IKIPN
Singaraja.
Depdikbud. 1993. Petunjuk pelaksanaan
Proses belajar Mengajar.
Jakarta : Depdikbud.
Darmawan, D. 2006. Biologi komunikasi
melalui implementasi teknologi
informasi menuju akselerasi
pembelajaran. Jurnal Teknodik. No.
18/X/TEKNODIK/Juni/2006, hal 7-47.
Penerbit: Pusat Teknologi Informasi
dan Komunikasi Pendidikan
Depdiknas.
Doantara Yasa. 2008. Pembelajaran
Kooperatif Tipe GI.
http://www.ipotes.wordpress.com/200
8/04/28/pembelajaran-kooperatifgroup-investigation. Diakses pada
tanggal 10 September 2010.
Imbrahim, M.dkk. 2000. Pembelajaran
kooperatif. Surabaya : Universitas
Press.
Mulyana, E. & Saepudin, A. 2006.
Perkembnagan dan pemanfaatan
teknologi informasi dalam
penyelenggaraan pendidikan jarak jauh.
Jurnal Teknodik. No.
18/X/TEKNODIK/Juni/2006, hal 119-
134. Penerbit: Pusat Teknologi
Informasi dan Komunikasi Pendidikan
Depdiknas.
Mardana, I Gede. 2009. Penggunaan CD
Multimedia Interaktif Berbasis
131
Masalah dengan Setting Kooperatif
Group Investigation (GI) Untuk
Meningkatkan Kompetensi Dasar
Aspek Kognitif Siswa kelas X1 SMA
Negeri 1 Busungbiu tahun ajaran
2008/2009. Laporan Penelitian.
Busungbiu : SMA N 1 Busungbiu.
Mardana, I. B. P., Siswandi, I., & Artuti,
N. 2004. Pengembangan model
pembelajaran fisika
dengan
pendekatan keterampilan proses
(PKP) berbantuan simulasi komputer
berorientasi konstruktivisme di SLTP.
Laporan Penelitian Dosen Muda.
(Tidak diterbitkan). Jurusan
Pendidikan Fisika, IKIP Negeri
Singaraja.
Rusuffendi. 1979.Statistik Dasar untuk
Penelitian Pendidikan .Bandung:
Andira.
Santyasa, I. W. 2005. Model
pembelajaran Inovatif dalam
Implementasi
Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Makalah.
Disajikan Dalam Penataran Guruguru SMP,SMA, dan SMK se
Kabupaten Jembrana, Juni-Juli 2005
di Jembrana. Tersedia
pada:
http.//www.freemebs.com/Santyasa/P
DF File/pembelajaran Inovatif 1 pdf.
Diakses pada April 2009.
Sumantri, Mulyani dan Permana Johan.
1999. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Suryabrata,Sumadi . 1993. Psikologi
Pendidikan .Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Widja, I Gede. 1985. Dasar-dasar
Pengembangan Strategi Serta
Metode- metode Pengajaran Sejarah.
Jakarta: Depdikbud
Dirjen
Dikti
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.