Penerapan Model Pembelajaran Kolb Tipe Accomodator untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi

Authors

  • Leonard Yusta Mahemba IKIP PGRI Bali
  • Ni Nyoman parmithi IKIP PGRI Bali
  • N. Putri Sumaryani IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.519

Keywords:

Kolb Tipe Accomodator, Minat dan Hasil belajar

Abstract

Kurangnya minat, dan hasil belajar peserta didik karena kualitas proses belajarnya kurang maksimal. Kinerja guru belum maksimal dalam menciptakan suasana kegiatan pembelajaran karena guru lebih cenderung menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI) sehingga siswa kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kolb Accomodator dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun akademik 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Kolb Accomodator type. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 42 orang. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bunga. (2) Hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner minat, dan menguji hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada peningkatan minat dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor minat belajar peserta didik pada siklus I 4,14 berada pada kategori baik dan pada siklus II rata-rata minat siswa meningkat menjadi 4,45 berada dalam kategori sangat baik maka terjadi peningkatan sebesar 9,66% . Skor rata-rata 2) Hasil belajar juga meningkat dari siklus I 80,11 nilai rata-rata hasil belajar meningkat pada siklus II menjadi 86,30 meningkat 7,78% Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penyerapan peserta didik pada siklus I 80,11% mengalami peningkatan. siklus II hingga 80,30% terjadi peningkatan 7,78% ketuntasan klasikal pada siklus I 72% dan siklus II sebesar 95% berarti peningkatan sebesar 31,94%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Kolb Accomodator dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun akademik 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensido.
Mahfudin. 2011. Model Pembelajaran
Experiential Learning.
http://albyjmahfudz.blogspot.co.id
/2011/05/model-pembelajaranexperiential.html. Diakses tanggal 24 juni
2016.
Kartono, K. 1995. Bimbingan Belajar di SMU
dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Buchari. 1985. Psikologi Pendidikan. Jakarta.
Aksara Baru.
Suharsimi Arikunto.1990, Manajemen
Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Wati Nurhasanah. 2011. Penerapan
Pembelajaran Exprential Kolb sebagai
Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep
Peserta Didik SMP Pada Materi Sistem
Pencernaan Tahun Ajaran 2010/2011.
Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tidak dipublikasikan.

Published

2019-11-06