PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Authors

  • I Made Subrata FPMIPA IKIP PGRI Bali
  • I Gusti Ayu Rai IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v8i2.515

Keywords:

penilaian autentik dan karakter

Abstract

Pencapaian  amanah UU Sisdiknas saat ini dilaksanakan dengan pemberlakuan Kurikulum 2013.Pelaksanaan Kurikulu 2013 pada setiap jenjang pendidikan belum berjalan secara optimal terutama pada teknik penilaian hasil belajar peserta didik. Fokus penilaian dalam kurikulum 2013 adalah keberhasilan belajar siswa dalam mencapai standar  kompetensi yang ditentukan yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

            Kenyataan di lapangan, penilaian terhadap keberhasilan siswa yang dilakukan oleh guru hanya dari segi pengetahuan saja, yang diukur dengan tes tertulis. Penilaian terhadap aspek sikap dan keterampilan belum dilakukan secara optimal.

Penilaian autentik yang bersifat menyeluruh yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dan berkesinambungan akan mencptakan kondisi siswa yang menuju penyempunaan diri secara terus menerus dan melatih kemampuan diri menuju ke arah hidup yang lebih baik.

Dalam taksonomi belajar afektif Krathwohl, ranah tertinggi  adalah internalisasi atau karakterisasi yaitu menjadikan nilai-nilai sebagai bagian dari pribadi dalam perilaku sehari-hari. Pembentukan karakter inilah yang diharapkan dalam UU Sisdiknas melalui penerapan Kurikulum 2013.yang meliputi olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa serta olah raga, merupakan seluruh komponen keterampilan hidup manusia, yang meliputi hard skill maupun soft skill.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2011 . pendidikan-karakter http://www.sman2-tsm.sch.id/2011/10/pendidikan-karakter/ diakses tgl 29 mei 2013
Ani Y, 2014. Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013, http://www:researchgate.net/publication/328857694, diakses tanggal 4 Nopember 2019
Arikunto S, 1992. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Jihad A dan Abdul Haris, 2010. Evaluasi Pembelajaran, Penerbit Multi Pressindo, Yogyakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013
PB PGRI,2013 Pendidikan Karakter. http://www.pgri.or.id/download/category/126-buku-pendidikan-karakter.html diakses tanggal 25 Mei 2013
Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar, Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta
Sekretaris Negara Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003

Published

2019-11-25